Keren! 2025, Korea Selatan Bakal Punya Kota Terapung Pertama di Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 29 November 2021 - 12:25 WIB

Kota Terapung di Lepas Pantai Busan, Korea Selatan (Dok: Times of India)
Kota Terapung di Lepas Pantai Busan, Korea Selatan (Dok: Times of India)

INDUSTRY.co.id - Untuk pertama kalinya di dunia, Korea Selatan akan membangun kota terapung pada 2025. 

Menurut laporan seperti dilansir dari laman Times of India, kota terapung yang diperkirakan akan rampung pada 2025 telah didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan kota tersebut dibangun di lepas pantai Busan yang dirancang tahan banjir serta mengatasi masalah kenaikan permukaan laut.

Mengacu pada hal ini, para pemimpin proyek menambahkan bahwa kota tersebut akan menjadi 'infrastruktur tahan banjir' yang akan terdiri dari beberapa pulau buatan manusia, yang bertujuan untuk menghilangkan risiko banjir dengan naik dengan bersama laut. Bentuknya berupa pulau-pulau buatan manusia berbentuk hexagonal.

Kabarnya, kota terapung itu akan menjadi kota mandiri, yang merupakan upaya bersama antara UN Human Settlement Program (UN-Habit) dan OCEANIX.

Kota ini akan dapat menghasilkan listrik sendiri dari panel surya, serta membawa wisatawan dan penduduk antara pulau dengan perahu yang dibuat khusus, dan menghasilkan makanan dan air bersihnya sendiri.

Didukung oleh PBB, kota terapung di dekat pantai Busan itu dirancang tahan banjir dan dapat naik seiring peningkatan air laut. Bentuknya berupa pulau-pulau buatan manusia berbentuk hexagonal.  

Untuk membangun kota terapung ini, materialnya diperkuat dengan lapisan batu kapur yang kuat dan ringan, tahan terhadap kondisi cuaca buruk. Bahkan menariknya di bagian bawah airnya ada semacam kandang untuk menghasilkan makanan laut. Lalu, juga terdapat tanaman untuk konsumsi yang ditumbuhkan dengan sistem yang canggih.

Lebih lanjut, laporan menunjukkan bahwa kota tersebut akan tersebar di area seluas lebih dari 75 hektar, dan akan dapat menampung 10 ribu penduduk. 

Nantinya, lingkungan akan dikelompokkan dalam kelompok enam di sekitar pelabuhan pusat yang dilindungi, yang berarti setiap desa akan dapat menampung hingga 1.650 penduduk.

Hebatnya lagi, kota ini akan dirancang khusus untuk menahan bencana alam seperti tsunami, banjir, dan badai Kategori 5. Pembangunan kota terapung ini diperkirakan menelan biaya £150 juta atau sekitar Rp2,8 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…