Laznas BMM dan Bank Muamalat Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa di Sumbar

Oleh : Wiyanto | Selasa, 22 Maret 2022 - 06:39 WIB

Laznas BMM Bank Muamalat bersama penyintas Gempa Sumatera Barat
Laznas BMM Bank Muamalat bersama penyintas Gempa Sumatera Barat

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) berkolaborasi dengan Bank Muamalat Indonesia memberikan berbagai bantuan untuk para penyintas gempa Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar) yang melanda pada 25 Februari 2022 lalu.

Gempa magnitudo (M) 6,1 tersebut menyebabkan lebih dari 14.000 warga Sumatra Barat mengungsi dan berdampak terhadap berbagai kerusakan infrastruktur yakni teridentifikasi rumah rusak sebanyak 1.346 unit, serta fasilitas terdampak yang meliputi fasilitas pendidikan 14 unit, kantor pemerintah 48 unit, tempat ibadah 22 unit dan fasilitas kesehatan 2 unit di Kabupaten Pasaman Barat. Selain itu, kerusakan juga terjadi di Pasaman meliputi rumah 1.000 unit, fasilitas ibadah 1 unit, fasilitas pendidikan 2 unit dan kantor 2 unit. BMM bersama Bank Muamalat memberikan bantuan dalam empat tahap pada tanggal 01 – 04 Maret 2022 kepada 552 KK atau sekitar 1.440 jiwa di berbagai lokasi yaitu Kp. Padang Pasar Lamo, Nagari Kajai, Kec.Talamau, Kab. Pasaman Barat, Kp. Aya Apuang, Kp. Melayu, Kp. Padang, Kp. Tokyang, Jorong 1, Nagari Malampah Kec. Tigo Nagari, dan Kab. Pasaman Timur.

Berbagai bantuan yang diberikan diantaranya berupa peralatan mandi, tenda darurat, pakaian layak pakai, peralatan tidur, makanan siap santap, beras 1.050 kg, telur 230 kg, gula 80 kg, mie instan 70 dus, air mineral, susu UHT, makanan ringan, peralatan berikut kebutuhan dapur darurat serta kebutuhan anak dan balita seperti seperti popok, minyak angin, bikuit juga kebutuhan mendesak lainnya. Selain itu, BMM dan Bank Muamalat juga mendirikan dua unit posko pengungsian dan dua unit dapur umum.

Awaldi selaku Direktur Operasi Bank Muamalat mengatakan “BMM dan Bank Muamalat hadir dengan bantuan darurat berupa sembako, mudah-mudahan bisa menjadi bantuan pertama sebelum nanti juga akan memberikan bantuan recovery rumah, sekolah, masjid dan lain-lain. Mudah-mudahan bisa memberikan mereka semangat dan merasa ada yang membantu. Semoga saudara-saudara kita yang ada di Pasaman Barat dan Pasaman ini segera cepat recovery dan kembali semangat seperti sedia kala”

“Semoga melalui bantuan yang diberikan ini dapat membuat warga terdampak menjadi lebih cepat bangkit. Tentunya kami juga membutuhkan support dari masyarakat untuk bahu membahu membantu saudara kita. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bergotong royong, terutama para donatur yang telah mempercayakan amanah ini kepada BMM” Ujar Novi Wardi selaku Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

GeoffreyYu Director Channel Sales Hikvision dan Michael Hardinata Wirawan President Director, PT Graha Anugrah Elektrindo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:20 WIB

Jalin Kerjasama, PT. Graha Anugrah Elektrindo Dipercaya Menjadi Distributor Resmi Hikvision

Perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal, PT. Graha Anugrah Elektrindo mengumumkan kerjasama bisnis dengan Hikvision, pelopor solusi sistem keamanan dan IOT terkemuka di dunia,…

Pengurus Forjukafi/Jalasurga bertemu Waketum Golkar Bamsoet

Jumat, 24 Juni 2022 - 17:45 WIB

Bamsoet Dukung Forjukafi Gerakan Wakaf

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung keberadaan Forum Jurnalis Wakaf Indonesia (Forjukafi).