Implementasikan ESG Terintegrasi, Pertamina Raih 3 Penghargaan Emisi Transparansi Korporasi 2022

Oleh : Wiyanto | Jumat, 29 April 2022 - 20:31 WIB

Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman memberikan ucapan terima kasih mewakili Pertamina atas dua penghargaan yang diterima Pertamina pada ajang Penghargaan Transparasi Emisi Korporasi 2022
Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman memberikan ucapan terima kasih mewakili Pertamina atas dua penghargaan yang diterima Pertamina pada ajang Penghargaan Transparasi Emisi Korporasi 2022

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Komitmen PT Pertamina dalam implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) secara terintegrasi membuahkan apresiasi dan penghargaan dari Majalah Investor yang berada di bawah Naungan Berita Satu Media Holding bekerja sama dengan PT Bumi Global Karbon (BGK).

Pertamina berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus dalam Emisi Transparansi Korporasi 2022.

Tiga penghargaan yang diraih Pertamina meliputi Kategori Transparansi Perhitungan Emisi Gelar Gold Plus, Kategori Transparansi Penurunan Emisi Gelar Green Elite dan Kategori Transparansi Penurunan Emisi Gelar Green.

Pertamina dinilai terbaik dalam penerapan ESG dan menunjukkan transparansi dalam kepatuhan menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca.

Pendiri Yayasan Bumi Global Karbon (BGK) Achmad Deni Daruri menyampaikan ada beberapa dasar kriteria penilaian yang dilakukan pada ajang ini.

“Dasar kriteria penilaian, diambil dalam Sustainability Report (SR) Laporan Keberlanjutan Perusahaan serta perhitungan emisi perusahaan terdiri dari scope 1,2,3 serta jika terdapat perhitungan penurunan emisi yang didapatkan Perusahaan. BGK juga turut melihat apakah ada Assurance Report dalam SR Yang menjamin Perhitungan," ujar Achmad Deni.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas penghargaan Emisi Korporasi 2022.

"Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi atas komitmen Pertamina untuk terus aktif berkontribusi mendukung Pemerintah Indonesia menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca hingga 29 persen di tahun 2030,” ujar Fajriyah.

Sebagai perusahaan energi yang telah berkiprah di kancah global, imbuh Fajriyah, Pertamina menegaskan kembali komitmennya penerapan aspek Environmental, Social & Governance (ESG) secara terintegrasi.

“Pertamina telah memainkan peran penting dalam memimpin transisi energi di Indonesia dengan memprioritaskan pengembangan energi baru dan terbarukan dan pengurangan emisi untuk mengatasi permasalahan lingkungan,” imbuh Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, Pertamina mendukung Pemerintah Indonesia dalam Presidensi G-20 yang telah memilih transisi energi sebagai salah satu prioritas.

“Penghargaan ini semoga menjadi milestone Pertamina untuk terus maju berkarya bagi Indonesia," tandas Fajriyah.

News Director Berita Satu Media Holding Primus Dorimulu mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap Pertamina yang sudah menjalankan kepatuhan dalam aspek Environment, Social and Governance (ESG), lewat transparansi kepatuhan menurunkan emisi gas rumah kaca.

"Korporasi diharapkan menjadi pihak terdepan dalam menjalankan ekonomi hijau, guna mengurangi pemanasan global dan memulihkan bumi kita yang sakit agar kembali sehat,” ujar Primus pada penyerahan penghargaan secara virtual pada pekan lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aplikasi Mekari

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:23 WIB

Kenapa Software SAP Terlengkap Itu Penting? Berikut Ulasannya

Di zaman yang modern ini, hampir semua perusahaan berskala besar ataupun kecil (UMKM) sudah menggunakan software SAP terlengkap. Karena sistem ini mampu mengintegrasikan dengan mengelola sebuah…

PT Quty Karunia sebagai salah satu pabrik tekstil untuk produk soft toys IKEA menggunakan PLTS Atap dalam kegiatan operasionalnya sebagai bentuk implementasi energi baru terbarukan

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:08 WIB

Keren! Salah Satu Pabrik Tekstil yang Memproduksi Produk IKEA Beralih Menggunakan Energi Terbarukan

Jakarta - Sebagai salah satu pabrik tekstil yang memproduksi soft toys untuk perusahaan ritel home furnishing IKEA Indonesia, PT Quty Karunia (Quty) telah memasang PLTS Atap di pabriknya yang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:07 WIB

Di Ajang WEF 2022, Menperin Agus Beberkan Peluang Investasi Baru di Indonesia

Pertemuan tahunan World Economic Forum dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia untuk melakukan diskusi dengan para perwakilan ekonomi dunia dan investor-investor potensial.

Ilustrasi Payroll

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:03 WIB

Apa Saja Kriteria Payroll System Indonesia yang Bagus dan Efektif? Berikut Ulasannya

Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya.…

Ilustrasi Pajak

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:42 WIB

8 Pajak Penghasilan yang Wajib Dibayar dan Dilaporkan Secara Online

Di negara manapun, termasuk Indonesia, pajak dapat memberikan kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan pajak, masyarakat bisa menikmati infrastruktur mulai dari jalan, terminal, stasiun,…