Bakamla RI Lanjutkan Pembahasan Kerja Sama dengan UNODC

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Mei 2022 - 05:00 WIB

Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia
Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tidak dapat dipungkiri, aspek Keamanan dan Keselamatan Laut (Kamlamla) merupakan salah satu fokus utama di ranah kerja sama, baik nasional maupun internasional. Hal ini tidak lepas dari wilayah geografis perairan Indonesia, dan juga aktifitas kelautan yang terjadi di dalamnya.

Bermaksud mendalami kerja sama Kamlamla ke ranah yang lebih tinggi, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima kunjungan delegasi United Nations Office on Drugs and Crimes (UNODC). Kegiatan berlangsung di Aula Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022).

Shanaka Jayasekara selaku Regional Program Coordinator Maritime Crime Program Asia Tenggara dan Pasifik, menjelaskan maksud kedatangannya untuk membahas perkembangan kerja sama dengan Bakamla RI. Demikian informasi dari  Dispen TNI dan Humasd Bakamla RI.

Diketahui bahwa sejak tahun 2018, UNODC mengembangkan prioritas di ranah kejahatan transnasional terorganisir dan perdagangan gelap, anti korupsi, peradilan pidana, dan pengurangan angka peredaran obat terlarang (drug demand reduction) dan pengurangan angka HIV/AIDS.

Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyambut baik tujuan dari UNODC. Aspek-aspek yang dikedepankan oleh UNODC tentu saja bersisian dengan tugas dan fungsi Bakamla RI. “Saya menyambut baik pengembangan kerja sama di antara dua instansi ini untuk berkembang ke ranah yang lebih tinggi,” ujarnya.

 

Tidak hanya itu, rencana untuk melakukan Pelatihan Regional VBSS di Batam, dan pendirian fasilitas Maritime Domain Awareness (MDA) School turut disampaikan Jayasekara dalam kesempatan ini.

 

Sekali lagi, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyatakan dukungannya atas program-program yang disampaikan. “Ini semua demi pengembangan kapasitas personel Bakamla RI, yang juga bertujuan untuk menghasilkan kondisi yang aman dan damai di perairan Indonesia. Mari kita realisasikan,” ucapnya.

Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dari kedua belah pihak atas dukungan dan komitmennya akan penguatan Kamlamla di perairan Indonesia.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Westlife

Senin, 04 Juli 2022 - 10:18 WIB

Westlife Siap Gelar Konser di Dua Kota di Indonesia, Catat Jadwal dan Harga Tiketnya

Boyband asal Irlandia, Westlife secara resmi mengumumkan konser di Indonesia yang bertajuk "Westlife The Wild Dreams Tour: All The Hits" pada tanggal 24 September 2022 di Sentul International…

Kehadiran Holding BUMN Farmasi di JIEXPO

Senin, 04 Juli 2022 - 09:54 WIB

Meriahkan Jakarta Fair 2022, Kemenkes Boyong Holding BUMN Farmasi di Event Ulang Tahun Kota Jakarta

Setelah vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Jakarta Fair 2022 kembali digelar. Bertempat di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Pekan Raya Jakarta atau PRJ yang merupakan rangkaian dari…

Pembangunan Bendungan Jlantah

Senin, 04 Juli 2022 - 09:54 WIB

Selesai 2024, Bendungan Jlantah Akan Aliri Air 1.494 Ha Sawah di Karanganyar

Sebagai upaya meningkatkan tampungan air dan mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terus membangun…

Minyak Goreng Curah (ilustrasi)

Senin, 04 Juli 2022 - 09:47 WIB

Kemenperin Catat Penyaluran MGCR Rata-rata Mencapai 81,72% dari Kebutuhan Bulanan Tiap Provinsi

Pada periode 1-30 Juni 2022, Kementerian Perindustrian mencatat pencapaian panyaluran program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) rata-rata mencapai 81,72% dari kebutuhan bulanan di setiap provinsi.…

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Senin, 04 Juli 2022 - 09:22 WIB

Hingga 1 Juli 2022, Kemenperin Mencatat Sebanyak 130 Perusahaan Terdaftar Dalam Program SIMIRAH 2

Kementerian Perindustrian mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0. Dari total tersebut, meliputi 51…