Dahsyat! Pabrik Bio Test-Kit Dengan Teknologi Tercanggih Kelas Dunia Asal Korea Diresmikan di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Januari 2022 - 09:32 WIB

Peresmian Pabrik Bio Test-Kit PT Standard Biosensor Healthcare
Peresmian Pabrik Bio Test-Kit PT Standard Biosensor Healthcare

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - Korea dan Indonesia sebagai special strategic partner, sedang sukses menjalankan sejumlah proyek investasi dan kerja sama dalam sekala besar di berbagai bidang meliputi kendaraan listrik dan baterai, besi dan baja, petrokimia, serta energi.

Tidak sebatas itu, kerja sama strategis antara kedua negara di bidang kesehatan dan medis pun semakin diperkuat dan diperluas di bawah kepemimpinan yang proaktif dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Memasuki tahun 2022, kerjasama antara Indonesia dan Korea terus digenjot. Kali ini, kerjasama direalisasikan kedua negara dibidang kesehatan dan medis dengan diresmikannya pabrik bio test kit PT Standard Biosensor pada Kamis (20/1/2022).

Hadir dalam peresmian tersebut Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia, Park Tae-sung, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kabupaten Purwakarta Anne Ratna Mustika, dan Commissioner PT Standard Biosensor Helathcare Kang Kee-suck.

Pabrik alat diagnostik yang berlokasi di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini, ditargetkan mampu memproduksi hingga 100 juta buah test-kit pada tahun ini. Bahkan, target jumlah produksi akan berlipat ganda pada 2023, yaitu 200 juta buah test kit per tahun.

Pembangunan pabrik ini berlangsung kurang lebih setahun, yaitu dari Desember 2019 sampai dengan Januari 2021.
Meski di tengah pandemi Covid-19, proses pembangunan pabrik alat diagnostik Covid-19 ini berjalan baik atas bantuan segenap pihak.

"Atas kerja sama kedua negara ini, kita bisa melakukan produksi masal ‘bio test-kit’ secara domestik di Indonesia. Ini juga menjadi lompatan kemajuan dalam meningkatkan perkembangan industri kesehatan di Indonesia dengan investasi SD Biosensor asal Korea Selatan yang memiliki teknologi tercanggih kelas dunia di sektor bio test-kit " kata Duta Besar Republik Korea, Park Tae-sung yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (21/1/2022).

Menurutnya, investasi ini dapat terwujud dengan keputusan berani dari Chairman SD Biosensor dan Commissioner PT Standard Biosensor serta upaya dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Dubes Park Tae-sung mengungkapkan, kunjungan Menteri Kesehatan ke Korea Selatan pada Mei tahun lalu untuk menemui langsung Chairman SD Biosensor merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi terwujudnya investasi ini.

"Seluruh proses, yaitu mulai dari investasi, pembangunan hingga peresmian pabrik ini dapat berjalan baik, tentu karena dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, dan segenap pihak dari Provinsi Jawa Barat khususnya Kabupaten Purwakarta," imbuhnya.

Dia berharap, Pemerintah Indonesia dapat terus memberikan perhatian dan bantuan pada program tersebut sehingga PT Standard Biosensor dapat berkembang menjadi pusat produksi test-kit berkualitas tinggi dan berkontribusi pada penanganan krisis kesehatan masyarakat di kemudian hari.

"Kami berharap bahwa kedua negara semakin memajukan kerja sama di bidang-bidang tersebut sehingga selalu dapat memperoleh hasil terbaik seperti pembangunan pabrik PT Standard Biosensor yang kita saksikan hari ini," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…