Berkat Inovasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Sosial, ANTAM Kembali Raih Peringkat PROPER EMAS 2021

Oleh : Hariyanto | Jumat, 31 Desember 2021 - 14:16 WIB

ANTAM Raih Peringkat PROPER EMAS 2021
ANTAM Raih Peringkat PROPER EMAS 2021

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas Pongkor kembali meraih Peringkat PROPER EMAS atas kinerja Perusahaan dan inovasi pengelolaan lingkungan hidup dan sosial pada periode tahun 2020-2021.

ANTAM juga meraih dua (2) Peringkat PROPER HIJAU melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat dan Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia, serta tiga (3) Peringkat PROPER BIRU melalui UBP Nikel Sulawesi Tenggara, UBP Nikel Maluku Utara dan anak usaha PT Cibaliung Sumberdaya.

Penghargaan PROPER EMAS diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dalam Anugerah Lingkungan PROPER Tahun 2021, pada Selasa, 28 Desember 2021.

"Keberhasilan ANTAM UBP Emas Pongkor dalam meraih kembali PROPER EMAS merupakan apresiasi atas upaya dan kerja keras seluruh karyawan/karyawati dalam aspek Lingkungan Hidup dan Sustainability," kata Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, I Dewa Wirantaya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (31/12/2021).

Menurutnya, program ANTAM dalam menjalankan pengelolaan lingkungan melalui program ecoinovasi geoecoedutorism, adalah salah satu keunggulan bersaing perusahaan.

"Hal ini juga merupakan keberhasilan atas komitmen Perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan sosial dan isu lingkungan lainnya yang dilakukan secara berkelanjutan sejak tahun 2015 melalui inovasi sosial Ekoriparian Ciguha yang merupakan bagian dari program CIKAL TANGKAL (Ciguha Kampung Lestari Tangguh Kawal Lingkungan)," katanya.

ANTAM juga meraih peringkat PROPER HIJAU atas komitmen Perusahaan yang  senantiasa meningkatkan efektifitas pengelolaan lingkungan dengan tidak hanya memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku, namun melalui beberapa upaya lain seperti efisiensi energi, penurunan emisi, melakukan inovasi pengelolaan limbah, menjaga keanekaragaman hayati, perencanaan pascatambang yang baik serta pengelolaan program Corporate Social Responsibility yang menambahkan penilaian penanganan pandemi Covid–19 dan penanganan bencana alam.

Sementara itu, perolehan Peringkat PROPER BIRU oleh ANTAM menunjukkan bahwa Perusahaan telah melaksanakan pengelolan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Peringkat PROPER merupakan program penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

ANTAM senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan good mining practices dalam melaksanakan kegiatan operasi di seluruh wilayah operasional Perusahaan dan akan terus berupaya meningkatkan upaya-upaya pengelolaan lingkungan guna melaksanakan keberlanjutan dan agar dapat memperoleh PROPER yang lebih baik di masa yang akan datang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…