Sepanjang Tahun 2017 Kunjungan Wisatawan ke Palembang Melonjak 300 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 15 Maret 2018 - 13:00 WIB

Kampung Al Munawar, atau Kampung Arab di Palembang, Sumatera Selatan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kampung Al Munawar, atau Kampung Arab di Palembang, Sumatera Selatan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Sepanjang tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Palembang melonjak hingga 303,63 persen, hal ini dipengaruhi oleh peran bahwa Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, mengatakan, capaian ini signifikan karena pada 2009 hanya terdapat 675.698 wisatawan ,sementara pada tahun 2017 mencapai 2.011.417 turis.

"Peningkatan ini tidak lepas dari upaya pemerintah yang terus merevitalisasi dan menambah destinasi wisata," kata dia.

Ia mengatakan tercatat hingga saat ini terdapat 64 total destinasi wisata dengan 14 destinasi wisata utama yang terdiri dari wisata alam, wisata sejarah dan budaya serta wisata hasil buatan manusia.

Menurutnya dari penambahan destinasi wisata tersebut, dari tahun ke tahun wisatawan baik manca negara dan nusantara terus merangkak naik.

Berdasarkan data PHRI Sumsel, Kantor Imigrasi Kelas 2 Kota Palembang dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang selama sembilan tahun terakhir tercatat lonjakan wisatawan mencapai 303,63 secara keseluruhan.

Sementara untuk wisatawan nusantara melonjak menjadi 297,57 dan mancanegara 324,76 persen.

"Memang yang masih tinggi itu wisatawan nusantara dibanding mancanegara, di mana pada 2017 ada 2.001.567 wisatasan nusantara sedangkan manca negara hanya 9.850 pengunjung," kata dia.

Isnaini menjelaskan, ke-14 destinasi wisata tersebut antara lain Alquran Akbar, Bukit Siguntang, BKB, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Pulau Kemaro. Kemudian ada Jakabaring Sport City, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Soedirman serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Belum lagi, lanjut dia, beberapa destinasi wisata swafoto yang baru saja diresmikan seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak dan lain sebagainya.

"Kami optimistis serapan wisatawan pada 2018 ini mencapai 2,5 juta pengunjung. Kami yakin karena Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games dan juga didukung destinasi wisata yang mumpuni untuk memanjakan wisatawan," kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, untuk pemasaran destinasi wisata di Kota Palembang pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Travel Agen (ASITA), memanfaatkan media sosial, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) serta menyediakan brosur dan peta lokasi destinasi wisata di hotel-hotel di Kota Palembang.

"Tentu kami manfaatkan media sosial yang lebih digandrungi masyarakat saat ini untuk mempromosikan semua destinasi wisata di Kota Palembang," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat permohonan maaf INDUSTRY.co.id kepda PT Grab Taxi Indonesia

Jumat, 16 November 2018 - 20:56 WIB

Industry.co.id Sampaikan Permohonan Maaf ke Grab Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Portal berita Industry.co.id merupakan portal online terdepan yang memberitakan berbagai isu - isu terkini di dunia industri. Semua pemberitaan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 16 November 2018 - 19:31 WIB

Presiden Jokowi: Masyarakat Merauke Tetap Jaga Kerukunan

Presiden Joko Widodo seusai sholat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kerukunan.

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:05 WIB

Rupiah Jumat Sore Menguat Menjadi Rp14.537

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore, menguat sebesar 128 poin menjadi Rp14.537 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.