Simak, Ini 5 Kelebihan Menggunakan WordPress yang Wajib Diketahui

Oleh : Hariyanto | Selasa, 05 April 2022 - 16:03 WIB

Ilustrasi WordPress
Ilustrasi WordPress

INDUSTRY.co.id - Jakarta - WordPress merupakan salah satu platform content management sistem yang paling populer di dunia. Terbukti sudah banyak website yang menggunakan WordPress, mulai dari website kecil hingga website besar sekalipun. Bagi kamu yang belum paham apa saja kelebihan WordPress, pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan penjelasan selengkapnya agar lebih mantap ketika memilih untuk menggunakan platform yang satu ini untuk mengembangkan website bisnis maupun personal.

5 Kelebihan Menggunakan WordPress
Informasi terkait kelebihan WordPress ini bisa menjadi acuan bagi setiap orang. Jika memang ingin menggunakannya maka setidaknya harus tahu kelebihan WordPress dalam memberikan fitur yang belum tentu content management system lainnya berikan.

1.Biaya Murah
Kelebihan pertama adalah WordPress bisa di unduh secara gratis. Pengguna hanya cukup beli hosting murah untuk bisa mulai menggunakannya secara penuh. Untuk yang tidak ingin membayar biaya hosting, kamu juga masih bisa menggunakan WordPress.com yang menyediakan versi gratis dengan pembatasan fitur.

Dengan begini maka manajemen website akan lebih terstruktur. Lebih jelasnya adalah karena biayanya murah bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti iklan, pembuatan konten dan sebagainya.  Kelebihan ini menjadi salah satu yang selalu dikatakan oleh mereka yang menggunakan WordPress.

Biaya yang murah akan menekan pengeluaran website. Mengelola website memang tidak murah, maka dari itu menggunakan WordPress akan membantu manajemen pengeluaran lebih solid. Terhindar dari biaya yang membengkak dan justru akan membuat keberlangsungan website menjadi kacau. 

2.Keamanan Terjamin
Di dalam sistem WordPress menggunakan keamanan yang terjamin. Basis sistem keamanannya terpercaya sehingga membuat para pengguna tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti spam, pembobolan, dan hal-hal negatif lainnya.

Adanya sistem keamanan ini membuat banyak orang bahkan perusahaan menggunakannya.  Sudah banyak perusahaan atau company besar yang menggunakan WordPress.  Itu membuktikan bahwa sistem keamanannya terpercaya hingga membuat perusahaan besar berani menggunakan.

Sistem keamanan WordPress menjadi salah satu yang ketat. Bagi yang baru ingin memulai maka jangan pernah merasa khawatir keamanan akan terganggu. Sejak awal WordPress ada hingga sekarang ini tidak ada kebobolan sistem keamanan yang sangat merugikan bagi para pengguna. 

3.Mudah Digunakan
Kelebihan menggunakan WordPress berikutnya adalah mudah digunakan. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan dunia website maka akan langsung sanggup untuk menggunakan WordPress. Tidak ada hal yang terlalu rumit untuk menggunakan WordPress ini. Bagi yang masih baru atau awam akan langsung terbiasa setelah belajar. Tidak ada opsi atau cara yang rumit bagi para pemula. WordPress sangat ramah bagi para pengguna baru dan yang masih awam. Mudah sekali untuk membiasakan diri dengan menggunakan WordPress.  Contohnya seperti membuat URL di wordpress sangat mudah.

Mungkin jika masih kebingungan bisa langsung menuju ke menu Bantuan. Di sana akan ada banyak cara untuk menggunakan WordPress dari A-Z. Jadi pengguna baru tidak perlu lama-lama untuk beradaptasi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan forum bantuan dengan baik agar mampu menguasai dengan cepat.

4.Fungsi Fleksibel
Jangan mengira bahwa WordPress hanya digunakan untuk membangun website dalam tema tertentu. Semua jenis website bisa dibuat di WordPress sehingga membuatnya sangat fleksibel. Jadi orang-orang tidak perlu memikirkan tema khusus untuk mulai menggunakan WordPress. 

Fungsi WordPress tidak hanya menangani website dengan satu jenis saja. Terbukti banyak website yang menggunakan WordPress dengan tema yang beragam. Dengan begini maka membuka kesempatan bagi siapa pun dan tema apa pun untuk memilih WordPress sebagai CMS.

Di dalam pengaturan WordPress juga bisa dibuat sesuai dengan pasar website. Jika mengarah pada pengguna ponsel maka tampilannya bisa dibuat khusus atau nyaman untuk ponsel begitu juga untuk para pengguna PC tampilannya akan disesuaikan dengan setiap perangkat yang mengakses. 

5.Pilihan Tema Beragam
Tentu saja dalam membangun sebuah website, tema adalah hal yang tidak bisa dilupakan.  Dengan adanya tema yang menarik maka website akan semakin nyaman untuk dilihat dan dinikmati. Di WordPress tersedia banyak sekali tema yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Selain adanya template beragam, kamu juga bisa melakukan setting atau desain tampilan sendiri. Nantinya pengguna bisa merubah desain warna, tulisan, hingga gambar sesuai yang diinginkan. Ada tampilan yang gratis namun ada juga template tema yang mengharuskan pengguna untuk bayar.

Template yang berbayar nantinya akan memberikan fitur yang menarik. Meskipun harus membayar namun hasilnya akan memuaskan dan sepadan. Pelajari saja semua tema dan kustomisasi tampilan di WordPress agar nantinya website bisa terlibat lebih menarik dan elegan. 

Kelebihan menggunakan WordPress memang sangat beragam. Kamu bisa membuat website apa saja menggunakan platform ini berkat dukungan kustomisasi kode serta fleksibilitas yang diberikan. Pada dasarnya, soal kualitas dan kredibilitas tentu saja WordPress sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, baik dari segi kemudahan maupun SEO Friendly.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…