Second Communication Bantu UKM & UMKM Tingkatkan Brand Image

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 15 Desember 2021 - 08:18 WIB

Second Communication Bantu UKM & UMKM Tingkatkan Brand Image
Second Communication Bantu UKM & UMKM Tingkatkan Brand Image

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Brand Image merupakan hal penting yang harus diperhatikan para pelaku usaha. Melalui kualitas merek yang kuat, sebuah brand bisa memiliki ikatan dengan konsumen dan mendapatkan loyalitas mereka. Sayangnya belum banyak yang mengerti peran brand image termasuk para pelaku UKM & UMKM.

Menurut Philip Kotler yang dijuluki  Father of Marketing Modern brand image adalah adalah ide, kesan, atau bahkan keyakinan seseorang terhadap sebuah merek (brand). Persepsi konsumen ini yang akan menentukan minat beli terhadap brand tersebut.

Salah satu upaya dalam membentuk brand image adalah melakukan publikasi media, terutama di media online yang mana mudah diakses oleh konsumen. Ketika suatu brand pernah diliput oleh media, maka dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap brand.

Maka dari itu, Second Communication berinisiasi untuk melakukan kampanye  “UKM Melek Brand Image” yang bertujuan membantu para UKM & UMKM melakukan publikasi di media online dengan mudah. Hal ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan citra merek yang dijual UKM & UMKM untuk mendorong penjualan mereka.

Second Communication mengerti bahwa tidak semua UKM & UMKM sudah melakukan jualan online secara masif dan masih membutuhkan bantuan dalam prosesnya. Menurut data tahun 2021 oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, dari total 64 juta pelaku UMKM di Indonesia, hanya 13,7 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online.

"Banyak hal yang mempengaruhi keadaan ini, mulai dari kurangnya edukasi dan informasi yang diterima para UKM & UMKM tentang pentingnya platform online untuk meningkatkan brand image dalam menunjang penjualan produk mereka, hingga tak adanya waktu yang dimiliki UKM karena harus melakukan produksi seorang diri, mangkanya kita coba bantu" tutur Andi Mardana, Founder Second Communication.

Second Communication terus mengajak para UKM & UMKM untuk menggunakan platform online dalam melakukan branding melalui publikasi di media, terlebih di masa pandemi ini untuk membantu meningkatkan kualitas merek mereka. Nantinya dalam proses publikasi tersebut, para pelaku UKM & UMKM akan dibantu mulai dari pembuatan press release hingga artikel berita tayang di media online.

Melalui kampanye “UKM Melek Brand Image” para pelaku UKM didorong untuk memiliki akun jualan secara online baik di media social ataupun marketplace untuk memudahkan calon konsumen mencari tahu dan membeli produk mereka. Adapun biaya publikasi media yang ditawarkan oleh Second Communication untuk para pelaku UKM dibuat lebih terjangkau agar bisa membantu seluruh pelaku UKM & UMKM di Indonesia.

"Tujuanya kan bantu UKM & UMKM mangkanya harganya lebih terjangkau, kita mau sama-sama bertumbuh" tambah Lisna Setiani, Co-Founder Second Communication.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…