Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Gelar Munas Ke-II, Mengusung Tema Beyond Energy

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 November 2021 - 17:00 WIB

Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Gelar Munas Ke-II, Mengusung Tema Beyond Energy
Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Gelar Munas Ke-II, Mengusung Tema Beyond Energy

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dunia energi dan batubara Indonesia kini terus menjadi sorotan. Perubahan iklim yang baru saja dibahas di 26th United Nations Climate Change Conference menjadi pertimbagan dalam membuat keputusan-keputusan bisnis jangka panjang. Negara-negara penghasil bahan baku energi seperti batubara menjadi perbincangan karena dianggap menjadi penyumbang emisi karbon. Disaat yang sama Indonesia juga menjadi paru-paru dunia dengan hutan yang terhampar dari Sabang sampai Merauke.

Disisi lain tidak bisa dipungkiri, pengusaha pemasok energi dan batubara memiliki kontribusi besar dalam pemenuhan energi nasional. Listrik yang dinikmati saat ini menjadi sebab tumbuhnya ekonomi, meningkatnya investasi, dan lahirnya inovasi.

Ketua Umum Asosisasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO) terpilih periode 2021-2026, Dr. Anggawira, MM mengatakan meningkatnya permintaan batu bara ini menjadi semangat bagi para pelaku industri Energi dan Batubara Indonesia yang tergabung dalam ASPEBINDO untuk ikut serta bersama pemerintah menjaga lingkungan dan mengembangkan Energi Baru dan Terbarukan.

“Kita harus berpikir beyond energy, perkembangan dunia saat ini sangat cepat maka kita tidak bisa gunakan pikiran konvensional saja. Perlu pemikiran dan gagasan strategis dari ASPEBINDO untuk berpikir melebihi sekadar pemasok energi dan batubara. Dengan Inovasi dan Kolaborasi bersama-sama kita tingkatkan kesejahteraan bangsa melalui dukungan energi," ungkap  Anggawira dalam acara Energy and Coal Business Summit Musyawarah Nasional Ke-II ASPEBINDO di Hotel Gran Mahakam.

Anggawira juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai Ketua Umum ASPEBINDO. Selanjutnya ia juga memberikan arahan kepada pengurus yang hadir untuk mengedepankan inovasi dan kolaborasi dalam perkembangan industri pemasok energi dan batubara Indonesia.

"Setelah pelaksanaan Munas, pengurus ASPEBINDO akan mempersiapkan langkah untuk mengimplementasikan hasil dari munas ini menjadi program kerja yang semoga bisa kota implementasikan oleh ASPEBINDO dalam mendukung pemerintah dalam bidang energi," tutup Anggawira.

Ketua Dewan Pembina ASPEBINDO, Ferry J. Juliantono menegaskan perlunya ASPEBINDO untuk memberikan dampak yang signifikan dalam menjaga iklim bisnis yang sehat sekaligus mendorong para pelaku industri energi dan batubara bersama-sama membangun Energi Baru dan Terbarukan demi kedaulatan Indonesia atas Energi di masa yang akan datang. Ferry juga percaya dibawah kepengurusan Dr. Anggawira, ASPEBINDO akan semakin berkibar dan membangun kolaborasi.

“Saya menghimbau kepada pelaku industri untuk senantiasa bijaksana dalam menjalankan seluruh proses bisnis, mulai dari fase eksplorasi, penambangan, hingga proses pemasaran. Pemerintah melalui Kementerian Investasi sudah membuat mekanisme yang mempermudah proses perizinan berusaha dan Kementerian ESDM membuat mekanisme proses penambangan yang memperhatikan dampak lingkungan dan sosial masyarakatnya. Sebagai bentuk dari kebijaksanaan kita semua, saya berharap aturan-aturan ini dapat menjadi koridor yang mampu menciptakan iklim bisnis yang sehat secara ekonomi maupun secara Lingkungan.” Tegas Ferry.

Sejumlah 50 pengurus hadir dan melaksanakan munas mewakili lebih dari 100 anggota asosiasi pemasok energi dan batubara indonesia. Selain itu munas juga dihadiri oleh Prof. Irwandi Arif Staff Khusus Menteri ESDM yang mewakili Menteri ESDM, Ridwan Djamaluddin Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM, Wisnu Pettalolo WKU Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia yang mewakili Ketua Umum Kadin Indonesia.

“Kedepannya, batubara akan memiliki tantangan bahwa dunia saat ini tengah mendorong net zero emmision. Indonesia juga mencanangkan di tahun 2060 nanti untuk menjadi negara net zero emmision," papar Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia.

Dukungan juga hadir dari sejumlah tokoh yang menyampaikan ucapan selamat atas diselenggarakannya musyawah nasional ASPEBINDO yaitu Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S. Uno, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H. Maming, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, CEO Krakatau International Port Akbar Djohan, dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Rangkaian acara Munas ASPEBINDO Ke-II ini ialah menandatangani perjanjian kerjasama yang dilakukan antara ASPEBINDO, Alami Sharia, dan Energy Hub Ventures. Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan dukungan pendanaan bagi industri energi yang terus berkembang. Perjanjian kerjasama juga dilakukan oleh beberapa pihak lainnya yang bertujuan untuk mengembangkan energi terbarukan di kawasan industri

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…