Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Uno Bangun Pariwsata Berkelanjutan Berbasis Komunitas

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 22 Februari 2022 - 16:30 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Dalam upaya membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menegaskan untuk membangun konsep  pariwisata berkelanjutan dan kepariwisataan berbasis komunitas.

Sandiaga mengatakan di masa-masa sulit yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia dan dunia akibat pandemi COVID-19 ini, pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sejatinya perlu direvitalisasi kembali melalui kebijakan-kebijakan strategis para stakeholders. 

Salah satunya, melalui konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dan kepariwisataan berbasis komunitas yang dikemukakan oleh almarhum I Gede Ardhika, mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2001-2004. 

"Pendekatan kepariwisataan berkelanjutan menjadi konsep dan nilai utama pengembangan kepariwisataan Indonesia yang dapat diwujudkan melalui implementasi program sustainable tourism development," kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sementara, terkait pengembangan kepariwisataan berbasis komunitas, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan hal ini dihadirkan melalui program pengembangan desa wisata yang kini menjadi program unggulan Kemenparekraf. 

"Salah satu best practices di Indonesia adalah Desa Wisata Nglanggeran yg ditetapkan oleh UNWTO tahun 2021 lalu menjadi desa wisata terbaik di dunia. Selain itu banyak juga desa wisata lain yang turut berpartisipasi dan unggul dalam pengelolaannya, seperti pada platform Indonesia sustainable tourism award, sertifikasi desa wisata berkelanjutan, dan Anugerah Desa Wisata Indonesia yang kini menjadi salah satu program unggulan di kemenparekraf," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Sesmenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, menambahkan pariwisata menjadi sektor yang memperkuat relasi manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan sang pencipta, serta mendorong penghargaan terhadap keberagaman serta perlindungan warisan alam budaya dan lingkungan. 

"Kepariwisataan menjadi instrumen strategis dalam rangka mencapai pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Kepariwisataan juga dipandang mampu memberikan keseimbangan dan keselarasan aspek lingkungan sosial budaya dan ekonomi," kata Ni Wayan Giri. 

Selain itu, Ni Wayan Giri mengungkapkan pengembangan kepariwisataan juga menjadi bagian yang integral dalam pembangunan nasional. Di mana, pengembangan kepariwisataan diarahkan untuk mewujudkan kapasitas keadilan pemberdayaan dan keberlanjutan dalam membangun masyarakat. 

"Hal ini tentu sejalan dengan fungsi kepariwisataan dalam pemerataan pembangunan baik secara spasial yakni menjangkau wilayah terpencil maupun secara sektoral menimbulkan dampak berganda yang cukup luas terhadap sektor-sektor lain," ungkapnya.

"Termasuk sektor pertanian maupun secara struktural yakni dengan memberikan ruang yang luas kepada semua kelompok masyarakat untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pariwisata," tukas Ni Wayan Giri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:30 WIB

Asops Kasad Mayjen TNI Ainurrahman Periksa Kesiapan Operasi Yonif Raider 514 Kostrad

Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayjen TNI Ainurrahman didampingi oleh Asisten Operasi Kaskostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun, Irdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Bahram, Danbrigif…

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.