Enam Tradisi Imlek yang Khas di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 23 Januari 2022 - 16:00 WIB

Jeruk Imlek (Foto Dok Tribunnews)
Jeruk Imlek (Foto Dok Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebentar lagi perayaan Imlek akan tiba. Sudah kangen belum dengan suasananya yang meriah? Pasti sudah terbayang kemeriahan parade barongsai, petasan, dan berbagai festival lainnya.

Selain itu, sebenarnya ada beberapa tradisi Imlek yang cukup melekat di Indonesia, lho. Untuk Anda yang belum tau banyak tentang Imlek, simak di bawah ini yuk!

1.            Dekorasi merah dan emas

Warna merah dan emas memang identik sekali dengan Imlek. Pemilihan warna ini tentunya memiliki sejarah dan filosofi yang mendalam. Menurut kepercayaan orang Tionghoa, warna merah melambangkan keberuntungan dan rezeki. Selain warna merah, kamu juga akan melihat berbagai ornamen dengan hiasan berwarna emas. Warna emas juga merupakan lambang kekayaan dan kemakmuran. Sehingga, bersatunya kedua warna merah ini menjadi sebuah harapan untuk mendapatkan kemurahan rezeki dan kekayaan yang melimpah.

2.            Angpao

Amplop merah berisi uang ini pastinya jadi rebutan di waktu Imlek. Uang di dalam amplop bisa berbentuk lembaran maupun koin. Menurut tradisi, pemberi angpao harus sudah menikah serta penerimanya belum menikah atau anak kecil.

Pemberian angpao ini juga tidak hanya dilakukan saat perayaan Imlek saja. Kamu bisa menerima angpao pada hari pernikahan, ulang tahun, atau bahkan beramal. Karena angpao menggunakan amplop merah yang melambangkan kebahagiaan, sangat tidak disarankan untuk memberikan angpao ketika melayat ke rumah duka.

Bagi kamu yang pingin angpao, yuk baca terus artikel ini untuk mendapatkan 6 angpao spesial dari Ann’s Bakehouse & Creamery!

3.            Pulang Kampung

Orang Tionghoa juga punya kebiasaan yang sama seperti mayoritas orang muslim dan nasrani di Indonesia, yaitu pulang kampung. Pada saat perayaan Imlek, sudah menjadi tradisi untuk berkumpul bersama keluarga besar untuk bersilaturahmi.

4.            Makanan Khas Imlek

Hidangan utama yang selalu hadir saat perayaan Imlek antara lain mie panjang umur yang dibuat tanpa putus. Mie ini memiliki arti harapan semoga bisa mendapatkan umur yang panjang.

Yang tak kalah ikonik adalah Yu Sheng. Hidangan khas Imlek ini adalah salad sayuran dengan ikan tuna mentah yang diberi bumbu khusus. Cara menikmatinya adalah makan sepiring bersama.

Tak hanya itu saja, biasanya ada menu tim ikan bandeng, bebek panggang, hingga babi panggang.

5.            Buah Jeruk

Jeruk adalah buah yang dianggap membawa keberuntungan loh teman kesayangAnns. Sejak zaman dinasti Jin (bukan member BTS), jeruk telah menjadi buah untuk persembahan. Tentu saja, karena buah bulat berwarna oranye ini menyimpan filosofi mendalam bagi orang Tionghoa. Dalam bahasa mandarin, jeruk dan emas memiliki sebutan yang hampir sama yaitu “gan ju” dan “gan jie”. Sedangkan arti kata “ju” sendiri adalah baik atau bagus.

Maka dari itu, buah jeruk dianggap buah yang baik dan dianggap membawa keberuntungan bagi yang menyantapnya atau jadikan persembahan kepada leluhur pada hari Imlek.

Nah karena buah jeruk adalah buah yang wajib ada di hari Imlek, Teman kesayangAnns juga bisa lho menyediakan jeruk dengan cara lain yaitu berupa hidangan lezat dari jeruk seperti Sunrise Pie. Pie dengan krim lezat dengan potongan jeruk yang segar. Kue ini juga menjadi salah satu kue khas Imlek yang bisa kamu pesan di Ann’s Bakehouse & Creamery.

6.            Kue Khas Imlek

Meskipun awal mulanya berasal dari Negara tirai bambu, namun beberapa kue telah menyesuaikan dengan kebiasaan setempat. Kue-kue ini akhirnya menjadi kue khas Imlek yang wajib tersedia seperti Lapis Legit dengan aroma kayu manis yang aromatik, Kue Keranjang dengan rasa yang manis, Kue Bulan, Kue Ku, Kue Mangkok, dan Manisan. Wah, yummy!

Kebetulan hingga 15 Februari mendatang, Ann’s Bakehouse & Creamery juga sedang mengadakan promo Prosperous Chinese New Year yang bisa kamu lihat di sini! Untuk setiap pembelian Whole Cake Sunrise Pie & Lapis Legit kamu akan mendapatkan gratis 6 buah angpao! Selain itu, kue Sunrise Pie dan Lapis Legit juga akan dibungkus dalam bingkisan spesial dengan Chinese New Year Sticker dan Ribbon loh. Pas banget buat ngerayain Hari Imlek!

“Anda bisa pesan melalui website atau WhatsApp di sini. Mungkin kamu lebih suka membeli melalui e-commerce? Khusus untuk promo ini, kami juga membuka lapak di Tokopedia, GoFood, GrabFood, Traveloka, dan Happy Fresh!, “ ujar Yohana Nadya Marketing Associate Ann’s Bakehouse & Creamery

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.