BSI Bersama Yayasan BSMU Luncurkan Program BSI Scholarship

Oleh : Wiyanto | Kamis, 02 Desember 2021 - 17:29 WIB

 Wakil Direktur Utama 1 BSI, Ngatari; Direktur Eksekutif Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat, Sukoriyanto Saputro; Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia, Komaruddin Hidayat; dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek), Nizam dalam sesi foto bersama awardee BSI Scholarship peluncuran Program BSI Scholarship
Wakil Direktur Utama 1 BSI, Ngatari; Direktur Eksekutif Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat, Sukoriyanto Saputro; Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia, Komaruddin Hidayat; dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek), Nizam dalam sesi foto bersama awardee BSI Scholarship peluncuran Program BSI Scholarship

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat komitmennya untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program pendidikan dengan meluncurkan beasiswa BSI Scholarship bersama Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU).

BSI Scholarship adalah wujud kepedulian Bank Syariah Indonesia dalam penguatan kualitas pendidikan generasi milenial di Tanah Air. Meski baru secara resmi diluncurkan, sebanyak 4.418 mahasiswa sudah mendaftar untuk mengikuti BSI Scholarship. Namun hanya 463 mahasiswa yang terpilih sebagai awardee. Para mahasiswa yang terpilih berasal dari 38 universitas ternama di Indonesia.

Wakil Direktur Utama 1 BSI Ngatari menyampaikan, program ini menjadi bentuk keseriusan pihaknya dalam membangun generasi muda yang bermartabat dengan memiliki pendidikan yang tinggi. Sehingga diharapkan para mahasiswa penerima BSI Scholarship dapat menjadi motor penggerak ekonomi syariah yang kompeten, dan memiliki akhlak yang mulia serta dapat memberikan kontribusi optimal bagi bangsa Indonesia.

“Semoga program ini dapat menjadi spirit BSI untuk terus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia,” kata Ngatari.

Dalam peluncuran BSI Scholarship ini, dibahas juga mengenai tips bagi para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan dan menjadi shariah young leader di masa yang akan datang. Ngatari menegaskan bahwa BSI Scholarship hadir untuk membentuk para pemimpin masa depan umat yang berkarakter, amanah dan dapat menjadi teladan serta mampu berkontribusi khususnya dalam bidang industri ekonomi syariah.

Hadir pada kesempatan ini Direktorat Jenderal (Dirjen) Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek), Nizam; Tokoh Ekonomi Syariah, Syafii Antonio; CEO Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat; Direktur Lembaga Beasiswa BAZNAS, Sri Nurhidayah; Wakil Direktur Utama 1 BSI, Ngatari; Direktur Compliance & Human Capital BSI, Tribuana Tunggadewi; Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia, Komaruddin Hidayat; Ketua Umum Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat, Suhendar; dan Direktur Eksekutif Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat, Sukoriyanto Saputro.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Eksekutif Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat Sukoriyanto Saputro menyampaikan, melalui program BSI Scholarship mahasiswa akan mendapatkan beberapa fasilitas. Di antaranya adalah bantuan uang pendidikan selama 2 tahun, bimbingan kepemimpinan dan pembangunan karakter.

“Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan literasi ekonomi dan keuangan syariah; pendanaan dan pendampingan social project; mentorship pimpinan bank syariah dan magang di industri ekonomi syariah,” ujarnya melengkapi.

Acara peluncuran BSI Scholarship itu pun dihadiri pula Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek) Nizam. Dia mengapresiasi BSI dan Yayasan BSMU terkait dengan kepeduliannya terhadap sektor pendidikan.

“Kami memberikan apresiasi terkait beasiswa yang diberikan, diharapkan hal ini bisa menjadi salah satu sumbangsih kita untuk membantu mahasiswa kurang mampu yang berprestasi,” kata Nizam.

Menurut Nizam Indonesia saat ini masuk dalam masa bonus demografi. Bonus demografi ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan meningkatkan kualitas SDM Indonesia agar bisa lebih kreatif, inovatif, berdaya saing dan berakhlak mulia.

Penyaluran Ziswaf

Selain bekerja sama dalam mendukung program pendidikan, sebelumnya BSI dan Yayasan BSMU telah lebih dahulu berkolaborasi meningkatkan penyaluran zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF).

Hingga September 2021, BSI telah menyalurkan dana ZIS melalui Yayasan BSMU sebesar Rp48 miliar. Penyaluran dana ZIS ini dilakukan ke berbagai bidang di antaranya pendidikan, kemanusiaan, dan pembinaan usaha bagi UMKM.

Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) yang telah mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Agama (Kemenag) per November 2021. Daftar LAZ dari Kemenag ini baik berasal dari Lembaga Amil Zakat nasional hingga skala kabupaten/kota.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”