Gaet Wisatawan Domestik, Sulsel Berbenah dan Kembangkan Pariwisata di Tengah Pandemi

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 10 Desember 2021 - 19:30 WIB

Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan (Ist)
Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pandemi yang berlangsung hampir dua tahun sangat berdampak pada sektor pariwisata dunia, bahkan di Indonesia. Namun, angin segar pun datang, kini pariwisata Indonesia mulai bangkit perlahan-lahan. Kunjungan wisatawan pun mulai berdatangan ke berbagai daerah.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat dan gencarnya vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah pun sangat berpengaruh untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Peran pemerintah daerah pun juga berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan, seperti mempromosikan pariwisata dan membenahi potensi wisata di daerahnya. 

Ketua DPD Asita Sulawesi Selatan Didi Leonardo Manaba mengatakan selama pandemi Sulawesi Selatan terus mengembangkan potensi wisata. Kami mencoba mempromosikan serta membenahi potensi wisata yang ada di Indonesia timur bagian timur ini. 

"Makanya, hikmah pandemi ini kami bisa berbenah dan mencoba membuat potensi yang ada di Sulawesi Selatan untuk bisa terjual dan menggerakan wisatawan domestik," katanya saat acara 'Di Indonesia Saja' di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta, Jumat (10/12/202). 

Namun, sayangnya walau pariwisata Indonesia sudah mulai bangkit kunjungan wisatawan internasional pun tidak mengalami peningkatan. Maka dari itu, Didi menjelaskan bahwa ia kini berfokus untuk menggaet kunjungan wisatawan domestik.

"Kami melihat jelas susahnya mendatangkan wisatawan internasional ke Indonesia. Maka, kami pun berfokus untuk menggerakan kunjungan wisatawan domestik dengan mulai membenahi potensi wisata yang ada. Kami juga bersyukur kini tidak diterapkan tes PCR lagi, dan PPKM pun dibatalkan. Namun, kita harus tetap sadar bahwa masyarakat pun harus tetap mematuhi prokes," jelasnya.

Lebih lanjut, Didi juga mengungkapkan di pandemi ini pun ada beberapa perubahan perilaku wisatawan ketika berkunjung. Ia menjelaskan, kini wisatawan lebih minat kepada sport tourism, atau kini wisatawan lebih memilih berkunjung ke desa wisata. Bahkan, kini beberapa daerah juga sedang mengembangkan wellness tourism (wisata sehat).

"Perubahan perilaku wisatawan membuat kita lebih membenahi potensi wisata. Misalnya, mungkin wisatawan sudah tidak ingin menginap di kota, tetapi mereka lebih pilih desa wisata. Lalu, sekarang yang didorong oleh Kementerian yaitu wellness tourism. Di mana, kami mulai mencoba menggandeng UMKM di Makassar untuk membahas bagaimana mereka yang mempunyai usaha jamu, hermal bisa mendukung program ini. Selain itu, aktifitas yoga dan refleksi tradisional coba diangkat sehingga wisatawan bisa diarahkan. Jadi, tidak hanya berwisata tapi mind and soul mereka tetap terjaga," bebernya. 

Ia pun berharap, di tahun depan pasar wisatawan domestik maupun internasional dibuka kembali. Agar, pariwisata Indonesia mulai bangkit dan pulih akibat pandemi Covid-19. 

"Makassar sebagai salah satu kota Sulawesi Selatan sangat diuntungkan dengan pergerakan wisatawan. Namun sekarang akses transportasinya sempat tutup, banyak airlines yang mengurangi jumlah penumpangnya. Maka, saya berharap di tahun depan sudah dibuka kembali dan secara masif dijalankan kembali," pungkas Didi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”