Berkat Inovasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sosial, ANTAM Kembali Raih Peringkat PROPER EMAS 2021

Oleh : Hariyanto | Jumat, 31 Desember 2021 - 14:16 WIB

ANTAM Raih Peringkat PROPER EMAS 2021
ANTAM Raih Peringkat PROPER EMAS 2021

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas Pongkor kembali meraih Peringkat PROPER EMAS atas kinerja Perusahaan dan inovasi pengelolaan lingkungan hidup dan sosial pada periode tahun 2020-2021.

ANTAM juga meraih dua (2) Peringkat PROPER HIJAU melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat dan Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia, serta tiga (3) Peringkat PROPER BIRU melalui UBP Nikel Sulawesi Tenggara, UBP Nikel Maluku Utara dan anak usaha PT Cibaliung Sumberdaya.

Penghargaan PROPER EMAS diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dalam Anugerah Lingkungan PROPER Tahun 2021, pada Selasa, 28 Desember 2021.

"Keberhasilan ANTAM UBP Emas Pongkor dalam meraih kembali PROPER EMAS merupakan apresiasi atas upaya dan kerja keras seluruh karyawan/karyawati dalam aspek Lingkungan Hidup dan Sustainability," kata Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, I Dewa Wirantaya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (31/12/2021).

Menurutnya, program ANTAM dalam menjalankan pengelolaan lingkungan melalui program ecoinovasi geoecoedutorism, adalah salah satu keunggulan bersaing perusahaan.

"Hal ini juga merupakan keberhasilan atas komitmen Perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan sosial dan isu lingkungan lainnya yang dilakukan secara berkelanjutan sejak tahun 2015 melalui inovasi sosial Ekoriparian Ciguha yang merupakan bagian dari program CIKAL TANGKAL (Ciguha Kampung Lestari Tangguh Kawal Lingkungan)," katanya.

ANTAM juga meraih peringkat PROPER HIJAU atas komitmen Perusahaan yang  senantiasa meningkatkan efektifitas pengelolaan lingkungan dengan tidak hanya memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku, namun melalui beberapa upaya lain seperti efisiensi energi, penurunan emisi, melakukan inovasi pengelolaan limbah, menjaga keanekaragaman hayati, perencanaan pascatambang yang baik serta pengelolaan program Corporate Social Responsibility yang menambahkan penilaian penanganan pandemi Covid–19 dan penanganan bencana alam.

Sementara itu, perolehan Peringkat PROPER BIRU oleh ANTAM menunjukkan bahwa Perusahaan telah melaksanakan pengelolan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Peringkat PROPER merupakan program penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

ANTAM senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan good mining practices dalam melaksanakan kegiatan operasi di seluruh wilayah operasional Perusahaan dan akan terus berupaya meningkatkan upaya-upaya pengelolaan lingkungan guna melaksanakan keberlanjutan dan agar dapat memperoleh PROPER yang lebih baik di masa yang akan datang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…