4 Negara Ini Bolehkan Wisatawan yang Tidak Vaksin untuk Berkunjung

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 04 Februari 2022 - 12:45 WIB

Cappadocia, Turki (Ist)
Cappadocia, Turki (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pandemi telah mengubah aturan perjalanan, salah satunya harus memberlakukan vaksinasi bagi wisatawan yang masuk ke negara tersebut. Tetapi, adapun negara yang tidak mewajibkan vaksinasi bagi wisatawan yang datang.

Dilansir dari laman Times of India, berikut ini daftar negara yang memungkinkan wisatawan yang tidak divaksinasi Covid-19 boleh berkunjung ke negara-negara ini. 

Portugal

Portugal terbuka untuk wisatawan yang tidak divaksinasi, selama mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak terinfeksi virus ketika mereka memasuki negara itu. Sesuai laporan, wisatawan akan diminta untuk menunjukkan bukti tes PCR negatif yang telah diambil dalam waktu 72 jam kedatangan, atau 48 jam jika mereka telah mengambil tes antigen. Selain itu, wisatawan juga harus mengirimkan kuesioner wisatawan sebelum keberangkatan.

Perhatikan juga bahwa maskapai penerbangan dapat menolak naik jika wistawan gagal menunjukkan dokumen yang relevan, jadi sangat penting bagi wisatawan untuk memeriksa dengan maskapai penerbangan sebelum bepergian.

Kroasia

Wisatawan yang tidak divaksinasi juga dapat melakukan perjalanan ke Kroasia dengan bukti tes PCR negatif Covid-19 yang telah diambil dalam waktu 72 jam atau kedatangan mereka, atau tes antigen yang telah diambil dalam waktu 48 jam setelah kedatangan. 

Wisatawan bahkan dapat masuk melalui sertifikat dokter yang membuktikan bahwa mereka telah pulih, menyusul hasil tes positif antara 11 dan 180 hari sebelumnya.

Turki

Sementara divaksinasi adalah salah satu cara untuk mengunjungi Turki, wisatawan yang tidak divaksinasi juga dapat memasuki negara itu dengan mengikuti aturan tertentu. 

Wisatawan harus dapat menunjukkan bukti tes PCR negatif yang telah diambil 72 jam sebelum kedatangan mereka, atau bahwa mereka telah menjalani tes antigen cepat dalam waktu 48 jam setelah kedatangan mereka. 

Wisatawan juga dapat menunjukkan bukti bahwa mereka telah pulih dari Covid-19 dalam enam bulan terakhir untuk mengunjungi Turki. 

Selanjutnya, pada saat kedatangan akan diminta untuk menunjukkan formulir online sebelum 72 jam perjalanan, dan mungkin akan menjalani pemeriksaan medis.

Maladewa

Semua pengunjung akan diminta untuk memberikan tes PCR negatif pada saat kedatangan ke Maladewa. Tes dan sertifikat PCR negatif harus dikeluarkan tidak lebih dari 96 jam sebelum keberangkatan. 

Sementara pengunjung yang sepenuhnya divaksinasi tidak harus menjalani karantina, mereka yang tidak sepenuhnya divaksinasi akan diizinkan masuk tetapi harus mengisolasi diri selama 14 hari dan mengambil tes sebelum meninggalkan karantina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…