Kemenkop UKM Dorong Digitalisasi UKM Melalui Program Live Shopping Produk UKM

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 November 2021 - 16:34 WIB

Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka mendorong digitalisasi agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional, Kementerian Koperasi dan UKM kembali menyelenggarakan program Live Shopping Produk UKM. 

Program Live Shopping kali ini dikolaborasikan dengan Panenmaya Academy, inkubator bisnis yang berfokus pada pengembangan UKM; dan Tokopedia, salah satu marketplace platform terkemuka di Indonesia. 

Digitalisasi merupakan salah aspek bisnis yang perlu mendapat prioritas perhatian agar sebuah bisnis, khususnya UKM, dapat bertahan di masa yang sulit ini. 

Melalui ekonomi digital, UKM Indonesia diharapkan dapat bertumbuh secara signifikan, ditandai dengan semakin banyaknya UKM yang masuk ke dalam ekosistem digital dan semakin menyadari manfaat digitalisasi dalam berbisnis, terlebih di masa yang mengharuskan kita semua mengurangi mobilitas, tatap muka, dan bersentuhan.

“Dengan program ini, kami berharap percepatan digitalisasi di dunia UKM akan terus meningkat, seiring dengan makin banyak unsur-unsur di dalam ekosistemnya yang sudah digital literate atau “melek digital”, sehingga kita semua dapat mencapai hasil yang optimal,” ujar Fixy, SE.Ak, M.Phil., selaku Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kemenkop UKM yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (24/11/2021).

Live Shopping Produk UKM merupakan bentuk upaya digitalisasi peningkatan nilai jual produk UKM dan inisiasi online awareness campaign.  Program ini disiarkan melalui platform Tokopedia Play dan kanal official YouTube Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendapatkan terpaan yang maksimal dan dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan penjualan produk UKM peserta program.

Program ini dibuka dengan talkshow mengenai perkembangan terkini terkait digitalisasi dan UKM pada 25 November 2021 dengan berbagai narasumber kompeten yang disiarkan secara live dari akun official YouTube Kementerian Koperasi dan UKM. 

Dilanjutkan dengan live shopping produk UKM dari sektor kuliner, fesyen, kriya, Kesehatan, dan kecantikan yang dipandu oleh para influencer pada 26 November 2021  melalui platform Tokopedia Play. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:09 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine and Logistics (IML), memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 dengan…

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Wujudkan Energi Hijau, SUN Energy dan Sojitz Indonesia Kembangkan Proyek PLTS di Kawasan Industri GIIC

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38 WIB

Lapor Pak Nadiem, Ternyata Guru Honorer PPPK Tidak Semuanya Senang Lho!

Jakarta-Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…