Genjot Hilirisasi Migas, BPH Migas dan ASPEBINDO Rayu Pengusaha Lokal Investasi Tangki BBM dan Jaringan Gas

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Desember 2021 - 13:21 WIB

Anggota Komite BPH Migas, Yapit Sapta Putra dan Ketua Umum ASPEBINDO, Dr. Anggawira
Anggota Komite BPH Migas, Yapit Sapta Putra dan Ketua Umum ASPEBINDO, Dr. Anggawira

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO) melaksanakan audiensi ke kantor Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) pada Selasa, (21/12/2021). Audiensi tersebut dilakukan bersama anggota Komite BPH Migas.

Pada audiensi tersebut ketua umum ASPEBINDO, Dr. Anggawira menyampaikan beberapa hal terkait komitmen ASPEBINDO mendukung proses percepatan hilirisasi energi dengan aktif melibatkan pengusaha-pengusaha lokal sebagai mitra strategis.Indonesia harus mengoptimalkan potensi sumberdaya alam dengan baik.

"Indonesia ini amat kaya dengan Gas Alam, sudah sepatutnya Indonesia bisa memanfaatkannya dengan optimal. Jaringan gas ke rumah-rumah untuk dimanfaatkan sebagai pengganti LPG tentu merupakan langkah yang bijak. Hal tersebut dikarenakan LPG kita yang masih sangat tergantung dengan pasokan impor. Saya yakin apabila ini digarap serius serta melibatkan pengusaha," ujar Anggawira yang juga Komite Investasi Kementerian Investasi/BKPM RI tersebut pada Rabu (22/12/2021).

Anggota Komite BPH Migas, Yapit Sapta Putra menyampaikan bahwa BPH Migas terus bekerja dan selalu siap bekerjasama denga dunia usaha dalan mempercepat proses hilirisasi migas untuk ketahanan energi nasional.

"Komitmen BPH Migas sudah sangat jelas, kami ingin proses hilirisasi migas di Indonesia berjalan dengan efektif dan efisien. BPH Migas siap membantu akselerasi pembangunan Jaringan Gas untuk masyarakat. BPH Migas juga mendukung pengusaha lokal untuk berinvestasi dibidang penunjang hilir migas khususnya Tangki BBM, BPH Migas juga mengajak KKKS yang memiliki Tangki Migas yang tidak digunakan untuk menampung Crude Oil untuk bisa digunakan menampung BBM." terang Yapit yang juga merupakan Dewan Pembin ASPEBINDO tersebut.

Audiensi ini merupakan langkah yang penting bagi ASPEBINDO untuk menjalin komunikasi dengan lembaga serta badan usaha yang ada di sektor pemasok energi. ASPEBINDO akan terus berkontribusi untuk mempercepat proses hilirisasi energi. Indonesia dengan segenap kekayaan alamnya harus mampu memastikan seluruh rakyat Indonesia dapat memanfaatkan energi yang dihasilkan untuk kegiatan-kegiatan produktif.

DPP ASPEBINDO akan terus melaksanakan audiensi serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Mulai dari pemerintahan, dunia usaha, hingga asosiasi atau organisasi lainnya. Sebagai asosiasi yang telah diakui oleh KADIN, ASPEBINDO akan terus aktif menyampaikan pikiran, ide, dan saran dari para anggotanya ke stake holder terkait.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…