Pimpinan DPR Minta Jumlah Subsidi Pupuk Ditingkatkan Dua Kali Lipat

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:33 WIB

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)
Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta pemerintah agar secepatnya subsidi pupuk kepada petani ditingkatkan dua kali lipat dari jumlah yang sudah ditetapkan pemerintah saat ini. Sebab, harga pupuk saat ini mengalami kenaikan yang sangat drastis, sehingga membuat para petani menjerit. Padahal, petani adalah ujung tombak masa depan pangan Indonesia yang tidak boleh diabaikan.

“Pemerintah tidak boleh abai dengan cara apa? Dengan cara meningkatkan subsidi pupuk minimal dua kali lipat dari yang ada sekarang. Sekaligus menata distribusi dan penyaluran pupuk yang muncul di APBN kita,” kata Gus Muhaimin, seperti dikutip industry.co.id di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, sampai hari ini distribusi pupuk belum tercukupi hingga 50 persen dari kebutuhan subsidi yang seharusnya diproduksi. Sebab itu, dia bakal memanggil kementerian terkait untuk menelusuri musabab persoalan tersebut.

“Mau tidak mau DPR akan melakukan penelusuran melalui berbagai kementerian sehingga ada langkah-langkah anggaran yang tidak abai terhadap tuntutan yang sudah lama membuat menderita para petani kita,” tegas pimpinan DPR Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) ini.

Di sisi lain, Gus Muhaimin menyatakan bahwa kelangkaan pupuk nampaknya sudah lama tidak ditangani dengan sungguh-sungguh. Padahal, sejumlah petani sudah secara langsung menyampaikan aspirasi terkait persoalan itu kepada Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Indramayu, Jawa Barat.

Kondisi ini disebut Gus Muhaimin menjadi pertanda bahwa harus ada langkah darurat dari pemerintah, serta memerlukan penanganan yang sistematis agar keluhan ini tidak berkepanjangan. Selain itu, ia juga mendorong beberapa kementerian, seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan yang terkait segera berkoordinasi dalam satu langkah-langkah yang konkret.

“(Kelangkaan pupuk) bahkan 10 tahun terakhir atau 15 tahun terakhir ini. Pak Jokowi mendapatkan keluhan ketika berkunjung ke Indramayu beberapa waktu yang lalu,” papar Gus Muhaimin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir Laksanakan Cross Country

Sabtu, 22 Januari 2022 - 05:20 WIB

Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir Laksanakan Cross Country

Dalam rangka uji kemampuan fisik, prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir laksanakan Latihan Perorangan Dasar (LPD) Tw I Tahun 2022 bertempat di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang,…

Prajurit Korps Marinir Peduli Alam Semesta dengan Tanam 10 Ribu Pohon

Sabtu, 22 Januari 2022 - 05:00 WIB

Prajurit Korps Marinir Peduli Alam Semesta dengan Tanam 10 Ribu Pohon

Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) bersama 10 satuan pelaksana (Satlak) jajaran Kolatmar, secara serentak menanam 10 ribu pohon, Jumat (21/01/2021).

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751VJS Sulap Lahan Kosong Menjadi Kolam Ikan

Sabtu, 22 Januari 2022 - 04:30 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751VJS Sulap Lahan Kosong Menjadi Kolam Ikan

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS yang beberapa bulan ke depan akan berakhir masa tugasnya, tidak membuat para personel Satgas mengendorkan kegiatan pembinaan teritorialnya.

Satgas Yonif 126 KC Bantu Mengobati Masyarakat yang Sakit Malaria

Sabtu, 22 Januari 2022 - 04:12 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Mengobati Masyarakat yang Sakit Malaria di Perbatasan RI-PNG

Atas perhatian Dansatgas kepada seluruh personel Satgas Yonif 126/KC jangan tanggung-tanggung membantu masyarakat dalam kesulitanya.

Ketua Umum Kornas-Jokowi Milenial, Riyon

Jumat, 21 Januari 2022 - 20:23 WIB

Kornas-Jokowi Milenial Tantang Wakil Wali Kota Tangsel Laporkan Pihak Sekolah Yang Lakukan Pungli

Inspektorat Kota Tangerang Selatan banyak menerima laporan masyarakat bahwa telah terjadi pungutan liar dibeberapa sekolah di Tangerang Selatan.