Indonesia Melihat Peningkatan Penjualan Ritel Terkuat dalam Dua Tahun Terkahir

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Mei 2022 - 15:07 WIB

CRITEO
CRITEO

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Criteo S.A. (NASDAQ: CRTO) sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan Commerce Media Platform termuka di dunia, hari ini mengumumkan data penjualan ritel regional terbaru yang telah diamati selama Ramadan, termasuk kinerja penjualan dalam tiga minggu pertama pada bulan April 2022.

Selama dua tahun terakhir, masyarakat Indonesia dihimbau untuk tetap dirumah dan menjaga jarak sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Pada bulan Ramadan pun, tradisi tahunan seperti bersilaturahmi dari rumah ke rumah hingga bermudik perlu ditunda. Adapun, ketika kasus COVID-19 terlihat membaik, terdapat kelonggoran perbatasan di mana masyarakat diperbolehkan untuk kembali bermudik. Untuk itu, lebih banyak keluarga yang melakukan persiapan untuk merayakan Idul Fitri secara lebih besar. Ini terlihat dari kenaikan penjualan ritel di Indonesia dan sejumlah wilayah di Asia Tenggara.

Seiring dengan prediksi pertumbuhan PDB Asia Tenggara yang terus meningkat , konsumen di kawasan ini juga terlihat bersiap-siap untuk menyambut perayaan Ramadan yang lebih besar pada tahun ini. Membandingkan kinerja penjualan ritel dalam dua minggu pertama Ramadan setiap tahunnya, dengan angka penjualan pembanding di tahun 2020, tahun ini telah terjadi peningkatan penjualan sebesar 14% . Ini terjadi ketika kegiatan masyarakat dan pembatasan perjalanan di wilayah tersebut mulai dilonggarkan – seperti Singapura, di mana batas jumlah pengunjung unik per rumah tangga baru-baru ini telah dicabut. Selain itu, Thailand dan Filipina telah membuka perbatasan mereka untuk pengunjung yang telah divaksinasi secara lengkap, sementara Malaysia dan Indonesia telah menghapus pembatasan masuk dan persyaratan karantina.

“Dengan pelonggaran kegiatan masyarakat dan pembatasan perjalanan, lebih banyak konsumen di kawasan ini mungkin sudah menunggu-nunggu untuk dapat kembali mengadakan silaturahmi kembali, berkunjung rumah ke rumah atau merencanakan perjalanan domestik dan internasional, sehingga bisa merayakan Lebaran tahun ini bersama keluarga di kampung halaman mereka. Hasilnya, kami melihat peningkatan penjualan ritel terbesar pada tahun 2022, dibandingkan dengan dua tahun terahir,” jelas Sukesh Singh, Head of Large Customers, Southeast Asia at Criteo.

“Untuk brands dan pengecer, keinginan konsumen yang meningkat telah membawa lebih banyak peluang bagi mereka untuk mendorong pengeluaran selama periode perayaan melalui kampanye penjualan yang lebih bertarget dan berbeda,” lanjut Singh.

Tren ini juga dilaporkan Bank Indonesia , di mana nilai transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat pada kuartal kedua 2022, sebagaimana sejalan dengan adanya momentum Ramadan dan Lebaran yang dapat meningkatkan belanja online masyarakat. Tercatat total nilai transaksi e-commerce pada Februari 2022 sebesar Rp 30,8 triliun, naik 12,82% YoY dibandingkan tahun 2021.

Tren Ritel Indonesia selama Ramadan 2022

Pada Maret 2022, Survei Penjualan Eceran (SPE), Bank Indonesia juga menemukan kinerja penjualan ritel secara keseluruhan meningkat, di mana Indeks Penjualan Riil bulan itu naik menjadi 205,3 atau meningkat 2,6% (MtM). Penjualan ritel di hampir pada semua grup kategori, mencatatkan lonjakan karena meningkatnya permintaan masyarakat seiring dengan kelonggaran regulasi mobilitas, turunnya kasus COVID-19, dan persiapan bulan Ramadan. Secara tahunun, penjualan ritel terus mencatat pertumbuhan tinggi sebesar 9.3% (YoY) .

Di seluruh pasar wilayah ini, Indonesia mengalami peningkatan paling tajam selama penjualan double days pada 4 April, sebesar 85%. Ini diikuti oleh Singapura (+59%) dan Malaysia (+30%) pada hari yang sama.

Efek double days pada 4 April sebagian besar terlihat pada penjualan melalui aplikasi yang tumbuh sebesar 87% selama Ramadan 2022. Diikuti oleh peningkatan signifikan sebesar 119% pada 18 April 2022, terutama untuk penjualan dari desktop. Ini menunjukkan bahwa konsumen saat ini menghabiskan lebih banyak waktu secara online, membeli lebih banyak secara online, dan membeli lebih banyak barang baru secara online – termasuk produk dalam katergori yang biasanya mereka beli di toko sebelum pandemi.

Tren Ritel selama Idul Fitri 2021

Di Indonesia terdapat tren belanja online yang meningkat pada minggu pertama Ramadan 2021 , yang menunjukkan bahwa secara umum terjadi peningkatan signifikan dalam pembelian beberapa produk, seperti makanan dan kebutuhan sehari-hari, baju muslim atau baju lainnya, serta produk TV & Home Studio. Dari sisi transaksi, rata-rata terjadi peningkatan dua kali lipat dibandingkan transaksi harian sebelum Ramadan. Selain itu, karena situasi pandemi, terdapat lebih banyak pembeli yang beralih dari pembelian offline ke online untuk perayaan Idul Fitri.

Pada tahun 2021, terjadi peningkatan penjualan ritel di Asia Tenggara yang stabil selama bulan Ramadan (+21%). Penjualan unit terindeks  di seluruh kategori produk juga mencapai puncaknya selama penjualan double days di bulan Mei – pada 5 Mei – sebelum turun lagi menjelang Idul Fitri 2021.

Tiga kategori produk tertinggi yang mengalami lonjakan penjualan ritel pada tanggal 5 Mei adalah Kesehatan & Kecantikan (+199%), Furnitur (+119%) dan Elektronik (+107%).

Pada Idul Fitri 2021, penjualan ritel di beberapa kategori produk bangkit kembali dengan Tasbih dan Kelengkapan Keagamaan mengalami peningkatan penjualan terbesar di saat Idul Fitri. Pasar seperti Indonesia dan Malaysia juga mengalami peningkatan 40% dalam penjualan ritel pasca Idul Fitri 2021, menandakan pentingnya kampanye penjualan ritel yang berkelanjutan.

Bagi konsumen Indonesia sendiri, pengiriman gratis menjadi motivator terkuat untuk pembelian online mereka (78%) diikuti dengan diskon dan promosi. Sedangkan penggunaan voucher dan cashback kurang diminati banyak konsumen .

“Yang menarik, penjualan ritel pada tanggal 5 Mei tahun lalu tampak lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Karena penjualan pada double days terus mendapatkan popularitas yang lebih besar di tengah COVID-19, momentum double days tahun ini kemungkinan akan menjadi hit yang lebih besar. Meskipun kampanye berkelanjutan itu penting, brands dan pengecer juga harus mengarahkan upaya mereka untuk membuat kampanye iklan dan penjualan double days yang berbeda, sehingga dapat memanfaatkan momen ini dan mendorong pembelian dengan jumlah besar. Secara lokal, pengecer juga harus mempertimbangkan faktor motivasi yang akan mendorong pembelian di kalangan konsumen Indonesia, termasuk menyediakan pengiriman gratis serta diskon dan promosi lainnya,” tambah Mark Gubbels, Head of Commercial, Southeast Asia at Criteo.

“Jam 4 Pagi sebagai Jam Berbelanja Ajaib” Selama Ramadan

Dibandingkan dengan Maret 2022, tepat sebelum Ramadan, Criteo mengamati adanya lebih dari 3 kali lipat peningkatan penjualan dari para pembeli Indonesia pada larut malam – tren ini terutama terlihat pada jam 4 pagi. Ini menyiratkan bahwa konsumen kemungkinan besar menelusuri platform online untuk berbelanja keperluan Lebaran  ketika sahur.

Terkhusus ketika melihat penjualan per jam selama 7 hari diantara tanggal 13 April dan 19 April 2022, tren peningkatan yang paling terlihat yaitu antara pukul 02.00 dan 04.00 di semua jenis situs, terutama di aplikasi selular. Penjualan melalui desktop mencapai puncaknya pada sekitar pukul 10 pagi dan mendominasi pada jam kerja di hari biasa .

“Melihat perilaku konsumen selama Ramadan ini, brands dan ritel memiliki peluang untuk mengembangkan strategi media perdagangan yang berfungsi untuk semua situs dan aplikasi. Saat pembeli Indonesia memulai perjalanan berbelanja outside of walled gardens, situs web ritel sekarang cenderung menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Indonesia yang ingin berbelanja secara online. Selain itu, memiliki kampanye iklan dan promosi yang kuat pada jam-jam puncak berbelanja akan membantu mendorong penjualan dan memaksimalkan titik kontak konsumen selama Ramadan dan Idul Fitri,” ungkap Mark.

Memanfaatkan peluang untuk mendorong penjualan di bulan Ramadan dan Idul Fitri

 

Dengan pelonggoran kegiatan masyarakat dan pembatasan perjalanan, kemungkinan pengeluaran berbelanja oleh konsumen selama periode perayaan ini akan tetap lebih tinggi dari dua tahun terkahir. Dengan demikian, persaingan di seluruh platform fisik dan digital semakin ketat di tengah COVID-19, sehingga sangat penting bagi brands untuk lebih memahami perilaku pembeli agar tetap kompetitif selama periode penjualan ini.

Beberapa strategi yang dapat Criteo rekomendasikan antara lain:

•             Perkuat strategi omni-channel Anda: Pembeli di semua generasi semakin mengambil jalur hybrid untuk membeli sesuatu . Meskipun tidak semua konsumen akan melakukan pembelian di toko fisik, mereka telah menyatakan pentingnya dalam menyelesaikan perjalanan belanja mereka. Misalnya, lebih dari 50% dari survei yang telah dilakukan di Indonesia  kemungkinan besar melakukan pembelian secara online setelah melihat produknya secara fisik di toko ritel. Oleh karena itu, pengecer dan brands harus fokus untuk memberikan pengalaman offline ke online yang mulus. Pada akhirnya, untuk membangun loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan jangka panjang dapat dilakukan dengan mendorong nilai yang lekang bagi pelanggan.

•             Kampanye berkelanjutan itu penting, tetapi jangan abaikan double days: Melihat lonjakan penjualan yang konsisten di seluruh penjualan double days di kawasan ini, termasuk 5:5 pada tahun 2021 dan 4:4 pada tahun 2022, brands dan pengecer juga harus mengambil kesempatan ini untuk menciptakan iklan dan kampanye penjualan double days yang berbeda untuk mendorong pembelian yang lebih besar pada tahun 2022. Upaya ini tidak bisa bersifat jangka pendek atau hanya sekali, karena kita telah menyaksikan lonjakan penjualan ritel yang banyak diminati bahkan setelah Idul Fitri.

•             Mengembangkan strategi media perdagangan: Karena data pembeli terus terkumpul secara online, brands dan pengecer dapat meningkatkan database pihak pertama mereka dengan data perdagangan untuk mendorong hasil perdagangan dan menciptakan kampanye kesadaran, pertimbangan, dan konversi yang berkelanjutan selama periode perayaan ini, serta seterusnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…