Kompetensi Digital Guru untuk Pengajaran Online Harus Terus diperbaharui

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Desember 2021 - 16:45 WIB

Literasi Digital
Literasi Digital

INDUSTRY.co.id - Komunitas akademik dalam sistem pendidikan yang banyak mengalami perubahan saat ini harus mendukung civitas di dalamnya. Apalagi sejak era digital yang kini dalam pembelajaran menerapkan sistem online di rumah.

Aisyiah Ulfah Guru TK Bina Harapan III Cinere mengatakan, pendidikan di era digital sangat cepat berubah. Dari sebelumnya yang konvensional sejak pandemi tenaga pendidik, murid, dan orang tua dituntut untuk bisa saling mendukung.

“Seperti perlunya inovasi metode pembelajaran baru, membuat perlunya keterlibatan sekolah dan masyarakat,” kata Aisyiah saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Apalagi untuk para guru yang dalam memberikan bahan ajar saat sekolah online harus terus meningkatkan metode ajar agar murid tidak gampang bosan. Guru harus selalu memperbarui kompetensi dirinya agar anak didik bisa lebih berkembang sesuai zaman.

Lebih lanjut dia mengatakan peran teknologi komunikasi dan informasi dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia meliputi beberapa hal. Seperti sumber bahan ajar yakni ilmu pengetahuan di era digital yang terus berkembang cepat, membuat metode pembelajaran harus menyesuaikan dengan digitalisasi.

Kemampuan digital sebagai kompetensi seperti penggunaan Teknologi Informasi Komputer (TIK) haruslah proporsional menjangkau semua lapisan masyarakat, kemudian fenomena di kelas online membuat guru harus inovatif. 

"Hal ini pun membuat tenaga pengajar harus terus meningkatkan kompetensinya. Tetapi perlu juga didukung sekolah, di mana lembaga pendidikan harus terus meningkatkan kredibilitas," pungkasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning, Taufik Hidayat, Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf, dan Tabitha Purba, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…