UNESCO Tetapkan Sup Labu Haiti Sebagai Warisan Budaya Takbenda

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 17 Januari 2022 - 10:30 WIB

Sup Labu Haiti ditetapkan UNESCO Jadi Warisan Budaya Takbenda (IST)
Sup Labu Haiti ditetapkan UNESCO Jadi Warisan Budaya Takbenda (IST)

INDUSTRY.co.id - Badan kebudayaan PBB menetapkan sup tradisional Haiti sebagai warisan budaya takbenda kemanusiaan oleh UNESCO. Diketahui, sup tradisional ini merupakan simbol kemerdekaan negara tersebut. 

Dilansir dari laman Indianexpress, sup labu atau sup Joumou asli Haiti itu merupakan sup yang sedikit pedas yang bisanya dinikmati pada Hari Tahun Baru. Bahan-bahannya terdiri dari daging sapi atau kambing, pasta, kentang dan wortel.
 
Namun sup ini bukan makanan sembarangan. Bagi warga Haiti, sup ini punya banyak makna dan sejarah.
 
"Sup Joumou jauh lebih dari sekadar hidangan," kata Audrey Azoulay, direktur jenderal UNESCO. 
 
"Ini bercerita tentang para pahlawan dan pahlawan kemerdekaan Haiti, perjuangan mereka untuk hak asasi manusia dan kebebasan mereka yang susah payah," jelasnya.
 
Selama bertahun-tahun perbudakan kolonial Prancis, itu hanya disajikan kepada tuan budak, tetapi itu menjadi simbol kebebasan bagi mayoritas penduduk kulit hitam ketika Haiti memperoleh kemerdekaan pada 1 Januari 1804.

Mereka merayakan kebebasan mereka dengan akhirnya mengonsumai sup dan orang Haiti secara tradisional menyajikannya pada Hari Tahun Baru untuk memperingati ulang tahun pembebasan dari perbudakan.

UNESCO mengatakan Komite Warisan Budaya TakBendanya memberikan status perlindungan sup Joumou.

Daftar warisan takbenda bertujuan untuk meningkatkan visibilitas tradisi dan pengetahuan masyarakat di seluruh dunia, mulai dari kaligrafi Arab hingga perburuan truffle Italia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.