Komitmen PLN Batam Bantu Edukasi UMKM Naik Kelas

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Desember 2021 - 10:00 WIB

Komitmen PLN Batam Bantu Edukasi UMKM Naik Kelas
Komitmen PLN Batam Bantu Edukasi UMKM Naik Kelas

INDUSTRY.co.id - Batam- PLN Batam berkomitmen membuat program agar UMKM Naik Kelas yang dibuka oleh Direktur Utama PLN Batam, Nyoman S. Astawa. Pemaparan company profile oleh Corporate Secretary PLN Batam, Hamidi Hamid, dan narasumber inspiratif yang memulai usaha dengan taraf UMKM, tapi sekarang menjadi pengusaha nasional di bidang F&B, yaitu Founder & CEO Baba Rafi Enterprise, Hendy Setiono.

Direktur Utama PLN Batam, Nyoman S. Astawa, menyatakan bahwa dalam situasi pandemi covid-19 ini, kesehatan menjadi sangat penting. Dengan munculnya varian omicron juga belakang ini harus meningkatkan kewaspadaan kita semua dan tangguh dalam menghadapi pandemi ini.

"PLN Batam yang merupakan anak usaha dari BUMN  PT. PLN (Persero), tentunya memiliki kepentingan dan kewajiban kepada seluruh pelanggan yang kami layani dan juga berkontribusi kepada masyarakat luas, khususnya kepada masyarakat yang terdampak pendemi covid-19 di  lingkungan wilayah  usaha perusahaan, melalui program CSR PLN telah membantu masyarakat diantaranta bantuan peralatan kesehatan terhadap tenaga medis dan bantuan sembako kepada masyarakat” ujar Nyoman pada Kamis (16/12/2021).

Nyoman menambahkan tantangan pandemi covid-19 ini menjadi tantangan bersama kita semua, perubahan teknologi yang begitu cepat, pola-pola berbisnis yang berubah sehingga kita harus beradaptasi cepat dan tepat. Dalam rangka komitmen PLN Batam dalam membantu para pelaku UMKM melaksanakan Webinar dengan tema UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital. Nara sumber dalam webinar tersebut berasal dari Lokal dan Nasional. Webinar diikuti oleh para pelaku lokal dan nasional dengan jumlah peserta lebih dari 100 orang.

Salah satu bisnis yang sedang berkembang dengan pesat di situasi pandemi covid-19 adalah bisnis kuliner atau F&B dengan berbagai tantangan serta peluang bagi siapa saja yang mampu beradaptasi dengan mengikuti perkembangannya dengan baik.

Founder & CEO Baba Rafi Enterprise, Hendy Setiono, menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi peluang yang terbuka adalah usaha yang dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti bisnis kesehatan, pendidikan dan bisnis kuliner atau F&B.

"Bisnis F&B salah satu bisnis yang menjanjian karena, pertama inovasinya mudah misalnya dengan menambah topping, bumbu, atau bahan baku tertentu sudah menjadi inovasi baru. kedua Lokasi Fleksibel, dibantu dengan online platform, kini lokasi bukan menjadi sebuah masalah yang serius lagi. Ketiga profit berlipat dengan bahan mentah F&B cendereng terjangkau, dengan inovasi akan menghasilkan profit maksmial," ujar Hendy yang juga merupakan Ketua Kompartemen Pengembangan UMKM BPP HIPMI.

 

Hendy menambahkan tantangan dalam bisnis F&B adalah kompetisi ketat yang dimana ada gula ada semut dan pemain F&B tumbuh silih berganti. Food safety issue, dimana isu kesehatan makanan terus menjadi wajib harus dipenuhi dan teknologi berubah sehingga bisnis ini harus terus beradaptasi. Hal ini yang menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM yang ingin naik kelas khususnya bisnis F&B.

Selain Hendy narasumber webinar yang tak kalah menarik perhatian paserta adalah Yuswohadi managing partner Inventure dan pakar marketing serta Lisya Anggraini yang telah banyak membantu mendampingi para melaku UMKM di Batam Naik Kelas.

“Kami berharap PLN Batam dapat terus berkontribusi kepada UMKM khususnya di  wilayah usaha perusahaan dapat Naik Kelas dengan menerapkan prinsip-prinsip yang diberikan oleh para nara sumber yang pakar di bidang UMKM,” ungkap Yuswohady.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Microsoft (foto Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:15 WIB

Microsoft Rilis Hasil Penelitian dan Teknologi Baru untuk Mendukung Kerja Hybrid di Indonesia

Microsoft Corp. telah merilis laporan Work Trend Index tahunan keduanya, bertajuk “Great Expectations: Making Hybrid Work Work.” Laporan tersebut memberikan insights agar dapat mengakomodasi…

Clinton Augusto

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:00 WIB

Clinton Augusto Bagikan Tips Menaikan Berat Badan Secara Alami dengan RimbaLife

Punya badan kurang berisi tidak selamanya menjadi dambaan setiap orang, Banyak Orang yang masih bingung atau mungkin udah menyerah untuk bisa menaikan berat badannya, bahkan banyak yang melakukan…

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.