Menperin Pastikan Investasi di KEK Palu Masih Berjalan Normal

Oleh : Ridwan | Senin, 08 Oktober 2018 - 10:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memastikan investor yang akan masuk di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu masih berjalan normal. 

"Alhamdulillah semua investor yang akan masuk di KEK Palu masih berjalan normal," kata Menperin Airlangga di Jakarta (8/10/2018).

Oleh karena itu, Menperin mengapresiasi para investor yang ingin terus merealisasika  investasinya di KEK Palu.

Sementara untuk memfasilitasi rekonstruksi di KEK Palu, Kemenperin akan memasukkan ke dalam anggaran tahun depan. "Karena ada beberapa yang harus diperbaiki," ungkapnya.

Ditambahkan Airlangga, hingga saat ini terdapat 14 investor yang sudah berminat menanamkan modalnya di kawasan yang diresmikan pada September 2017.

"Dari 14 investor yang telah mendaftar, dua industri sudah beroperasi dan satu perusahaan sedang tahap pengerjaan konstruksi. Kami berharap, kawasan terintegrasi ini mampu membuka lapangan kerja sebanyak 51.000 orang, yang saat ini sudah menyerap 210 orang," imbubnya. 

KEK Palu berdiri di atas lahan seluas 15.000 hektare (Ha), di mana per tahun 2017 telah terealisasi hingga 482 Ha. Kawasan ini ditargetkan bisa menggaet investasi senilai Rp12,5 triliun. 

Selain itu, KEK Palu juga menjadi salah satu KEK yang berada di lokasi strategis karena berada di wilayah utara-selatan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). 

KEK Palu didukung dengan berbagai fasilitas penunjang, antara lain Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, yang memiliki panjang landasan pacu 3500 m dan kapasitas penumpang sekitar 1500 orang per hari. Jarak Bandara ke kawasan dierkirakan 23 km.

Selanjutnya, tersedia Pelabuhan Pantoloan dengan kapasitas saat ini 37.000 TEUs, yang ditargetkan dalam pengembangan mencapai 1,2 juta TEUs. Ada pula fasilitas jalan trans Sulawesi Palu - Toli-toli, Palu Outer Ring Road, dan By pass Palu - Parigi.