Mindray dan IKATEMI Dorong Pengembangan Teknik Elektromedis dan Klinis Indonesia Lewat Simposium Internasional

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Mei 2022 - 14:23 WIB

International Hybrid Symposium on Clinical and Electromedical Engineering
International Hybrid Symposium on Clinical and Electromedical Engineering

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Mindray Indonesia, perusahaan penyedia perangkat dan solusi medis global terkemuka, mengadakan ‘International Hybrid Symposium on Clinical and Electromedical Engineering’ pada Sabtu, 21 Mei 2022 bersama China Association of Medical Equipment (CAME) dan Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI).

Bertemakan ‘Frontier Development & Quality Assurance of Medical Equipment’, sekitar 800 peserta dari negara-negara Asia Pasifik seperti Indonesia, Thailand, Filipina, dan Malaysia, bersama para ahli dari Indonesia, Amerika Serikat, dan China membahas praktek terbaik dan terkini dalam penilaian dan perencanaan teknologi, studi kasus, dan regulasi yang diperlukan untuk memastikan ketahanan alat kesehatan lokal.

Selain itu, peserta akan diberikan pelatihan mendalam tentang pemantauan pasien, ventilator, dan perangkat teknologi informasi kesehatan untuk meningkatkan kemampuan teknis mereka dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas.

Indonesia, layaknya negara-negara di berbagai belahan dunia lainnya, sangat terpengaruh oleh Covid-19 dan dihadapkan pada berbagai kendala yang menunjukkan keterbatasan kapasitas pelayanan kesehatan dalam negeri. Ini terlihat dari kelangkaan alat kesehatan krusial seperti ventilator yang sangat dibutuhkan pada puncak penularan Covid-19 pada pertengahan 2021.

Dalam rangka mewujudkan sistem layanan kesehatan yang tangguh, Kementerian Kesehatan pun menjadikan pengadaan alat kesehatan  serta pengembangan sumber daya manusia (SDM)  sebagai salah satu prioritas utama.

Untuk mendukung misi ini, Simposium Clinical and Electromedical Engineering ini diadakan dalam rangka mempertemukan para pakar dari sektor pemerintah, organisasi profesi, dan akademisi dalam sebuah diskusi mengenai pengembangan dan penjaminan kualitas alat kesehatan modern di Indonesia.

“Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara aktif meningkatkan kualitas layanan kesehatan dalam negeri. Ini tidak hanya termasuk pengadaan barang dan jasa, tetapi juga memastikan bahwa kita memiliki tenaga elektromedis berkualitas dan regulasi yang memadai untuk meningkatkan ketahanan alat kesehatan dalam negeri,” ujar Dr. Dra. Lucia Rizka Andalusia, Direktur Jenderal Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (25/5/2022).

“Dunia medis banyak berubah berkat bantuan teknologi. Diagnosis menjadi lebih akurat, deteksi penyakit menjadi lebih cepat, dan proses penyembuhan dapat lebih termonitor berkat penggunaan alat kesehatan modern. Namun teknologi ini terus berubah, dan penting bagi tenaga elektromedis untuk terus memperbaharui ilmunya guna menghadirkan layanan kesehatan yang andal. Kami harap seluruh peserta dapat merasakan kebermanfaatan dari simposium hari ini, dan secara giat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi elektromedik di mana pun mereka bekerja.” kata Ketua Umum DPP IKATEMI Winda Wirasa, S.T., M.T.

Secara global, Mindray secara aktif mengadakan simposium lintas batas guna menjembatani kesenjangan pengetahuan dan menghubungkan para praktisi kesehatan di seluruh dunia. Ini memungkinkan adanya pertukaran ide yang diharapkan akan terus menghadirkan inovasi baru untuk menghadirkan layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau.

“Kami bangga dapat berkolaborasi dan bertukar pikiran dengan para pakar dan kami senang melihat antusiasme para tenaga elektromedis yang secara aktif berpartisipasi dalam diskusi ini. Kiranya pengembangan kompetensi SDM elektromedis ini menciptakan ripple effect yang nantinya juga berdampak pada pengembangan teknologi hingga kurikulum di pendidikan tinggi,” ujar Chris Zhang, General Manager Mindray Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Kota Negara (IKN) Baru dirancang untuk pemerataan dan kemajuan bangsa di masa depan.

Rabu, 06 Juli 2022 - 08:19 WIB

Presiden RI Minta Polri Kawal Perpindahan IKN Agar Lancar dan Tepat Waktu

Semarang-Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kepolisian untuk mengawal pembangunan ibu kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:57 WIB

Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos di Nias

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 6 Juli 2022, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Gunungsitoli. Pesawat ATR-Pelita Air yang membawa Presiden dan rombongan…

Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di 2024

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:44 WIB

Pengamat: Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di Pilpres 2024

Pengamat Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto - Jawa Tengah Indaru Setyo Nurprojo mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki kans yang sangat…

Presiden Jokowi dan Presiden Putin

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:12 WIB

Ukraina Ingatkan RI Jangan Percaya Janji Putin ke Jokowi: Itu Sogokan

Jakarta. Ukraina melalui duta besarnya di Jakarta, Vasyl Hamianin, buka suara soal pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis(30/6).

Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:00 WIB

Peroleh HKI Terbanyak di Bidang Stem Cell, Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga DR.dr. Purwati, Sp.PD, K-PTI, FINASIM dianugerahi Rekor MURI sebagai penerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbanyak di bidang stem cell atau disebut…