DPR Nyatakan Dukungan Kepada Krakatau Steel untuk Perkuat Industri Besi dan Baja Nasional, Ini Alasannya

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Desember 2021 - 12:13 WIB

Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima
Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pimpinan Komisi VI DPR menyatakan dukungan terhadap PT Krakatau Steel untuk memperkuat industri besi dan baja kedepannya. Pasalnya, permintaan dan kebutuhan terhadap besi dan baja menjadi faktor penting dalam mendukung  proyek strategis nasional dan Krakatau Steel menjadi ujung tombak terhadap industri ini.

"Saya melihat pasar baja Indonesia maupun global akan terus meningkat. Sebagai gambaran kebutuhan baja Indonesia saat ini sekitar 15 Juta ton sementara produksi total nasional hanya 13 Juta. Diperkirakan kebutuhan baja Indonesia akan menjadi di atas 20 Juta pada tahun 2025," kata Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima dalam  Forum Dialog HIPMI berjudul Penguatan Industri Baja Nasional: Transformasi Krakatau Steel di Tengah Pandemi, Senin, (13/12/2021).

Seperti diketahui, emiten dengan kode saham KRAS  ini berhasil membukukan keuntungan lebih dari Rp1 Triliun pada tahun 2021. Sebelumnya PT Krakatau Steel mengalami kerugian selama 8 tahun berturut turut sejak 2012 hingga 2019 dan memiliki beban utang yang tinggi.

Menanggapi capaian Krakatau Steel Aria menambahkan tetap perlu ada perbaikan pada tata kelola industri besi dan baja nasional. Hal ini disebabkan masih rendahnya penyerapan produk baja nasional akibat membanjirnya baja impor dengan harga yang lebih murah.

“Saya mendorong PT Krakatau Steel untuk terus berinovasi agar produk baja kita dapat bersaing dengan harga dan kualitas yang baik” terang Aria.

Terkait utang krakatau steel yang mencapai Rp31 Triliun Aria menerangkan hal tersebut terjadi akibat pengeluaran investasi yang belum menghasilkan sesuai rencana. Namun Aria menilai Krakatau Steel masih memiliki kemampuan secara positif untuk dapat menyelesaikan hutang hutangnya, karena perusahaan masih memiliki ekuitas positif.

“Saat ini Krakatau Steel memiliki kewajiban jangka pendek untuk membayar hutang yang jatuh tempo pada akhir tahun ini kepada Bank Himbara sebesar USD200,000,000. Secara hitung hitungan matematis sederhana, seharusnya Krakatau Steel mampu menyelesaikan masalah hutang jangka pendek , karena memiliki aset lancar sebesar USD835,342,000. Kami di DPR RI juga akan terus mendukung upaya Krakatau Steel untuk menyelesaikan kewajibannya,” tambah Aria.

Menurut Aria, dukungan itu sangat penting, mengingat Krakatau Steel berhasil membukukan kinerja positif di tahun 2020 dan 2021. Selain itu Ia juga menambahkan akan terdapat banyak dampak negatif bagi masyarakat dan negara jika Krakatau Steel berhenti beroperasi.

"Jadi menurut kami saat ini perlu dilakukan penyelesaian masalah beban keuangan meskipun sifatnya hanya jangka pendek. Selain itu diperlukan dana tambahan yang dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki kompetensi di industri ini untuk membuka kesempatan Krakatau Steel memiliki kinerja yang lebih baik di masa mendatang," jelas politikus Partai PDIP tersebut.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa Komisi VI DPR RI bersama pemerintah saat ini tengah membuat kebijakan kebijakan yang mendukung penguatan industri besi dan baja nasional kedepannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…