DPR Nyatakan Dukungan Kepada Krakatau Steel untuk Perkuat Industri Besi dan Baja Nasional, Ini Alasannya

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 Desember 2021 - 12:13 WIB

Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima
Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pimpinan Komisi VI DPR menyatakan dukungan terhadap PT Krakatau Steel untuk memperkuat industri besi dan baja kedepannya. Pasalnya, permintaan dan kebutuhan terhadap besi dan baja menjadi faktor penting dalam mendukung  proyek strategis nasional dan Krakatau Steel menjadi ujung tombak terhadap industri ini.

"Saya melihat pasar baja Indonesia maupun global akan terus meningkat. Sebagai gambaran kebutuhan baja Indonesia saat ini sekitar 15 Juta ton sementara produksi total nasional hanya 13 Juta. Diperkirakan kebutuhan baja Indonesia akan menjadi di atas 20 Juta pada tahun 2025," kata Wakil Ketua Komisi VI Aria Bima dalam  Forum Dialog HIPMI berjudul Penguatan Industri Baja Nasional: Transformasi Krakatau Steel di Tengah Pandemi, Senin, (13/12/2021).

Seperti diketahui, emiten dengan kode saham KRAS  ini berhasil membukukan keuntungan lebih dari Rp1 Triliun pada tahun 2021. Sebelumnya PT Krakatau Steel mengalami kerugian selama 8 tahun berturut turut sejak 2012 hingga 2019 dan memiliki beban utang yang tinggi.

Menanggapi capaian Krakatau Steel Aria menambahkan tetap perlu ada perbaikan pada tata kelola industri besi dan baja nasional. Hal ini disebabkan masih rendahnya penyerapan produk baja nasional akibat membanjirnya baja impor dengan harga yang lebih murah.

“Saya mendorong PT Krakatau Steel untuk terus berinovasi agar produk baja kita dapat bersaing dengan harga dan kualitas yang baik” terang Aria.

Terkait utang krakatau steel yang mencapai Rp31 Triliun Aria menerangkan hal tersebut terjadi akibat pengeluaran investasi yang belum menghasilkan sesuai rencana. Namun Aria menilai Krakatau Steel masih memiliki kemampuan secara positif untuk dapat menyelesaikan hutang hutangnya, karena perusahaan masih memiliki ekuitas positif.

“Saat ini Krakatau Steel memiliki kewajiban jangka pendek untuk membayar hutang yang jatuh tempo pada akhir tahun ini kepada Bank Himbara sebesar USD200,000,000. Secara hitung hitungan matematis sederhana, seharusnya Krakatau Steel mampu menyelesaikan masalah hutang jangka pendek , karena memiliki aset lancar sebesar USD835,342,000. Kami di DPR RI juga akan terus mendukung upaya Krakatau Steel untuk menyelesaikan kewajibannya,” tambah Aria.

Menurut Aria, dukungan itu sangat penting, mengingat Krakatau Steel berhasil membukukan kinerja positif di tahun 2020 dan 2021. Selain itu Ia juga menambahkan akan terdapat banyak dampak negatif bagi masyarakat dan negara jika Krakatau Steel berhenti beroperasi.

"Jadi menurut kami saat ini perlu dilakukan penyelesaian masalah beban keuangan meskipun sifatnya hanya jangka pendek. Selain itu diperlukan dana tambahan yang dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki kompetensi di industri ini untuk membuka kesempatan Krakatau Steel memiliki kinerja yang lebih baik di masa mendatang," jelas politikus Partai PDIP tersebut.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa Komisi VI DPR RI bersama pemerintah saat ini tengah membuat kebijakan kebijakan yang mendukung penguatan industri besi dan baja nasional kedepannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bus Uncal, Bus Wisata Bogor (Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Keliling Bogor Gratis Naik Bus Uncal, Ini Rute dan Jadwalnya

Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kota Bogor bisa naik bus Uncal. Ya, bus wisata gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor ini melayani wisatawan atau warga keliling kota hujan.

Artis Budhila

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Budhila Mantan Manajer Aliando Syarief Kembali Ramaikan Industri Musik Nasional

Budhila bukan atas kemauannya berkat dorongan keluarga dan sahabatnya yang menyukai karakter suaranya.

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…