Kuartal Pertama Terkuat untuk Pasar Perumahan London Senilai £5 Juta Lebih

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Mei 2022 - 10:58 WIB

Ilustrasi Perumahan London
Ilustrasi Perumahan London

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pasar perumahan London senilai £5 juta-plus telah mencatat awal terkuatnya untuk tahun ini, menurut penasihat real estate, Savills, yang telah menyimpan catatan terperinci sejak 2006.

Secara total, ada 128 penjualan sekunder dan primer dengan harga lebih dari £5 juta pada kuartal pertama tahun 2022, yang masing-masing +25% dan +24% lebih tinggi dari Q1 2021 dan Q1 2020.

Penjualan senilai antara £5-10 juta mendominasi kuartal ini – dengan lebih dari £600 juta dihabiskan untuk properti dalam kisaran ini. Ini adalah sepertiga naik (34%) pada Q1 2021 dan 23% lebih tinggi dari Q1 2020. Namun, nilai rata-rata keseluruhan transaksi pada Q1 2022 adalah £8,9 juta, 18% lebih rendah dari £10,8 juta yang tercatat pada Q1 2021, mencerminkan tingkat aktivitas yang lebih rendah di akhir pasar £10 juta-plus.

“Tahun lalu kami melihat pasar perumahan terbaik di London mencatat tahun terkuat sejak 2013 dan aktivitas yang terlihat di tahun ini adalah bukti bahwa permintaan tetap kuat. Volume penjualan yang signifikan antara £5 dan 10 juta menandakan bahwa pembeli domestik terus mendominasi pasar, namun, ini telah didukung oleh sedikit peningkatan pembeli internasional yang kembali ke pasar pada awal tahun,” kata Frances Clacy, peneliti analis di Savills yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (4/5/2022).

“Sementara harga tetap bernilai baik secara historis – keduanya flat dan perumahan di pusat utama London kini telah pulih dari penurunan pandemi – dan pasar terlihat matang untuk pertumbuhan lebih lanjut dalam delapan bulan tersisa di tahun ini." imbuhnya.

Dua dari setiap lima penjualan sekunder terbaik berada di Kensington (+12,1%), St John's Wood (+12,1%), Belgravia (+10,1%) atau Chelsea (+9,1%), indikasi terkuat setelah pusat utama kota London bangkit kembali, pasca-pandemi.

Indeks penjualan terbaru Savills (Q1 2022) mengungkapkan bahwa pusat utama London mencatat pertumbuhan harga kuartal terkuat dalam delapan tahun karena pembeli internasional mulai memasuki kembali pasar terbatas saham yang sebagian besar didominasi oleh pembeli domestik selama dua tahun terakhir.

Harga naik +1,1% pada kuartal tersebut, membuat mereka +2,8% lebih tinggi dari tahun lalu. Meski masih kalah bersaing dengan negara, ini merupakan kinerja yang paling kuat sejak perubahan bea materai tahun 2014.

“Pasar selama pandemi didominasi oleh perlombaan untuk ruang, dan sebagai hasilnya, kami melihat lokasi yang lebih rimbun dengan rumah yang biasanya lebih besar – seperti Wandsworth, Wimbledon, Richmond, dan East Sheen – mengungguli sisa London” kata Jonathan Hewlett, kepala perumahan Savills London

“Namun, para pembeli yang pergi ke luar negeri selama pandemi sekarang ditarik kembali karena Kota sudah kembali normal, dan kami melihat pembeli domestik kembali ke tempat utama tradisional yang terkenal dengan stok perumahan tradisional mereka. Kota lama seperti Kensington, Belgravia, dan Chelsea sudah menegaskan kembali diri mereka, dimana kami sudah memperkirakan tren yang yang kuat sepanjang tahun.” imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…