Hanya di MPL Kamu Bisa Main Catur dan Dapat Saldo Gopay

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 15 Januari 2022 - 08:31 WIB

Dok. MPL
Dok. MPL

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Catur merupakan salah satu permainan yang sangat asik untuk dimainkan. Tidak hanya sekedar menghabiskan waktu luang,  download game catur online dan memainkannya juga dapat melatih konsentrasi.

Jika kamu ingin mencoba permainan catur yang asik, saya merekomendasikan game catur MPL. Sebab, tidak hanya seru, saat menang game catur di MPL kamu juga berkesempatan mendapatkan saldo Gopay, lho.
Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu MPL?

MPL yang akan dibahas yaitu Mobile Premier League, aplikasi game online dengan hadiah Berlian Kemenangan yang bisa kamu tukar dengan saldo e-wallet. Jangan dulu terburu-buru membuka playstore atau appstore untuk mencari aplikasi ini. Sebab, kamu hanya bisa mengunduh aplikasinya melalui web resmi MPL yaitu https://www.mpl.id yang bisa kamu buka melalui browser HP.

Meski tidak terdapat di playstore maupun appstore, aplikasi MPL tidak berbahaya karena tidak meminta akses yang mencurigakan saat di install pada smartphone. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena sudah banyak gamer yang mengunduh permainan ini.

Untuk bisa memainkan semua game yang ada pada aplikasi kamu harus mengisi berlian top up terlebih dahulu. Apabila menang, maka kamu bisa mendapatkan Berlian Kemenangan yang dapat kamu tukar salah satunya dengan saldo Gopay.

Untuk setiap 1 Berlian Kemenangan, kamu bisa menukarnya dengan saldo Gopay sebesar Rp 200. Jadi, sebaiknya kamu menukar Berlian Kemenangan pada MPL setelah terkumpul banyak.

Cara Bermain Catur Online di MPL

Catur merupakan salah satu game yang paling populer di MPL karena banyak pemain yang memainkannya. Hal ini menjadi bukti bahwa Chess MPL sangat seru dan bisa membuat ketagihan.

Kalau kamu ingin mencoba memainkan permainan ini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Pembuatan akun ini tujuannya agar berlian yang kamu dapatkan bisa tersimpan di akun yang kamu gunakan. Setelah terkumpul bisa langsung kamu tukar dengan saldo Gopay.

Cara membuat akun di MPL sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

Buka website resmi MPL id.mpl.live pada browser untuk mengunduh aplikasinya.

Setelah terunduh, pasang aplikasi pada smartphone dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Lalu, buka aplikasi MPL dan buat akun baru dengan cara memasukkan nomor HP yang masih aktif untuk mengirim kode OTP. Masukkan kode OTP untuk mengaktifkan akun.

Jika sudah terdaftar, kamu bisa langsung mencari permainan Chess pada aplikasi untuk mulai bermain.

Ketika membuka game catur pada aplikasi MPL, papan catur akan langsung terbuka pada layar. Masing-masing pemain memiliki 16 bidak catur yang bisa dimainkan untuk saling menyerang hingga salah satu pemain skakmat.

Saat bermain catur kamu harus mengatur strategi agar lawan tidak dapat mendekati bidak raja. Kamu juga harus berusaha untuk membuat bidak raja lawan skak untuk memenangkan permainan.

Jika menang, kamu bisa langsung mendapatkan berlian yang bisa ditukar dengan Gopay kapan saja. Selamat bermain!

Tips Bermain Chess MPL Agar Menang

Photo by MPL – Chess online
Bagi pemain catur online pemula, tentu sangat sulit memenangkan permainannya. Sebab, catur adalah game yang penuh dengan strategi pada setiap langkahnya. Jadi, kamu harus memiliki strategi yang tepat untuk mengalahkan lawan dengan mudah.

Untuk Pro yang baru mulai bermain catur, saya memiliki beberapa tips agar dapat memenangkan game tersebut dengan cepat. Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan.

1. Kenali Permainan Catur

Setiap permainan memiliki aturan tersendiri, begitu pula dengan catur. Untuk bisa menguasai permainannya, kamu harus paham dulu berbagai aturan termasuk cara mainnya.

Pada papan catur terdapat dua warna bidak yaitu hitam dan putih. Pemain yang mendapatkan bidak putih memiliki kesempatan untuk menjalankan bidak pertama. Lalu bergantian dengan bidak hitam dan seterusnya hingga salah satu pemain kalah.

Permainan dinyatakan berakhir apabila salah satu pemain kalah yaitu saat bidak raja skakmat oleh lawan.

Selain itu, hal yang harus kamu pahami adalah setiap bidak catur memiliki langkah yang berbeda. Jadi, tidak bisa asal maju ya, Pro. Agar lebih paham, berikut ini nama-nama bidak catur dan cara memainkannya.

Raja (King)

King atau Raja adalah bidak yang harus kamu lindungi selama permainan. Bidak Raja dapat bergerak ke segala arah tapi hanya bisa maju satu petak.

Ratu (Queen)

Queen merupakan bidak terkuat karena bisa bergerak ke segala arah tanpa ada batasan. Kamu bisa memanfaatkan Queen untuk mengalahkan lawan jadi pastikan untuk mempertahankan Queen hingga akhir permainan.

Benteng (Rook)

Benteng hanya dapat berjalan lurus baik ke kanan, kiri, atas, maupun bawah. Namun tidak memiliki batasan langkah dan bisa melakukan teknik rokade bersama Raja.

Menteri (Bishop)

Bishop merupakan bidak yang hanya bisa berjalan pada warna yang sama saja. Jika berada pada papan warna hitam maka hanya bisa bergerak secara diagonal maupun vertikal pada papan warna hitam saja. Begitu juga sebaliknya ketika berada di papan putih. Namun, Bishop tidak memiliki batasan langkah.

Kuda (Knight)

Kuda adalah satu-satunya bidak dengan langkah yang unik yaitu berbentuk L dan bisa melewati bidak lainnya.

Pion (Pawn)

Terakhir yaitu pion yang memiliki jumlah paling banyak dan ditempatkan pada bagian terdepan. Pion ini hanya bisa bergerak maju dan tidak bisa mundur. Saat langkah pertama, pion dapat bergerak maju 2 langkah.

Lalu pada langkah berikutnya hanya bisa 1 langkah saja. Untuk memakan bidak lawan, catur bisa bergerak secara diagonal atau vertikal dan tidak bisa melewati bidak yang ada tepat di depannya.

2. Pelajari Strategi Bermain Catur

Catur bukan permainan yang mudah terutama bagi para pemula. Namun, jika sudah mengetahui strategi yang tepat maka tidak akan sulit untuk bertahan dan menang.

Salah satu strategi yang sering digunakan para pro player yaitu teknik rokade. Teknik ini bertujuan untuk melindungi raja agar tidak mudah skak oleh lawan.

Teknik rokade dilakukan dengan bidak raja dan benteng. Namun, untuk melakukannya kedua bidak tersebut tidak boleh digerakkan terlebih dahulu. Lalu, bidak raja dan benteng harus berada di baris pertama.

Selain itu, antara bidak raja dan benteng tidak boleh terhalangi bidak lainnya. Raja juga harus aman atau tidak skak oleh bidak lawan.

Dengan melakukan rokade, kamu bisa menempatkan posisi raja di tempat yang aman. Tapi tentu saja posisi bidak lain juga sangat berperan penting ya, Pro. Jangan sampai bidak lain berpencar dan tidak melindungi raja.

Sebab, bidak lawan dapat mendekati raja dengan mudah jika di sekitar raja tidak ada bidak yang berjaga.

3. Mainkan Secara Rutin

Jika ingin lebih jago dan bisa menang setiap bermain Speed Chess MPL, kamu harus memainkannya secara rutin. Keuntungan dari bermain secara rutin adalah kamu jadi lebih terbiasa memainkan setiap bidaknya.

Meskipun langkah setiap bidak sudah diatur oleh sistem, bukan berarti mengetahui cara jalan setiap bidak menjadi tidak penting. Justru dengan memahami cara berjalan setiap bidak kamu bisa mengatur strategi dengan lebih mudah.

Untuk bisa menghafalkan cara jalan setiap bidak tentu tidak hanya melihat teori tapi dengan cara memainkannya secara rutin. Jadi, setiap menjalankan bidak tidak asal menjalankan tapi juga memperhitungkan setiap langkahnya.

Jangan sampai ketika baru melangkah lawan langsung memakan bidak kamu. Asal melangkah saat bermain catur juga bisa membuat lawan lebih mudah membabat habis bidakmu.

Tidak hanya itu, dengan rutin bermain kamu juga bisa mempelajari strategi yang digunakan oleh lawan. Sebab, setiap bermain kamu pasti akan bertemu dengan lawan yang berbeda.

Semakin banyak lawan yang kamu temui, semakin banyak pula strategi yang bisa kamu pelajari.

4. Tidak Patah Semangat saat Kalah

Menang kalah dalam permainan adalah hal yang sangat lumrah terjadi. Jika kamu ingin menjadi seorang Pro, maka jangan pernah patah semangat ketika kalah. Bahkan seorang pro player pun tidak selalu menang.

5. Bermain Bersama Teman

Agar lebih seru dan termotivasi, kamu juga bisa bermain game catur online dengan teman. Apalagi di MPL kamu bisa mendapatkan bonus jika berhasil mengajak teman untuk daftar dan ikut bermain juga, lho.

Bukan hanya seru tapi juga menguntungkan. Kamu juga bisa berbagi strategi bersama teman agar lebih jago.

Keuntungan Bermain Catur di MPL

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat bermain Chess di MPL.

1. Bermain dengan Jutaan Pemain Lain

Meski bermain secara online, kamu tetap bisa bermain catur dengan lawan yang nyata. Sebab, MPL sudah diunduh oleh jutaan pemain sehingga kamu bisa bertemu dengan pemain yang berbeda setiap harinya.

2. Dapatkan Hadiah Lebih Besar dengan Ikut MPL Chess League

Ingin mengukur sampai mana kemampuan bermain catur kamu? Pro bisa mengikuti MPL Chess League yang rutin diselenggarakan oleh MPL. Kamu bisa melawan para pemain catur profesional MPL dan mendapatkan hadiah.

Tentu saja hadiah dari MPL Chess League lebih banyak daripada game biasanya. Jadi sangat worth untuk kamu ikuti terutama jika sudah sering menang di permainan sehari-hari.

Kesimpulan

MPL atau Mobile Premier League adalah aplikasi yang di dalamnya terdapat puluhan game online yang bisa kamu mainkan.

Jika berhasil memenangkan permainannya, kamu bisa langsung mendapatkan Berlian Kemenangan yang dapat ditukar dengan Gopay dan 1 Berlian Kemenangan bernilai Rp 200 Kamu bisa mengumpulkan Berlian Kemenangan sebanyak-banyaknya agar dapat ditukar dengan saldo e-wallet.

Apabila ingin download game catur online kamu bisa langsung mengunduh game MPL dan langsung mainkan Speed Chess sekarang juga.

FAQ :

1. Bagaimana Bermain Catur Online di MPL?
Ketika membuka game catur pada aplikasi MPL, papan catur akan langsung terbuka pada layar. Masing-masing pemain memiliki 16 bidak catur yang bisa dimainkan untuk saling menyerang hingga salah satu pemain skakmat.

Saat bermain catur kamu harus mengatur strategi agar lawan tidak dapat mendekati bidak raja. Kamu juga harus berusaha untuk membuat bidak raja lawan skak untuk memenangkan permainan.  Jika menang, kamu bisa langsung mendapatkan berlian yang bisa ditukar dengan Gopay kapan saja. Selamat bermain!

2. Tips apa yang bisa diberikan jika ingin Bermain Chess  MPL Agar Menang?

Kenali Permainan Catur

Pelajari Strategi Bermain Catur

Mainkan Secara Rutin

Tidak Patah Semangat saat Kalah

Bermain Bersama Teman

3. Apa saja Keuntungan Bermain Catur di MPL?

Bermain dengan Jutaan Pemain Lain, Sebab, MPL sudah diunduh oleh jutaan pemain sehingga kamu bisa bertemu dengan pemain yang berbeda setiap harinya.

Dapatkan Hadiah Lebih Besar dengan Ikut MPL Chess League,Tentu saja hadiah dari MPL Chess League lebih banyak daripada game biasanya. Jadi sangat worth untuk kamu ikuti terutama jika sudah sering menang di permainan sehari-hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Military Operations in Urban Terrain (MOUT) di LATMA Yontaifib 1 Marinir dengan US SOCPAC

Jumat, 27 Mei 2022 - 04:30 WIB

Military Operations in Urban Terrain (MOUT) di LATMA Yontaifib 1 Marinir dengan US SOCPAC

Salah satu materi yang dilatihkan pada latihan bersama (latma) The Millitary to Millitary Connection (M2MC) 2022 Torchlight antara Prajurit Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Yontaifib 1 Mar)…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Jumat, 27 Mei 2022 - 04:00 WIB

PUSKOPAL Korps Marinir Raih Predikat Terbaik Tertib Administrasi

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan penghargaan berupa piagam Prestasi Predikat Terbaik Ke 2 tertib administrasi kepada Pusat Koperasi Angkatan Laut (Puskopal)…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…