Second Communication Bantu UKM & UMKM Tingkatkan Brand Image

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 15 Desember 2021 - 08:18 WIB

Second Communication Bantu UKM & UMKM Tingkatkan Brand Image
Second Communication Bantu UKM & UMKM Tingkatkan Brand Image

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Brand Image merupakan hal penting yang harus diperhatikan para pelaku usaha. Melalui kualitas merek yang kuat, sebuah brand bisa memiliki ikatan dengan konsumen dan mendapatkan loyalitas mereka. Sayangnya belum banyak yang mengerti peran brand image termasuk para pelaku UKM & UMKM.

Menurut Philip Kotler yang dijuluki  Father of Marketing Modern brand image adalah adalah ide, kesan, atau bahkan keyakinan seseorang terhadap sebuah merek (brand). Persepsi konsumen ini yang akan menentukan minat beli terhadap brand tersebut.

Salah satu upaya dalam membentuk brand image adalah melakukan publikasi media, terutama di media online yang mana mudah diakses oleh konsumen. Ketika suatu brand pernah diliput oleh media, maka dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap brand.

Maka dari itu, Second Communication berinisiasi untuk melakukan kampanye  “UKM Melek Brand Image” yang bertujuan membantu para UKM & UMKM melakukan publikasi di media online dengan mudah. Hal ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan citra merek yang dijual UKM & UMKM untuk mendorong penjualan mereka.

Second Communication mengerti bahwa tidak semua UKM & UMKM sudah melakukan jualan online secara masif dan masih membutuhkan bantuan dalam prosesnya. Menurut data tahun 2021 oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, dari total 64 juta pelaku UMKM di Indonesia, hanya 13,7 juta UMKM yang sudah memanfaatkan platform online.

"Banyak hal yang mempengaruhi keadaan ini, mulai dari kurangnya edukasi dan informasi yang diterima para UKM & UMKM tentang pentingnya platform online untuk meningkatkan brand image dalam menunjang penjualan produk mereka, hingga tak adanya waktu yang dimiliki UKM karena harus melakukan produksi seorang diri, mangkanya kita coba bantu" tutur Andi Mardana, Founder Second Communication.

Second Communication terus mengajak para UKM & UMKM untuk menggunakan platform online dalam melakukan branding melalui publikasi di media, terlebih di masa pandemi ini untuk membantu meningkatkan kualitas merek mereka. Nantinya dalam proses publikasi tersebut, para pelaku UKM & UMKM akan dibantu mulai dari pembuatan press release hingga artikel berita tayang di media online.

Melalui kampanye “UKM Melek Brand Image” para pelaku UKM didorong untuk memiliki akun jualan secara online baik di media social ataupun marketplace untuk memudahkan calon konsumen mencari tahu dan membeli produk mereka. Adapun biaya publikasi media yang ditawarkan oleh Second Communication untuk para pelaku UKM dibuat lebih terjangkau agar bisa membantu seluruh pelaku UKM & UMKM di Indonesia.

"Tujuanya kan bantu UKM & UMKM mangkanya harganya lebih terjangkau, kita mau sama-sama bertumbuh" tambah Lisna Setiani, Co-Founder Second Communication.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.