Keketuaan Indonesia di G20 Momentum International Halal Hub

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 16 Januari 2022 - 05:48 WIB

Presiden Jokowi saat menghadiri KTT G20 di Roma, Italia
Presiden Jokowi saat menghadiri KTT G20 di Roma, Italia

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Isu terkait saling pengakuan antar Lembaga Sertifikasi Halal Asing dan Sertifikat Halal Asing masih menjadi banyak kesulitan yang dialami dalam perdagangan produk halal, khususnya ekspor dan impor produk halal dengan Indonesia.

Dengan adanya Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang akan diadakan di Indonesia sebagai tuan rumah, akan timbul sebuah momentum yang sangat langka untuk kembali mencoba mempercepat urusan-urusan perdagangan terkait produk halal.

"Event G20 ini mencakup sebagian besar kekuatan ekonomi dan perdagangan secara global. Artinya dalam event ini ada kesempatan bagi kita untuk langsung turun dan menangani kesulitan-kesulitan yang dialami negara-negara asing dalam memperoleh pengakuan sertifikat halal dari BPJPH", ungkap Yoyok dalam pertemuan dengan Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham pada Jumat (14/1).

"Dalam side event Bootcamp & Expo kita bulan Maret nanti, kami akan angkat secara khusus topik tersebut. Karena mengingat perdagangan produk halal khususnya bagi Indonesia yang merupakan salah satu negara muslim terbesar, merupakan sebuah kebutuhan yang pokok dan mendasar bagi masyarakat yang beragama muslim. Ketika saling pengakuan Lembaga Sertifikasi Halal Asing dan Sertifikat Halal Asing sudah terjalin, kami meyakini arus ekspor impor akan meningkat secara sangat signifikan", tambahnya.

Side Event tersebut merupakan salah satu rangkaian yang diselenggarakan oleh KOPITU dalam program kerja Outreach Group SMEs20 sebagai wadah yang dikhususkan bagi UKM di 20 negara anggota G20. Melihat usulan tersebut, Kepala BPJPH memberikan apresiasi dan dukungan atas rancangan kerja yang diajukan.

"Tepat sekali, kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para stakeholder di luar negeri memang sangat perlu kita atasi. Terutama dengan adanya forum G20 tersebut, sudah menjadi wadah yang dapat langsung kita brainstorming secara sekaligus", jawab Aqil.

"Kami langsung menggandeng BPJPH dan bekerja dekat dengan jajaranya, agar momentum nanti benar-benar dapat kita manfaatkan dalam mewujudkan International Halal Hub", pungkas Yoyok.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 03:00 WIB

PBB Apresiasi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada…

Pergantian Komisaris Independen SUCOFINDO- Zainal Abidin

Kamis, 26 Mei 2022 - 00:02 WIB

Zainal Abidin Diangkat Jadi Komisaris Independen Sucofindo

Jakarta– Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT SUCOFINDO mengambil keputusan untuk mengangkat Zainal Abidin sebagai Komisaris Independen PT SUCOFINDO menggantikan Achmad Sudrajat,…

Woo Yeul Lee sebagai Direktur Utama KB Bukopin

Rabu, 25 Mei 2022 - 22:22 WIB

Woo Yeul Lee Ditetapkan Direktur Utama KB Bukopin yang Baru

PT Bank KB Bukopin Tbk menetapkan Woo Yeul Lee sebagai Direktur Utama KB Bukopin yang baru.

Ilustrasi Avarta

Rabu, 25 Mei 2022 - 21:18 WIB

Mengenal Avarta, Wallet Crypto Aman dengan Biometrik

Salah satu aspek penting menjaga keamanan aset adalah melakukan otentikasi, dengan begitu para pencuri akan kesulitan mencuri aset dan investor bisa lebih waspada dengan aset yang mereka miliki.