Sepanjang Tahun 2017 Kunjungan Wisatawan ke Palembang Melonjak 300 Persen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 15 Maret 2018 - 13:00 WIB

Kampung Al Munawar, atau Kampung Arab di Palembang, Sumatera Selatan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kampung Al Munawar, atau Kampung Arab di Palembang, Sumatera Selatan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Palembang - Sepanjang tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke Palembang melonjak hingga 303,63 persen, hal ini dipengaruhi oleh peran bahwa Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, mengatakan, capaian ini signifikan karena pada 2009 hanya terdapat 675.698 wisatawan ,sementara pada tahun 2017 mencapai 2.011.417 turis.

"Peningkatan ini tidak lepas dari upaya pemerintah yang terus merevitalisasi dan menambah destinasi wisata," kata dia.

Ia mengatakan tercatat hingga saat ini terdapat 64 total destinasi wisata dengan 14 destinasi wisata utama yang terdiri dari wisata alam, wisata sejarah dan budaya serta wisata hasil buatan manusia.

Menurutnya dari penambahan destinasi wisata tersebut, dari tahun ke tahun wisatawan baik manca negara dan nusantara terus merangkak naik.

Berdasarkan data PHRI Sumsel, Kantor Imigrasi Kelas 2 Kota Palembang dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang selama sembilan tahun terakhir tercatat lonjakan wisatawan mencapai 303,63 secara keseluruhan.

Sementara untuk wisatawan nusantara melonjak menjadi 297,57 dan mancanegara 324,76 persen.

"Memang yang masih tinggi itu wisatawan nusantara dibanding mancanegara, di mana pada 2017 ada 2.001.567 wisatasan nusantara sedangkan manca negara hanya 9.850 pengunjung," kata dia.

Isnaini menjelaskan, ke-14 destinasi wisata tersebut antara lain Alquran Akbar, Bukit Siguntang, BKB, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Pulau Kemaro. Kemudian ada Jakabaring Sport City, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Soedirman serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Belum lagi, lanjut dia, beberapa destinasi wisata swafoto yang baru saja diresmikan seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak dan lain sebagainya.

"Kami optimistis serapan wisatawan pada 2018 ini mencapai 2,5 juta pengunjung. Kami yakin karena Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games dan juga didukung destinasi wisata yang mumpuni untuk memanjakan wisatawan," kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, untuk pemasaran destinasi wisata di Kota Palembang pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Travel Agen (ASITA), memanfaatkan media sosial, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) serta menyediakan brosur dan peta lokasi destinasi wisata di hotel-hotel di Kota Palembang.

"Tentu kami manfaatkan media sosial yang lebih digandrungi masyarakat saat ini untuk mempromosikan semua destinasi wisata di Kota Palembang," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:30 WIB

Waskita Karya Targetkan Total Kontrak Baru Rp55 Triliun

PT Waskita Karya (Persero) Tbk atau Waskita Karya akan menargetkan total kontrak baru sekitar Rp55 triliun selama tahun 2019.

Band Saint Loco Formasi Baru bersama Produser Nagaswara, Rahayu Kertawiguna

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:28 WIB

Band Saint Loco Muncul Lagi Dengan Format Musik Lebih Segar

Lama menghilang Grup band Saint Loco eksis lagi. Grup band aliran hiprock itu baru saja merilis single berjudul Nakal diawal tahun 2019 ini. Grup band yang kini beranggotakan, Berry Manoch (Rapper),…

Joe Taslim Jadi Pemain Sekaligus Produser Film "Hit N Run"

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:06 WIB

Joe Taslim Produseri Sekaligus Bintangi Film Hit N Run Bergenre Aksi Komedi

Di tengah maraknya film bergenre horor dan drama, munculnya sebuah film bergenre Aksi Komedi tentu bakal menarik perhatian. Itulah yang ditawarkan oleh Screenplay Films yang bekerjasama dengan…

Dirut BRI Suprajarto (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 07:30 WIB

Taspen Gandeng BRI untuk Sejahterakan ASN dan Pensiunan dalam Program Sejahtera di Purnatugas

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk kembali tunjukkan dukungannya pada sektor pemberdayaan kesejahteraan masyarakat melalui partisipasinya pada acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan…

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:30 WIB

BI Yakin Pasar Tidak "Wait and See" Jelang Pemilu

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meyakini dunia usaha dan investor tidak akan ragu dan memilih menunggu (wait and see) untuk mengeksekusi kegiatan bisnis, meskipun di dalam negeri sedang…