Mindray dan IKATEMI Dorong Pengembangan Teknik Elektromedis dan Klinis Indonesia Lewat Simposium Internasional

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Mei 2022 - 14:23 WIB

International Hybrid Symposium on Clinical and Electromedical Engineering
International Hybrid Symposium on Clinical and Electromedical Engineering

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Mindray Indonesia, perusahaan penyedia perangkat dan solusi medis global terkemuka, mengadakan ‘International Hybrid Symposium on Clinical and Electromedical Engineering’ pada Sabtu, 21 Mei 2022 bersama China Association of Medical Equipment (CAME) dan Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI).

Bertemakan ‘Frontier Development & Quality Assurance of Medical Equipment’, sekitar 800 peserta dari negara-negara Asia Pasifik seperti Indonesia, Thailand, Filipina, dan Malaysia, bersama para ahli dari Indonesia, Amerika Serikat, dan China membahas praktek terbaik dan terkini dalam penilaian dan perencanaan teknologi, studi kasus, dan regulasi yang diperlukan untuk memastikan ketahanan alat kesehatan lokal.

Selain itu, peserta akan diberikan pelatihan mendalam tentang pemantauan pasien, ventilator, dan perangkat teknologi informasi kesehatan untuk meningkatkan kemampuan teknis mereka dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas.

Indonesia, layaknya negara-negara di berbagai belahan dunia lainnya, sangat terpengaruh oleh Covid-19 dan dihadapkan pada berbagai kendala yang menunjukkan keterbatasan kapasitas pelayanan kesehatan dalam negeri. Ini terlihat dari kelangkaan alat kesehatan krusial seperti ventilator yang sangat dibutuhkan pada puncak penularan Covid-19 pada pertengahan 2021.

Dalam rangka mewujudkan sistem layanan kesehatan yang tangguh, Kementerian Kesehatan pun menjadikan pengadaan alat kesehatan  serta pengembangan sumber daya manusia (SDM)  sebagai salah satu prioritas utama.

Untuk mendukung misi ini, Simposium Clinical and Electromedical Engineering ini diadakan dalam rangka mempertemukan para pakar dari sektor pemerintah, organisasi profesi, dan akademisi dalam sebuah diskusi mengenai pengembangan dan penjaminan kualitas alat kesehatan modern di Indonesia.

“Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara aktif meningkatkan kualitas layanan kesehatan dalam negeri. Ini tidak hanya termasuk pengadaan barang dan jasa, tetapi juga memastikan bahwa kita memiliki tenaga elektromedis berkualitas dan regulasi yang memadai untuk meningkatkan ketahanan alat kesehatan dalam negeri,” ujar Dr. Dra. Lucia Rizka Andalusia, Direktur Jenderal Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (25/5/2022).

“Dunia medis banyak berubah berkat bantuan teknologi. Diagnosis menjadi lebih akurat, deteksi penyakit menjadi lebih cepat, dan proses penyembuhan dapat lebih termonitor berkat penggunaan alat kesehatan modern. Namun teknologi ini terus berubah, dan penting bagi tenaga elektromedis untuk terus memperbaharui ilmunya guna menghadirkan layanan kesehatan yang andal. Kami harap seluruh peserta dapat merasakan kebermanfaatan dari simposium hari ini, dan secara giat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi elektromedik di mana pun mereka bekerja.” kata Ketua Umum DPP IKATEMI Winda Wirasa, S.T., M.T.

Secara global, Mindray secara aktif mengadakan simposium lintas batas guna menjembatani kesenjangan pengetahuan dan menghubungkan para praktisi kesehatan di seluruh dunia. Ini memungkinkan adanya pertukaran ide yang diharapkan akan terus menghadirkan inovasi baru untuk menghadirkan layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau.

“Kami bangga dapat berkolaborasi dan bertukar pikiran dengan para pakar dan kami senang melihat antusiasme para tenaga elektromedis yang secara aktif berpartisipasi dalam diskusi ini. Kiranya pengembangan kompetensi SDM elektromedis ini menciptakan ripple effect yang nantinya juga berdampak pada pengembangan teknologi hingga kurikulum di pendidikan tinggi,” ujar Chris Zhang, General Manager Mindray Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…