Harga Bawang Merah Merosot Tajam, Begini Keluhan Para Petani Kabupaten Brebes

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 28 November 2021 - 10:53 WIB

Petani sedang membawa bawang merah dari kebun
Petani sedang membawa bawang merah dari kebun

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI  yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Anggia Erma Rini menerima keluhan dari kelompok tani bawang merah. Para petani menyampaikan bahwa harga bawang merah di tingkah petani, di Kabupaten Brebes kini merosot tajam.

“Harga bawang semual mencapai Rp15.000 kini turun menjadi Rp7.000 per kg. Kondisi itu menyebabkan para petani merugi, karena modal tanam dan hasil tidak sebading,” jelas Anggia usai di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (25/11/2021).

Anggia menjelaskan, anjloknya harga bawang merah sering kali juga disebabkan karena panen raya dan daya serapan yang rendah. Di Brebes sendiri serapan bawang merah hanya 5 persen dari keseluruhan hasil panen.

Demi mencega harga jatuh atau anjlok ketika musim panen tiba, Anggia meminta pemerintah melakukan inovasi salah satunya dengan meningkatkan ekspor bawang merah. Pasalnya, bawang merah hasil produksi Kabupaten Brebes sangat diminati di pasar luar negeri.

Terkait, kebutuhan storage (alat penyimpanan), pihaknya akan meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk lebih memerhatikan keluhan ini. “Permasalahan ini memerlukan penangan yang extraordinary. Setelah mendengar dan menggali informasi dari pemda dan poktan kita coba mencari solusi supaya permasalahan ini bisa terurai dengan baik sehingga dapat mensejahterakan dan menjawab masalah yang selama ini menjadi permasalahan para petani,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Brebes Narjo menyampaikan, Brebes terkenal sebagai sentral bawang merah terbesar di Indonesia. Kontribusnya sebesar 40 persen dari total produksi nasional.  Namun, harga bawang merah ditingkat petani yang sangat rendah ditambah bencana banjir perlu dicari solusi untuk kepentingan petani.

“Dalam  jagka pendek perlu dilakukan upaya  untuk membantu serap panen petani sehingga tingkat harga membaik dan petani mendapat harga yang pantas. Perlu dibantu pemenuhan benih dalam rangka penanaman kembali lahan yang tidak panen akibat banjir sehingga petani dapat bangkit kembali ekonomimnya,” tambahnya.

Harga komoditas bawang merah yang sering anjlok terutama saat panen bersamaan perlu dilakakn strategi. “Kami mohon bantuan bantuan bapak/ibu untuk memberi perhatian lebih kepada petani  dan memonitor permasalah petani dilapangan karena tulang pungung ketahanna nasional ada di petani,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Senin, 17 Januari 2022 - 07:44 WIB

Pemerintah Siapkan Rp451 Triliun untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Jakarta-Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp451 triliun untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 yang akan digunakan untuk kesehatan, perlindungan sosial, dan fasilitas…

Ilustrasi pencoblosana Pilkada DKI Jakarta. (Oscar Siagian/Getty Images)

Senin, 17 Januari 2022 - 07:36 WIB

Antisipasi Kekacauan, Anggota DPR Nilai Presiden Perlu Terbitkan Perppu Pilkada 2024

Jakatrta-nggota Komisi II DPR RI Rifqinizami Karsayuda menilai Presiden Joko Widodo perlu mempertimbangkan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait jadwal Pilkada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 17 Januari 2022 - 07:00 WIB

Transformasi Industri Gula, Ini Hasil Rumusan National Sugar Summit

Kesenjangan antara kebutuhan dan produksi gula masih cukup lebar, walaupun Pemerintah telah berupaya mendorong pelaku usaha gula untuk meningkatkan produksi. Upaya untuk meningkatkan produksi…

DankormarMayjen (Mar) Suhartono

Senin, 17 Januari 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Hadiri Peresmian Monumen TNI AL di Madiun

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menghadiri peresmian tiga Monumen Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista)…

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Senin, 17 Januari 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 126/KC membantu masyarakat perbatasan di Kampung Kalilapar 1 Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, dalam rangka mengurangi angka penyebaran penyakit malaria. Upaya tersebut,…