ASABRI Dorong Peningkatan Kesejahteraan Pensiunan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Januari 2019 - 20:00 WIB

ASABRI Dorong Peningkatan Kesejahteraan Pensiunan (Foto Dok Industry.co.id)
ASABRI Dorong Peningkatan Kesejahteraan Pensiunan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT ASABRI (Persero) terus mendorong kesejahteraan bagi para pesertanya untuk menabung tambahan (top up) dalam bentuk reksadana bernama Bahana Berimbang Asabri Sejahtera (BBAS).

"Diharapkan peserta mau menabung tambahan (top up) Rp100 ribu bulan, sehingga saat pensiun nanti, peserta mempunyai tambahan uang pensiun," kata Direktur Investasi dan Keuangan ASABRI, Hari Setianto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Menurut Hari, jika peserta baru, kemudian menabung tambahan Rp100 ribu per bulan, maka sekitar 30 tahun lagi, pada akhir masa dinasnya yang bersangkutan diproyeksikan dapat mencairkan tambahan tabungan sekitar Rp200 juta.

"Angka ini adalah sekitar empat kali lebih besar dari nilai tunai santunan dari Program Tabungan Hari Tua (THT) yang menjadi program konvensional ASABRI," ujarnya.

Sebagai insentif agar peserta mau menabung tambahan dalam reksadana Bahana Berimbang Asabri Sejahtera (BBAS) ini, maka perseroan memberikan subsidi iuran pertama senilai Rp100 ribu per peserta.

"Kita tidak mungkin memberikan subsidi tersebut kepada seluruh peserta sekaligus. Untuk itu, subsidi diberikan bertahap, dengan anggaran Rp2,5 miliar atau untuk 25 ribu peserta per tahun," urainya.

Adapun sistem yang diberikan dengan siapa cepat, dia yang dapat. Jika alokasi subsidi tersebut habis dalam satu tahun, maka peserta yang belum dapat subsidi, bisa mengajukan untuk ikut reksadana ini tahun berikutnya.

Hari menambahkan program reksadana tambahan ini dilatar belakangi keprihatinan perseroan terhadap kondisi umum pensiunan di Indonesia yang tidak memiliki bekal yang cukup untuk memasuki masa pensiun.

Untuk menopang biaya hidup setelah pensiun, sebagian besar pensiunan harus bekerja kembali, ikut hidup dengan anak, dan lebih dari 50 persen mengajukan hutang pada bank atau lembaga keuangan.

"ASABRI melihat, salah satu penyebab utama dari kondisi ini adalah karena mereka "kurang menabung" pada saat aktif bekerja," terangnya.

Dijelaskan, rasio iuran pensiun di Indonesia adalah yang terendah, jika dibandingkan dengan negara manapun di dunia.

"Melalui reksadana BBAS dan subsidi dari ASABRI, maka perseroan ingin membantu agar terhindar dari masalah-masalah tersebut dan bisa memasuki masa pensiun dengan lebih tenang dan percaya diri," tuturnya.

 

Reksadana BBAS menurut Hari, mengajari disiplin menabung dengan filosofi investasi "don’t save what is left after spending, but spend what is left after saving".

Paradigma para peserta saat ini adalah dari gaji bulanan yang ada langsung dibelanjakan, baru sisanya (kalau ada) ditabung.

Dengan BBAS mereka diminta untuk membalik paradigma, yakni dari gaji bulanan disisihkan dulu untuk nabung, baru sisanya dibelanjakan.

"Belajar disiplin menyisihkan Rp100 ribu perbulan tentunya tidak berat, tapi hasilnya pada saat pensiun sangat dapat diandalkan," tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indonesia Financial Group IFG

Jumat, 10 Mei 2024 - 07:22 WIB

Kementerian BUMN & IFG Angkat Dwi Pujiastuti Handayani Sebagai Komisaris Jasindo

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG) selaku pemegang saham PT…

Tokoh BerpengaruhPapua Profesor Hiro Taime

Jumat, 10 Mei 2024 - 06:45 WIB

Tokoh BerpengaruhPapua Profesor Hiro Taime, Tidak Ada Negara di dalam Negara

Profesor Hiro Taime, seorang tokoh Papua yang tidak pernah ragu untuk menyuarakan hak-hak Papua dalam perjuangan melawan penindasan zaman kolonial Belanda, mengungkapkan pengalamannya serta…

Adira Finance

Jumat, 10 Mei 2024 - 06:32 WIB

Hadirkan Promo SOBAT Hingga Program Umrah Untuk Sahabat, Adira Finance Area Jawa Timur Gelar Adira Expo 2024

PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) Area Jawa Timur selenggarakan Adira Expo 2024 yang bertajuk “Sering Order Banyak Tawaran (SOBAT)” pada 17-19 Mei 2024 di Suncity Mall…

Ketua MPR RI Apresiasi Penunjukan Yacht Sourcing Sebagai Dealer Eksklusif Superyacht Nomad dan Majesty di Indonesia

Jumat, 10 Mei 2024 - 05:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Penunjukan Yacht Sourcing Sebagai Dealer Eksklusif Superyacht Nomad dan Majesty di Indonesia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo dan Owner Blackstone Yacht Club Bali Bambang Soesatyo mengapresiasi penunjukan Yacht Sourcing sebagai dealer eksklusif…

Danlanud Sultan Hasanuddin Dampingi Pangkoopsud II Tinjau Posko Induk Tanggap Darurat Bencana di Kabupaten Luwu

Jumat, 10 Mei 2024 - 05:00 WIB

Danlanud Sultan Hasanuddin Dampingi Pangkoopsud II Tinjau Posko Induk Tanggap Darurat Bencana di Kabupaten Luwu

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., mendampingi Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc., meninjau…