Stimulus Harga Gas Dorong Investasi Baru Industri Keramik Nasional di 2022, Bakal Serap Ribuan Tenaga Kerja

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Januari 2022 - 10:00 WIB

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto
Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Stimulus harga gas industri sebesar USD 6 per MMBTU terbukti meningkatkan daya saing industri keramik nasional. Berdasarkan catatan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki), sepanjang tahun 2021 tingkat utilisasi produksi keramik nasional meningkat tajam ke level 75%.

"Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak tahun 2015," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto dalam keterangannya kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Rabu (19/1).

Dijelaskan Edy, kebijakan harga gas industri juga memberikan multiplier effect sekaligus economic driver yang mampu menggairahkan kembali optimisme industri keramik dalam negeri.

"Hal ini terlihat dari mulai adanya ekspansi baru selama tahun 2021, dimana terdapat tambahan kapasitas produksi sekitar 13 juta meter persegi (m2) dari kapasitas terpasang 538 juta m2/tahun menjadi 551 juta m2/tahun," terangnya.

Selain itu, lanjut Edy, jumlah produksi keramik tahun 2021 juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan sekitar 35%.

"Dimana tahun 2020 total produksi berkisar 304 juta m2 dan naik ke angka 400-410 juta m2 di tahun 2021," ungkap Edy.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan bahwa stimulus harga gas industri sebesar USD 6 per MMBTU juga turut mendorong adanya investasi-investasi baru di industri keramik nasional.

"Rencana ekspansi member Asaki di tahun 2022 ini sekitar 35 juta m2 dengan total investasi mencapai Rp3 triliun, dan akan menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja baru," papar Edy.

Selain itu, lanjutnya, penyerapan atau pemanfaatan gas oleh industri keramik nasional juga terus meningkat seiring kenaikan tingkat utilisasi dan penambahan ekspansi baru.

"Di tahun 2021, penyerapan gas untuk industri keramik sudah mencapai hampir 85% dari alokasi yang ditetapkan dalam Kepmen ESDM," terangnya.

Edy optimis tingkat utilisasi produksi keramik nasional akan mencapai level 85% di tahun 2022, seperti yang ditargetkan Asaki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.