Dahsyat! Pabrik Bio Test-Kit Dengan Teknologi Tercanggih Kelas Dunia Asal Korea Diresmikan di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Januari 2022 - 09:32 WIB

Peresmian Pabrik Bio Test-Kit PT Standard Biosensor Healthcare
Peresmian Pabrik Bio Test-Kit PT Standard Biosensor Healthcare

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - Korea dan Indonesia sebagai special strategic partner, sedang sukses menjalankan sejumlah proyek investasi dan kerja sama dalam sekala besar di berbagai bidang meliputi kendaraan listrik dan baterai, besi dan baja, petrokimia, serta energi.

Tidak sebatas itu, kerja sama strategis antara kedua negara di bidang kesehatan dan medis pun semakin diperkuat dan diperluas di bawah kepemimpinan yang proaktif dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Memasuki tahun 2022, kerjasama antara Indonesia dan Korea terus digenjot. Kali ini, kerjasama direalisasikan kedua negara dibidang kesehatan dan medis dengan diresmikannya pabrik bio test kit PT Standard Biosensor pada Kamis (20/1/2022).

Hadir dalam peresmian tersebut Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia, Park Tae-sung, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Nina Susana Dewi mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kabupaten Purwakarta Anne Ratna Mustika, dan Commissioner PT Standard Biosensor Helathcare Kang Kee-suck.

Pabrik alat diagnostik yang berlokasi di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini, ditargetkan mampu memproduksi hingga 100 juta buah test-kit pada tahun ini. Bahkan, target jumlah produksi akan berlipat ganda pada 2023, yaitu 200 juta buah test kit per tahun.

Pembangunan pabrik ini berlangsung kurang lebih setahun, yaitu dari Desember 2019 sampai dengan Januari 2021.
Meski di tengah pandemi Covid-19, proses pembangunan pabrik alat diagnostik Covid-19 ini berjalan baik atas bantuan segenap pihak.

"Atas kerja sama kedua negara ini, kita bisa melakukan produksi masal ‘bio test-kit’ secara domestik di Indonesia. Ini juga menjadi lompatan kemajuan dalam meningkatkan perkembangan industri kesehatan di Indonesia dengan investasi SD Biosensor asal Korea Selatan yang memiliki teknologi tercanggih kelas dunia di sektor bio test-kit " kata Duta Besar Republik Korea, Park Tae-sung yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (21/1/2022).

Menurutnya, investasi ini dapat terwujud dengan keputusan berani dari Chairman SD Biosensor dan Commissioner PT Standard Biosensor serta upaya dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Dubes Park Tae-sung mengungkapkan, kunjungan Menteri Kesehatan ke Korea Selatan pada Mei tahun lalu untuk menemui langsung Chairman SD Biosensor merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi terwujudnya investasi ini.

"Seluruh proses, yaitu mulai dari investasi, pembangunan hingga peresmian pabrik ini dapat berjalan baik, tentu karena dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, dan segenap pihak dari Provinsi Jawa Barat khususnya Kabupaten Purwakarta," imbuhnya.

Dia berharap, Pemerintah Indonesia dapat terus memberikan perhatian dan bantuan pada program tersebut sehingga PT Standard Biosensor dapat berkembang menjadi pusat produksi test-kit berkualitas tinggi dan berkontribusi pada penanganan krisis kesehatan masyarakat di kemudian hari.

"Kami berharap bahwa kedua negara semakin memajukan kerja sama di bidang-bidang tersebut sehingga selalu dapat memperoleh hasil terbaik seperti pembangunan pabrik PT Standard Biosensor yang kita saksikan hari ini," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.