Dukung Bisnis Kuliner, Cleo Luncurkan Kemasan Botol Kaca Kekinian

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 29 Januari 2022 - 15:30 WIB

CLEO Luncurkan Kemasan Botol Kaca Kekinian (Ist)  
CLEO Luncurkan Kemasan Botol Kaca Kekinian (Ist)  

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya mendukung bisnis kuliner di Indonesia, Cleo meluncurkan kemasan kaca kekinian.  Dengan memperkenalkan "Cleo Glass" yang merupakan produk baru dalam kemasan botol kaca 330 mililiter.

Cleo Glass ini dibuat secara premium dengan menggunakan packaging botol kaca sekali pakai. Jadi, setelah penggunaan, botol kaca tersebut bisa dikembalikan ke produsen untuk diolah secara berkelanjutan. Sehingga, dengan peluncruran produk terbaru ini, Cleo juga mendukung gerakan sustainability.

Wakil Direktur Utama PT Sariguna Primatirta, Tbk, Melisa Patricia menyatakan, melalui acara ini, Cleo berharap dapat mendukung pengembangan dunia kuliner secara khusus bagi para pengusaha di bidang F&B. Dari sisi pelaku industri kuliner, kemasan botol kaca Cleo Glass ini sangat valuable sehingga para pelaku industri mendapatkan harga yang memberikan margin lebih untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.
 
"Kami melihat bahwa kafe, coffee shop dan resto sekarang ini banyak yang jadi tempat kekinian membutuhkan produk yang affordable, kualitasnya bagus dan terlihat premium sehingga mengangkat dan menaikan nilai jual kafe mereka. Dari situlah Cleo Glass ini hadir dengan desain batik Indonesia yang kami design sendiri dengan arti Cleo Merajut Nusantara," Ujarnya.
 
Sadar akan pentingnya kemasan yang menarik, Cleo memiliki inisiatif untuk menghadirkan air minum dalam kemasan botol kaca 330 mililiter dengan kualitas air murni yang sama dengan Cleo yang existing yakni 20 kali lebih murni dari AMDK merek lainnya. 

Botol kaca Cleo Glass didesain khusus dengan motif dan tekstur ukiran batik khas Budaya Indonesia yang menjadi bentuk interprestasi bahwa Cleo terus mempersembahkan kemurnian terbaik bagi negeri. 

Menariknya, terdapat tekstur batik pada botol kaca ini. Sehingga, dapat menambah experience kuliner terutama untuk segmen anak muda yang sering dine-in dan berkumpul bersama di kafe, restoran maupun coffee shop. 

"Dengan ini, anak muda yang menjadi target market dari Cleo Glass itu sendiri diharapkan akan memiliki rasa bangga saat mengonsumsi Cleo Glass," tutur Melisa.
 
Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) DPD Jatim Tjahjono Haryono menyampaikan bahwa industri kafe, resto dan kuliner ini adalah industri yang tahan banting selama pandemi ini. Yang paling berat sebenarnya adalah pada masa PPKM dimana kafe dan Restoran tidak boleh buka sama sekali. 

"Dimaksud tahan banting adalah walaupun terdampak lebih dahulu, tapi kami sebagai pelaku Industri kafe dan restoran harus bisa bangkit kembali dengan cepat. Dengan inovasi dari Cleo diharapkan bisa memberikan keuntungan yang lebih dari sisi harga maupun kemasan yang premium bagi teman-teman di industri kafe dan resto," ungkapnya.
 
Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi sempat memukul keras industri Horeca (Hotel, restoran, dan  kafe/coffee shop). Selain hantaman, pandemi juga memberikan tantangan tersendiri untuk para pelaku bisnis Horeca untuk dapat berjuang dan beradaptasi dengan kondisi. 

Selain menghadirkan menu dalam bentuk takeaway, para pebisnis kuliner juga harus beradaptasi dengan yang namanya digital marketing, salah satunya adalah keberadaan Foodies atau Influencer dalam industri makanan dan minuman.
 
Seiring belum terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia, Industri restoran dan kafe masih harus melalui jalan terjal dimana para pelaku usaha masih kesulitan mempertahankan kinerjanya mengingat operasional restoran dan kafe terhambat oleh kebijakan pembatasan kegiatan di masa pandemi.
 
Sementara, dari sisi konsumen sekaligus juga penggiat dunia digital, food vlogger Koko Buncit dan Lifei memberikan masukan menarik mengenai strategi yang baik dalam membangun komunikasi dan branding bisnis kuliner.

"Yang biasanya saya angkat sebagai konten bukan hanya menunya tapi juga pengalaman atau Experience yang saya alami selama makan dan minum di kafe atau resto," jelas Koko Buncit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr.-Yohannes-Don-Bosco-Doho-S.Phil-MM

Senin, 04 Agustus 2025 - 15:36 WIB

Bukan Sekadar Joget, "Seni Senang" dan Hikmah Musyawarah dalam Budaya Manggarai

Jakarta-Ikatan Keluarga Manggarai Jakarta (IKAMADA) baru saja melewati rangkaian pergantian kepengurusan baru. Perutusan mereka diawali dengan misa inkulturasi yang dihadiri lebih dari 1000an…

Pegadaian Raih Penghargaan Performance Excellence Award 2025

Senin, 04 Agustus 2025 - 15:22 WIB

Pegadaian Raih Penghargaan Performance Excellence Award 2025

PT Pegadaian berhasil meraih penghargaan prestisius “Performance Excellence Award” dalam kategori “Excellence in Microfinance and Financial Inclusion” pada ajang The Best Investortrust…

Gedung Bank Mandiri

Senin, 04 Agustus 2025 - 15:16 WIB

Bank Mandiri Perkuat Komitmen ESG Melalui KPR Hijau

Menjelang peringatan 80 tahun kemerdekaan Indonesia, semangat untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan inklusif semakin menguat. Sebagai bank nasional yang secara konsisten mendorong…

Dealer Caroline

Senin, 04 Agustus 2025 - 15:13 WIB

Pendapatan ASLC Tumbuh Sebesar 17,11% YoY di Kuartal II-2025

Strategi PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) terus perkuat dan percepat digitalisasi unit bisnis Caroline.id melalui integrasi layanan Online-to-Offline (O2O) yang mempermudah konsumen dalam…

Caption: Dompet Dhuafa Sulsel berhasil meraih Gold Award dalam ajang Innovation Technology for Social and Environmental Awards (InTechSEA) 2025, untuk kategori Ekonomi Inklusif.

Senin, 04 Agustus 2025 - 14:42 WIB

Dukung Ekonomi Inklusif, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan Raih Gold Award di INTECHSEA 2025

Dompet Dhuafa Sulsel berhasil meraih Gold Award dalam ajang Innovation Technology for Social and Environmental Awards (InTechSEA) 2025, untuk kategori Ekonomi Inklusif. Bermodal dengan menerapkan…