Masyarakat Antusias Sambut Perayaan Waisak di Borobudur

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Mei 2022 - 07:05 WIB

Bikhu Budha dan masyarakat
Bikhu Budha dan masyarakat

INDUSTRY.co.id - Magelang--- Setelah dua tahun tidak dilaksanakan, ribuan umat Buddha kembali menggelar rangkaian peringatan Tri Suci Waisak, di Candi Borobudur, Senin (16/5/2022).

Bersama para Bikhu dari berbagai sangha, sejak pukul 05.30 WIB pagi, sekitar 1.200 umat Buddha sudah bersiap mengikuti pawai Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur. Tak kalah antusiasnya, ribuan warga juga telah menanti arak-arakan pawai di sepanjang jalan Candi Mendut hingga Candi Borobudur.  Demikian informasi dilansir dari laman Kemenag

"Biasanya setiap tahun memang ada, Mbak. Kami warga di sekitar sini juga pasti nonton. Tapi dua tahun kemarin gak ada arak-arakan seperti ini," tutur Asti, salah satu warga desa yang berada di sekitar Candi Mendut.

Perempuan berhijab tersebut tampak antusias melihat arak-arakan bersama tiga orang anaknya. "Kalau Waisak, di sini memang ramai, Mbak. Yang senang bukan hanya orang Buddha. Kemarin pun kami ikut merasakan dikirim paket sembako, banyak isinya. Alhamdulillah," imbuhnya.

Beberapa warga juga terlihat antusias merekam pawai arak-arakan tersebut dengan telepon pintar miliknya. Bahkan, beberapa tampak melakukan siaran langsung pada akun media sosial masing-masing.

Setiap kali kendaraan hias berhenti di tengah kerumunan masyarakat, terdengar pula ucapan selamat Waisak disampaikan para warga. "Selamat Hari Waisak, semoga berbahagia," ucap para warga yang berkerumun yang disambut dengan lambaian tangan tanda terima kasih dari para peserta pawai Waisak.

Lain lagi dengan Yadi, yang sengaja berkendara sepeda motor dari Yogyakarta ke Magelang untuk melihat arak-arakan ini. "Sengaja, Mbak. Sekalian ngasih tahu ke anak, biar ngerti begini lho kalau teman-teman Buddha merayakan Waisak," ungkapnya.

Berkah Waisak juga turut dirasakan salah satu pengemudi ojek di sekitar Candi Mendut. "Wah baru tahun ini ramai lagi, Mba. Sebelumnya karena ada Covid, gak ada perayaan ini di sini. Kalau tahun ini, Alhamdulillah sejak kemarin sudah ramai, Mbak. Kemarin libur lebaran juga lumayan," ungkapnya. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…