Fahmi Idris Dimata Menperin Agus: Sosok Paripurna, Penuh Pengabdian dan Konsisten

Oleh : Ridwan | Senin, 23 Mei 2022 - 13:55 WIB

Fahmi Idris (Ari Saputra/detikcom) Foto: Fahmi Idris (Ari Saputra/detikcom)
Fahmi Idris (Ari Saputra/detikcom) Foto: Fahmi Idris (Ari Saputra/detikcom)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Menteri Perindustrian Periode 2005-2009 dan senior di Partai Golkar, Prof Dr Fahmi Idris.

Almarhum Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo tutup usia pada Ahad (22/5/2022) pukul 10.00 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Bagi Menperin Agus, sosok Fahmi dia kenal sebagai figur yang paripurna dengan penuh pengabdian yang konsisten dan tidak pernah terbatasi oleh usia.

"Selama ini beliau selalu menyampaikan banyak bimbingan dan masukan terkait dengan pembangunan sektor industri nasional. Saya mewakili Keluarga Besar Kementerian Perindustrian benar-benar kehilangan sosok yang telah sempat menorehkan banyak legacy dan kebijakan di bidang pembangunan industri nasional serta secara konsisten terus memberikan saran-saran bagi kemajuan sektor industri di dalam negeri hingga beliau tutup usia," kata Menperin Agus di Jakarta (22/5).

Di masa kepemimpinan Fahmi Idris saat sebagai Menteri Perindustrian, almarhum yang dikenal sebagai aktivis 66 ini telah mengeluarkan berbagai kebijakan populer di sektor industri yang hingga saat ini masih relevan tetap dilaksanakan, yaitu antara lain membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Barang dan Jasa Produksi Dalam Negeri. 

Kebijakan ini merupakan upaya untuk mendorong penggunaan produksi dalam negeri di kalangan Instansi maupun Lembaga Pemerintah, termasuk BUMN. 

Kebijakan ini juga ditujukan untuk memperkenalkan produk dalam negeri kepada masyarakat luas agar bisa menggunakannya untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

"Almarhum Bang Fahmi juga menginisiasi program pengalihan minyak tanah menjadi LPG pada tahun 2007. Selain mengalihkan penggunaan energi, kebijakan ini juga terbukti memacu perkembangan industri yang terkait, seperti tabung baja gas LPG, katup tabung baja, kompor gas, regulator kompor gas, dan selang karet kompor gas," terangnya.

Kebijakan lain yang juga digulirkan oleh almarhum adalah peningkatan teknologi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) melalui bantuan pembelian mesin dan peralatan industri TPT pada tahun 2007.

"Program tersebut mampu meningkatkan daya saing, efektivitas dan produktivitas industri TPT nasional, yang pada gilirannya mengamankan kebutuhan pasar domestik maupun ekspor," kata Agus.

Konsistensi pengabdian Almarhum Fahmi Idris juga di rasakan Agus Gumiwang Kartasasmita di  Partai Golkar. 

 "Almarhum adalah senior saya di Partai Golkar yang memiliki prestasi lengkap, baik di organisasi partai, pemerintahan, maupun dunia usaha. Sederet prestasi lengkap tersebut tidak menyurutkan semangat dan tekad beliau untuk terus aktif memberikan sumbangsih gagasan dan pemikiran untuk bangsa melalui Partai Golkar, partai yang membesarkannya dan menjadi sejarah perjuangannya saat perubahan kekuasaan dari orde lama ke orde baru," tutur Menperin Agus.

Lebih lanjut, Menperin Agus menuturkan bahwa Fahmi yang dia kenal adalah pribadi selalu rendah hati namun sarat ilmu dan panjang pengalaman hidupnya.
 
Usia, kata Agus, nyatanya tidak mampu menghentikannya untuk terus mengabdi dan haus akan ilmu. Bahkan baru-baru ini almarhum Bang Fahmi Idris mendapatkan gelar Doktor Ilmu Filsafat dari Universias Indonesia dan gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Andalas, Padang.   

"Pengabdian dan kepribadian almarhum Bang Fahmi yang sangat baik selayaknya menjadi teladan bagi para pejabat, politisi, pelaku usaha, dan khususnya generasi muda bangsa ini. Almarhum adalah senior Partai Gollkar yang memiliki prestasi yang lengkap, baik dalam pemerintahan, di partai maupun sebagai pengusaha nasional. Kami sangat kehilangan sosok santun dan menyejukkan dalam Partai Golkar. Semoga Allah SWT menempatkan almarhum pada tempat yang sebaik-baiknya. Husnul Khotimah. Selamat jalan dan beristirahat, Bang Fahmi. Semoga kita yang masih hidup dapat meneruskan, merawat dan meningkatan semua legacy Almarhum yang baik untuk kemajuan negeri ini.... Aamin Allahuma Aamin," pungkas Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…