Ini Fitur-Fitur Unik di WhatsApp yang Jarang Diketahui

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Februari 2022 - 14:54 WIB

Whatsapp (Ist)
Whatsapp (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, kemudahan komunikasi menjadi salah satu faktor utama yang paling penting. Dengan adanya beragam platform pengiriman pesan, tentu bukan hal aneh jika masyarakat menjatuhkan pada pilihan utama, WhatsApp salah satunya. Memang benar jika ada banyak platform pengiriman pesan yang juga memiliki fitur lainnya.

Misalnya saja,  soundfren.id yang merupakan aplikasi pegiat musik yang bisa dipakai untuk mengirim pesan. Ada juga Instagram yang populer dengan DM untuk penggunanya. Namun sampai saat ini, pemilihan WhatsApp masih mendominasi dan sering dipakai banyak pihak.

Meski demikian, ternyata masih banyak pihak yang belum tahu fitur-fitur unik di dalamnya. Untuk mengetahuinya, simak ulasan ini:

1. Custom Notifikasi
Fitur unik pertama adalah custom notifikasi. Dengan adanya fitur ini, maka tiap pengguna bisa mengubah notifikasi pesan untuk tiap kontak berbeda. Meski terdengar sepele, namun fitur ini terbukti menarik dan bermanfaat untuk dipakai. Penerapannya sendiri mudah dan tidak menyulitkan karena sudah difasilitasi dana menunya.

Pengguna Android atau pengguna iOS sama-sama bisa memanfaatkan fitur ini. Menu yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Android adalah di "View Contact". Kemudian pilih kontak dan atur notifikasinya. Sedangkan untuk pengguna iOS, maka bisa langsung ke menu "Custom Tone" untuk melakukan perubahan.

2. Disappearing Messages
Jenis fitur unik lain adalah disappearing messages. Dengan adanya fitur ini, maka tiap pengguna bisa mengirim pesan rahasia. Setelah tujuh hari pengiriman, pesan tersebut akan otomatis menghilang dari ruang obrolan. Kehadiran fitur ini tergolong sangat menarik karena bisa dimanfaatkan ke dalam beberapa kondisi.

Fitur ini hanya akan berfungsi ketika sudah diaktifkan. Kegunaannya pun hanya untuk pesan teks. Jika mengirim gambar dengan menggunakan fitur ini, maka gambar akan tersimpan dalam ponsel dua belah pihak. Sedangkan untuk pemakaiannya, pengguna bisa masuk ke kontak tujuan dan nyalakan tombol "On" pada disappearing messages-nya.

3. Detail Pesan
Komponen detail pesan juga termasuk fitur yang jarang diketahui orang. Meski penggunaan fitur ini sudah umum, namu ternyata masih ada pihak-pihak yang belum mengetahuinya. Sehingga, saat sudah mengirim pesan tidak tahu apakah pesan sudah dibaca atau belum. Hal ini biasanya terjadi dalam ruang obrolan grup.

Agar tahu detail pesan yang sudah dikirim, maka tiap pengguna bisa menekan pesan, kemudian masuk ke menu "Info". Dalam menu tersebut, akan diberikan informasi mengenai pengiriman pesan, siapa yang membaca, dan bagaimana statusnya. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna yang memanfaatkannya.

4. Export Chat
Ada juga fitur export chat yang bisa dimanfaatkan. Dengan adanya fitur ini, maka tiap pengguna bisa menyimpan pesan dengan format yang berbeda. Untuk memanfaatkannya, maka pengguna Android bisa segera masuk ke menu "More" dan langsung pilih "Export Chat". Sedangkan untuk pengguna iOS, maka bisa pergi ke "Contact Info".

5. Starred Messages
Memberi bintang pada pesan juga bisa dilakukan. Dengan fitur ini, maka tiap pengguna bisa menandai pesan penting yang ingin ditemukan atau dilihat lagi nantinya. Jika sudah diberi bintang, maka pesan tersebut akan masuk ke halaman baru. Saat akan menemukannya, maka bisa langsung mencari di menu "Pesan Berbintang" yang ada di WhatsApp.

Itulah beberapa jenis fitur unik dalam WhatsApp yang ternyata jarang diketahui banyak pihak. Dengan adanya fitur ini, maka penggunaan WhatsApp akan lebih menarik lagi. Semua fungsi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Dengan demikian, pengguna bisa merasakan berbagai keunggulannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi pembasmian kebun ganja. (Fachrul Reza/NurPhoto via Getty Images)

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:58 WIB

Komisi III dan Komisi IX Akan Tindak Lanjuti Usulan Legalisasi Ganja Medis

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan telah melakukan komunikasi terkait dengan usulan soal legalisasi ganja untuk medis dengan pimpinan…