Kementrian BUMN Lepas Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 dengan Moda Kereta Api

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 30 April 2022 - 06:16 WIB

Pemberangkatan Kereta Api
Pemberangkatan Kereta Api

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Kementrian BUMN melepas keberangkatan pemudik gratis dalam program “Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” dengan moda kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (29/4) sore.

Sebanyak 6.082 penumpang diberangkatkan menggunakan 9 kereta api dengan stasiun tujuan Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang Kota, Solo Balapan, Jombang, Blitar, serta Lempuyangan Yogyakarta.

Pemberangkatan pemudik dengan kereta api ini dilakukan langsung oleh Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono bersama Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana Ini merupakan hari ke-3 keberangkatan mudik gratis dengan kereta api di Stasiun Pasar Senen.

Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono berharap angka kecelakaan pada mudik lebaran 2022 ini bisa turun. Hal ini lantaran pemudik dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dialihkan untuk mengikuti program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022.

“Program ini juga untuk obat rindu bagi masyarakat setelah 2 tahun tidak bisa mudik. Saat ini mereka mudik dan melepas rindu, bertemu sanak keluarga di kampung halaman. Dengan program ini juga diharapkan ekonomi di daerah juga bisa bangkit,” tutur Edi.

Dewi Aryani Suzana menjelaskan bahwa pada program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022, Jasa Raharja juga menyediakan mudik bagi penyandang disabilitas. Diharapkan dengan program mudik ini, penyandang disabilitas ikut merasakan mudik seperti masyarakat pada umumnya. Total ada 20 pemudik disabilitas dengan 10 pendamping.

“Sesuai arahan Kementerian BUMN untuk menyertakan teman-teman disabilitas. Kami menyediakan kuota khusus bagi penyandang disabilitas, dan cukup banyak yang mengambil kesempatan ini. Tahun depan pesiapan lebih panjang dan harapan kami yang ikut jadi lebih banyak lagi,” ujar Dewi.

Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 bertujuan untuk memastikan pemudik pulang dalam keadaan selamat serta tidak menularkan virus Covid-19 di tempat tujuan. Aman, karena mengalihkan mobilitas 40.000 orang dari pengguna roda dua atau kendaraan pribadi lainnya menjadi moda transportasi umum (bus dan kereta api) yang sesuai standar keselamatan, sehingga lalu lintas semakin terkendali menghindari kepadatan. Sehat, karena pemudik telah di vaksinasi Covid-19 serta diberlakukan disiplin prokes. Dalam total 40.000 orang peserta program Mudik Aman Mudik Sehat tahun ini, Kementerian BUMN memberangkatkan 24 perjalanan kereta api atau kurang lebih sebanyak 15.000 penumpang.

Pemberangkatan pemudik gratis dengan kereta api dilakukan mulai 27 April hingga 1 Mai 2022 dari Stasiun Pasar Senen dengan berbagai kota tujuan diantaranya Semarang, Surabaya, Malang, Solo, dan Yogyakarta.

Program ini diikuti oleh penyandang disabilitas dan masyarakat umum yang telah mendaftar secara daring pada periode 9-18 April 2022. Peserta mudik wajib melengkapi dokumen kependudukan yang sah dan vaksinasi COVID-19 dosis 3/booster. Sementara bagi pemudik yang belum mendapatkan vaksin dosis 3, BUMN penyelenggara menyediakan vaksinasi booster, tes PCR atau antigen sebelum keberangkatan, sesuai syarat yang diberlakukan oleh Pemerintah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:55 WIB

Diduga Gelapkan Dana Umat, DPR Minta Polri Usut Tuntas ACT

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi tentang kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT).