BritCham Tunjuk Warga Negara Indonesia Pertama Sebagai Chairman of the Board

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 April 2022 - 20:09 WIB

BritCham Tunjuk Warga Negara Indonesia Pertama Sebagai Chairman of the Board
BritCham Tunjuk Warga Negara Indonesia Pertama Sebagai Chairman of the Board

INDUSTRY.co.id - Jakarta - British Chamber of Commerce Indonesia (BritCham) belum lama ini menunjuk seorang Warga Negara Indonesia sebagai Chairman of the Board untuk pertama kalinya dalam 42 tahun.

Rino Donosepoetro (Donny), Vice Chairman, ASEAN & Presiden Komisaris Indonesia untuk Standard Chartered Bank, secara resmi menggantikan Olly Riches, yang kini berpindah ke Singapura setelah ditunjuk sebagai Senior Managing Director, SEA, Page Group dan membuatnya pindah ke Singapura. Adapun penunjukkan Donny sebagai Chairman BritCham mendapatkan suara mutlak (unanimous) dari seluruh anggota BritCham Board.

“Donny adalah seorang bankir internasional yang sangat berpengalaman. Selama 25 tahun bekerja di Standard Chartered, beliau memiliki pengalaman bekerja di tujuh negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika Selatan, dimana tiga di antaranya sebagai Country CEO., Donny saat ini duduk di sejumlah Board internasional termasuk UK-ASEAN Business Council, Digital Venture Audax Ltd, dan juga menjabat sebagai Deputy Co-Chair di B20 Finance and Infrastructure Task Force," kata Olly yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (20/4/2022).

"Penunjukan Donny sebagai Chairman of the Board merupakan langkah yang progresif dan menarik. BritCham memiliki Board yang beragam dan terwakili dengan baik. Langkah ini tentu akan membantu memajukan BritCham dalam dalam mengejar tujuan utama BritCham memajukan hubungan perdagangan dan investasi antara Inggris dan Indonesia," imbuh Olly.

Donny telah bergabung dengan BritCham Board sejak Juni 2019 dan tidak lama kemudian ditunjuk sebagai Vice Chairman. “Merupakan suatu kehormatan bagi saya diberikan kepercayaan sebagai Chairman BritCham yang baru.” kata Donny.

Menurutnya, BritCham telah memainkan peran yang semakin strategis dalam mendorong hubungan perdagangan dan investasi yang lebih erat antara pelaku bisnis Inggris dengan rekanannya di Indonesia, khususnya di bidang sustainability, pendidikan, teknologi, dan kesehatan.

“Bersama dengan anggota Executive Board Officer lainnya, saya berencana untuk mengembangkan lebih lanjut capaian yang telah berhasil dibangun oleh Olly dalam memberikan nilai tambah bagi para anggota kami dan untuk dalam meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara Inggris dan Indonesia.” imbuh Donny.

Walaupun masa jabatan Donny akan berlaku efektif mulai 1 Mei 2022, anggota Board BritCham juga menyetujui usulan Donny untuk menambah tim Executive Board Officer melalui penunjukkan Vice Chairman ketiga Dimitris Kostianis, Managing Director Asia dari PZ Cussons.

Gary Selbie, President Director Premier Oil yang baru saja mengundurkan diri dari kursi kepresidenan Indonesia Petroleum Association, juga diangkat sebagai Vice Chairman mendampingi Vice Chairman saat ini Valentina Chai, Group Treasurer dari PT Astra International Tbk.

Sementara itu, Francois de Maricourt, CEO dari PT Bank HBSC Indonesia, terus menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif dan perwakilan BritCham untuk EuroCham bersama dengan Bendahara Graham Garven dan Executive Director selama 16 tahun, Chris Wren.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…