2017, Investasi Saham di Pasar Modal Capai Rp 212 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 24 November 2016 - 07:52 WIB

INDUSTRY.co.id - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengungkapkan pada tahun 2017 mendatang industri pasar modal diperkirakan akan mengalami peningkatan permintaan berinvestasi di instrumen saham hingga mencapai Rp 212 triliun. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan penempatan dana dari industri dana pensiun maupun perasuransian.

"Demam terhadap saham dari institusi untuk tahun depan bisa mencapai Rp212 triliun," ujarnya, di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Lebih lanjut Ia menuturkan, dana pensiun lah yang akan paling banyak menbutuhkan saham. Mengingat pada tahun depan industri ini akan meningkatkan porsi investasi di saham menjadi 30 persen dari sebelumnya sebesar 13 persen.

"Selain itu, ditambah juga oleh permintaan dari industri asuransi, serta reksa dana saham dan penempatan sebesar 5 persen dana repatriasi," jelasnya.

Hal tersebut pun diyakini akan mampu mewujudkan target BEI meraih 35 emiten baru di 2017. Tito berharap agar pemerintah ikut berpartisipasi mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk mencatatkan saham di BEI.

 "Pak Presiden Joko Widodo bilang bahwa ada kebutuhan dana sebesar Rp4.900 triliun untuk pembangunan infrastruktur. Sementara, pemerintah hanya mampu (menyediakan) Rp1.500 triliun untuk kurun lima tahun. Jadi, (pemerintah) harus memaksimalkan pasar modal,” terangnya.

Menurut Tito, melalui mekanisme penggalangan dana dari pasar modal, maka pemerintah akan mendapatkan dana jangka panjang dari masyarakat. "Caranya, jalankan privatisasi (BUMN). Buktinya jika BUMN diprivatisasi, dividen naik enam kali lipat dan pendapatan juga naik. Itu sudah ada studinya di 21 BUMN go public," ucapnya.

Dirinya juga meminta agar pemerintah tidak berlarut-larut menunggu kondisi tertentu untuk melakukan privatisasi BUMN, apalagi dengan masuknya perusahaan pelat merah ke pasar modal akan memperkuat kinerja bursa saham. ”Jadi, privatisasi akan membuat pasar modal terus membaik,” tukansnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:40 WIB

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings baru saja mengafirmasi peringkat Internasional Jangka Panjang dan Jangka Pendek (International Long-Term Foreign & Local Currency Rating) untuk…

Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition

Kamis, 09 Mei 2024 - 17:15 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Elite & Xpander Cross Elite Resmi Dijual Terbatas di RI, Segini Harganya...

Mitsubishi Motors akhirnya meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition dan Xpander Cross Elite Limited Edition di pasar otomotif Indonesia.

Kelapa Sawit (agroindonesia)

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:53 WIB

Tak Main-main, Polda Kalteng Bakal Tidak Tegas Pencurian TBS Kelapa Sawit

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mulai merespon banyaknya aduan masyarakat terkait kasus pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang marak terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

Peluncuran produk baru Indogress

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:44 WIB

Indogress Luncurkan Produk Baru Dengan Fitur Slip Guard di Megabuild dan Keramika Indonesia 2024

PT Asri Pancawarna, salah satu produsen granit porcelain tile terbesar di Indonesia dengan merek Indogress, meluncurkan rangkaian produk terbarunya di Pameran Megabuild Indonesia & Keramika…

PT Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:38 WIB

Sukses Jaga Ketahanan Pangan! Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menerima kunjungan kerja BUMD PT Kaltim Melati Bakti Satya (Perseroda) bersama Tim TPID jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan…