5 Bahan Makanan yang Memiliki Usia Simpan yang Lebih Lama

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Februari 2022 - 10:00 WIB

Ilustrasi Makanan Kaleng (Ist)
Ilustrasi Makanan Kaleng (Ist)

INDUSTRY.co.id - Dari beberapa bahan makanan, usia simpannya bervariasi. Ada bahan makanan yang mempunyai usia simpan yang yang singkat sehingga, mudah busuk. Tapi, ada juga bahan makanan yang bisa awet dan tahan lama atau usia simpannya lebih lama. 

Biasanya, bahan makanan yang awet dan tahan lama disimpan di suhu ruangan ataupun di dalam kulkas. Namun, bahan makanan yang mudah busuk biasanya mengandung banyak air dan minyak.

Berikut ini daftar beberapa bahan makanan yang memiliki usia simpan yang lebih lama seperti dilansir dari laman Times of India. 

Makanan kaleng

Baik itu buah-buahan dan sayuran, makanan kalengan memiliki umur simpan yang sangat panjang. Makanan kaleng dapat bertahan selama sekitar 5-6 tahun dan tetap tidak busuk bahkan setelah tanggal kedaluwarsa. Tapi pastikan kamu mengonsumsi makanan kaleng dalam waktu 4-6 hari setelah membuka kaleng.

Kecap

Kecap adalah makanan fermentasi dan memiliki umur simpan yang cukup panjang. Kecap yang belum dibuka bisa bertahan selamanya. Bahan makanan tersebut tidak akan rusak tetapi mungkin kehilangan beberapa rasanya. Di sisi lain, botol kecap yang dibuka bisa bertahan antara 1-3 tahun.

Pasta

Pasta adalah bahan makanan kering dan dapat disimpan selama bertahun-tahun bersama. Cukup simpan pasta dalam toples kering dan bersih. Wadah harus kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Bubuk Kopi

Menariknya, bubuk kopi dapat disimpan hingga 25 tahun. Tetapi, cara menyimpannya yang tepat ya! Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas dan jauh dari kelembaban. Tips ini bisa membuat usia kopi lebih lama.

Biji-bijian dan beras

Biji-bijian dan beras juga memiliki umur simpan yang lama. Jika disimpan dengan benar, di tempat yang sejuk dan kering, biji-bijian dan beras dapat bertahan antara 5-10 tahun.

Biasanya, biji-bijian dan beras terbuka terhadap risiko terinfeksi serangga yang mengurangi umur simpannya. Untuk menyimpan biji-bijian dan beras dengan aman, simpan dalam wadah kedap udara. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…