HIPMI Apresiasi Launching KRASmart: Ini Bentuk Hilirisasi & Pertumbuhan Industri Baja Indonesia Makin Baik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 30 November 2021 - 07:00 WIB

Pengusaha Mardani H Maming
Pengusaha Mardani H Maming

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengapresiasi emiten produsen baja Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) dalam melaunching inovasi digital aplikasi bernama Kras Mart. Peluncuran aplikasi ini untuk meningkatkan pelayanan pada konsumen.

Transformasi digital di KRAS juga sudah dimulai dengan membangun Digital Control Tower (DCT) yang memberikan informasi secara real time aktivitas operasional, komersial, keuangan hingga penjualan. Produk digital yang sudah diimplementasi bagi user internal dan eksternal adalah aplikasi berbasis mobile apps dan web based, Sales Go, yang membantu memudahkan pengecekan aktivitas penjualan.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming menilai sekak Krakatau Steel dipimpin oleh Silmy Karim, Krakatau Steel mengalami perkembangan yang signifikan. Dimulai dari pembenahan internal, hingga Laba perusahaan yang besar dan juga Krakatau Steel lebih dekat dengan masyarakat.

"HIPMI mengapresiasi atas peluncuran KRASmart. Ini merupakan bentuk hilirisasi dan pertumbuhan Krakatau Steel dan industri baja Indonesia yang semakin baik. Kami juga kagum Krakatau Steel yang semakin baik di usianya yang lebih dari setengah abad. Kita ketahui bahwa sejak Krakatau Steel dinahkodai oleh Pak Silmy Karim, banyak pertumbuhan yang signifikan, seperti laba operasi pada 2020 mencapai Rp 2,4 triliun padahal di tengah masa pandemi dan semoga dapat mencapai target peningkatan laba sebesar 43 persen di tahun ini," ujar Maming,  di Jakarta (29/11/2021).

Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu menambahkan bahwa banyak terobosan dan gebrakan yang dilakukan oleh Direktur Utama PT. Krakatau Steel Silmy Karim baik untuk pertumbuhan Krakatau Steel ataupun gerakan sosial selama pandemi Covid-19.

"Banyak terobosan dan gebrakan yang telah dilakukan oleh Krakatau Steel sepanjang tahun 2021 seperti merilis produk barunya yakni bondek, launching KRAS Mart marketplace dan lain-lain. Kami yakin, pertumbuhan Krakatau Steel akan sangat signifikan," ucapnya.

Selain itu, di sisi sosial, HIPMI melihat banyak program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan hal tersebut merupakan kebutuhan di masa pandemi ini, seperti bantuan oksigen medis dan penyelenggaraan vaksinasi. Maming berharap, ke depannya Krakatau Steel semakin besar dan semakin dekat dengan masyarakat.

"HIPMI sebagai wadah pengusaha muda merasa bangga dengan capaian-capaian Krakatau steel. Harapan besar agar perusahaan BUMN ini tetap menjadi perusahaan baja kebanggaan nasional," ungkap CEO PT Maming Enam Sembilan Group yang membawahi 56 entitas anak perusahaan itu.

Selain itu, Krakatau Steel juga terus meningkatkan kinerja pasca restrukturisasi dan transformasi secara menyeluruh. Restrukturisasi dan transformasi mengubah Krakatau Steel menjadi perusahaan sehat dan berdaya saing setelah delapan tahun merugi.

"Upaya peningkatan ekspor menjadi bagian dari strategi Krakatau Steel membantu kinerja penjualan produk baja Krakatau Steel di masa pandemi," tuturnya.

Menurutnya, peningkatan kualitas SDM setelah dilakukannya restrukturisasi merupakan kunci sukses dari keberhasilan transformasi sehingga Krakatau Steel terus mendorong talenta-talenta terbaiknya untuk bekerja dan menghasilkan kontribusi yang berdampak pada kinerja.

"Dalam hal restrukturisasi keuangan, Krakatau Steel melakukan restrukturisasi hutang pada 2020 yang pada saat itu menjadi restrukturisasi terbesar di Indonesia dengan jumlah Rp 29 triliun. Melalui restrukturisasi hutang, Krakatau Steel dapat menurunkan total beban bunga hutang selama sembilan tahun dari Rp 12,3 triliun menjadi Rp 6,7 triliun sehingga total penghematan yang didapat dari restrukturisasi hutang tersebut adalah sebesar Rp 9,9 triliun," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…