APJASI Ajak Ciptakan Kondisi Aman di Lingkungan Kerja

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 Mei 2022 - 15:28 WIB

Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (APJASI) menggelar Halal bihalal dan talkshow Sekuriti
Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (APJASI) menggelar Halal bihalal dan talkshow Sekuriti

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Pandemi Covid 19 telah berlangsung selama dua tahun, beragam tantangan dan hambatan telah dilalui bangsa ini, salah satunya tantangan dalam masalah keamanan, terutama keamanan di lingkungan kerja.

Hingga saat ini kondisi keamanan masih aman dan terkendali.

Menyikapi terkait kondisi keamanan ini, Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (APJASI) menggelar Halal bihalal dan talkshow Sekuriti di Hotel JS Luwansa Kuningan Jakarta pada Rabu 25 Mei 2022. Acara talkshow menghadirkan narasumber berkompeten. Diantaranya adalah Dirbinpotmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Edy Murboyo, S.I.K, M.Si, Pengamat Sosial Dra. Sulastri, MSi, Sekretaris Jendral APJASI Subkhan, ST, MPSDA, IPM. Acara dipandu moderator, Dr. Chico Adhibaskara Ekananda Hindarto, SE, MBA.

Dalam sambutannya, Ketua Umum APJASI Leonard Abdul Aziz mengatakan kondisi keamanan yang aman ini jangan sampai membuat kita terlena, karena potensi ancaman gangguan keamanan sangat dinamis serta beragam dan setiap waktu patut diwaspadai bersama. Leo menambahkan, setelah melalui Pandemi Covid, dunia mulai memasuki lanskap tatanan geopolitik dunia baru dimana setiap negara akan mempertahankan kedaulatannya dalam perspektif persaingan dominasi terkait distribusi energi, teknologi informasi, teknologi energi terbarukan, jaringan logistik hingga skema keuangan baru dalam platform digital currency.

“Tarik menarik kepentingan global tersebut akan berpengaruh pada stabilitas keamanan di setiap negara. Diawali dengan perang dagang AS – Cina, krisis Rusia – Ukrainia, hingga Isu laten di Timur Tengah dan Asia Timur dan Asia Selatan, akan berdampak luas terhadap stabilitas keamanan Kawasan dan Nasional,” jelasnya.

Begitu juga kaitannya dengan perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dengan melakukan manajemen rantai pasokan secara optimal dan baik. Perusahaan menghasilkan kinerja yang lebih baik dari pesaing karena manajemen rantai pasokan mampu meminimalisir keseluruhan biaya untuk memenuhi dan melayani kebutuhan konsumen.

“Untuk memastikan agar proses pasokan produk atau jasa berjalan dengan lancar, setkmiap perusahaan melakukan pengelolaan risiko atas potensi gangguan yang mungkin terjadi,” jelasnya.

Menurut Leo, kondisi yang semakin tidak menentu akhir-akhir ini seharusnya membuat perusahaan untuk lebih peduli pada risiko akibat ketidakpastian dan potensi gangguan yang sulit diperkirakan, seperti pandemi, perang, aksi teror, sabotase tindak kejahatan atau serangan siber.

“Kami dari APJASI mengajak seluruh pemangku kepentingan keamanan di Indonesia untuk sama-sama mewaspadai potensi ancaman tersebut. Beragam ancaman seperti cybercrime, terorisme, konflik sosial, sabotase rantai pasokan, separatisme, penyebaran ujaran-ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah bangsa hingga kejahatan konvensional perlu kita antisipasi Bersama,” jelasnya.

APJASI juga mengajak setiap perusahaan mulai menjadikan aspek keamanan menjadi bagian dari proses bisnis untuk memastikan keberlangsungan usaha, melalui implementasi standar sistem keamanan secara konsisten, pengendalian risiko, peningkatan kompetensi personel pengamanan melalui beragam pendidikan dan pelatihan keamanan, penyiapan sarana prasarana yang handal dan menjalin kemitraan stategis dengan Polri, TNI, Kementerian Strategis, Lembaga Pendidikan dan Asosiasi.

Leo menambahkan, dalam waktu dekat Indonesia menjadi Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan dihadiri oleh 20 kepala negara dan investor perusahaan dunia. Untuk itu, salah satu aspek penting yang menjadi pertimbangan investor dalam memutuskan investasi adalah aspek keamanan. “Dan kita sebagai pelaku usaha turut bertanggung jawab untuk memastikan keamanan bisnis dan investasi tersebut,” tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 11:00 WIB

Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

DURASI dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang. Komunitas internasional, secara tidak…

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…