Tutup Tahun 2021, Kinerja Industri Keramik Gemilang, Utilisasi Produksi Catat Angka Tertinggi Sejak 2015

Oleh : Ridwan | Senin, 03 Januari 2022 - 07:15 WIB

Ketua Umum Asaki sekaligus Wakomtap Kadin Bidang Industri Semen dan Keramik Edy Suyanto
Ketua Umum Asaki sekaligus Wakomtap Kadin Bidang Industri Semen dan Keramik Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri keramik nasional di tahun 2021 mencatatkan kinerja yang cukup gemilang. Dimana, tingkat utilisasi produksi nasional mampu meningkat ke level 75%. Angaka tersebut merupakan yang tertinggi sejak tahun 2015.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto mengatakan, keberhasilan tersebut ditopang oleh kebijakan harga gas USD 6/MMBTU yang telah dirasakan manfaatnya oleh para pelaku industri keramik.

Dikatakan Edy, kebijakan tersebut mampu membantu industri keramik nasional untuk meningkatkan daya saingnya serta menggairahkan kembali optimisme industri keramik dalam negeri.

"Hal ini terlihat dari mulai adanya ekspansi baru selama tahun 2021, dimana terdapat tambahan kapasitas produksi sekitar 13 juta meter persegi (m2) dari kapasitas terpasang 538 juta m2/tahun menjadi 551 juta m2/tahun," kata Edy kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (3/1/2022).

Selain itu, lanjut Edy, jumlah produksi keramik tahun 2021 juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan sekitar 35%. "Dimana tahun 2020 total produksi berkisar 304 juta m2 dan naik ke angka 400-410 juta m2 di tahun 2021," ungkapnya.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan bahwa Asaki sangat optimis tahun 2022 tingkat utilisasi mampu meroket dari angka 75% menjadi 85%, seiring dengan keberhasilan pemerintah di dalam pengendalian pandemi Covid-19 dan target pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 5 - 5,2% di tahun 2022.

Disisis lain, pria yang menjabat sebagai Wakomtap Kadin Bidang Industri Semen dan Keramik ini juga menyebut masih ada sejumlah tantangan bagi industri keramik nasional antara lain, meningkatnya angka impor keramik asal China dan India, rencana penerapan ODOL (Over Dimension Over Loading), serta masalah keterbatasan space kontainer dan mahalnya biaya kontainer untuk ekspor.

Asaki sangat mengapresiasi kinerja Kementerian Perindustrian di bawah pimpinan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang sangat pro industri dengan kerja cepat, innovatif serta tanggap terhadap kondisi dan permasalahan yang dihadapi industri dalam negeri khususnya saat menghadapi resesi perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19.

"Disamping itu, kami juga mengapresiasi dukungan Kementerian PUPR yang sepenuhnya mendukung pemanfaatan produk keramik dalam negeri untuk properti dan infrastruktur," tutup Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Kamis, 26 Mei 2022 - 06:00 WIB

Inspektur Korps Marinir Hadiri Pembukaan RAPJ Inkopal Buku 2021

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto diwakilkan oleh Inspektur Korps Marinir (Ir Kormar) Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat, mengikuti Rapat Anggota Pertanggung…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:30 WIB

Menteri PUPR Basuki : Nilai - Nilai Pelatihan Bela Negara Implementasikan Dalam Tugas Pembangunan Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menutup penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara Batch 1 bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun…

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan latihan penyelaman bawah air dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II Aspek Laut Tahun 2022, di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah…

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…