Semen Indonesia Jajaki Bisnis TIK Lewat Sinergi Informatika Semen Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 28 Desember 2017 - 14:59 WIB

Adel Rahadi, CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (Foto Abe)
Adel Rahadi, CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Semen Indonesia Group menjajaki bisnis industri teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia melalui PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI). Itu karena bisnis tersebut dinilai berpotensi besar untuk memenuhi kebutuhan akan industri teknologi, informasi dan komunikasi di Indonesia pada masa depan.

Menurut kelompok usaha tersebut, teknologi kini tidak lagi hanya digunakan sebagai alat dan pendukung pertumbuhan bisnis perusahaan semata, akan tetapi teknologi telah menjadi faktor utama dan faktor penentu dalam kemajuan sebuah perusahaan.

Kemajuan teknologi saat ini telah merubah tatanan bisnis di Indonesia. Transformasi bisnis adalah hal yang seringkali membuat takut para manajemen perusahaan. Itu karena manajemen harus dapat menyesuaikan diri dan membenahi seluruh proses bisnisnya.

Kendati demikian, berbagai perusahaan di Indonesia saat ini berlomba-lomba melakukan perubahan pada penggunaan teknologi informasi. Hal tersebut didorong oleh perkembangan teknologi dunia yang sangat cepat.

“Ketika pertama kali dibentuk, SISI masih menjadi unit teknologi informasi di Semen Indonesia Group. Namun seiring waktu, SISI kerapkali dijadikan rujukan bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain sebagai referensi penerapan teknologi informasi dengan baik,” ujar Adel Rahadi, CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, Kamis (28/12/2017).

Kini, demikian Adel, SISI yang didirikan oleh Semen Indonesia itu sudah genap berusia 3 tahun. Dalam usia yang relatif muda, anak usaha Semen Indonesia tersebut telah bergerak lincah tidak hanya dalam layanan teknologi informasi, sepert managed service dan konsultasi, tetapi juga telah memproduksi produk teknologi informasi dan komunikasi buatan sendiri.

“Kendati di awal kemunculannya hanya untuk mengelola kebutuhan dan operasional ICT Semen Indonesia Group, SISI berhasil tumbuh dan mendapatkan kepercayaan dari berbagai perusahaan, khususnya BUMN,” tukas Adel.

Berbekal pengalaman mengelola ICT Semen Indonesia Group selama 15 tahun, demikian Adel, SISI percaya diri untuk terus memberikan solusi melalui berbagai layanan produk yang dikembangkan, yakni konsultasi, manage service, apps development, supplier perangkat teknologi informasi hingga sistim ERP yang menjadi fokus bisnis SISI.

“Kami optimistis, SISI dapat terus mengembangkan bisnisnya juga memberikan solusi dan kepuasan bagi para pelanggannya pada 2018 mendatang,” pungkas Adel. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…