Kembangkan Ekosistem Energi Terbarukan, Xurya Memperkuat Kolaborasi Pengerjaan Proyek PLTS Atap Bersama EPC

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 23 November 2021 - 19:39 WIB

Kembangkan Ekosistem Energi Terbarukan, Xurya Memperkuat Kolaborasi Pengerjaan Proyek PLTS Atap Bersama EPC
Kembangkan Ekosistem Energi Terbarukan, Xurya Memperkuat Kolaborasi Pengerjaan Proyek PLTS Atap Bersama EPC

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) sebagai startup energi terbarukan yang mempelopori metode tanpa investasi dalam instalasi PLTS Atap semakin memperkuat kolaborasi strategis bersama kontraktor engineering, procurement, & construction (EPC).

Kolaborasi proyek panel surya ini terlihat dari meningkatnya pengerjaan proyek solar panel dan meningkatnya penyerapan tenaga kerja baru yang tidak hanya untuk teknisi, tetapi juga terciptanya berbagai jenis pekerjaan sehingga mengembangkan ekosistem Energi Baru & Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Sepanjang tahun 2021, PLTS Atap yang dikerjakan Xurya mencapai 87 proyek, dengan total kapasitas terpasang meningkat sebesar 8 kali lipat dari tahun lalu. Peningkatan kapasitas terpasang ini juga sejalan dengan penyerapan tenaga kerja di setiap proyek tersebut, yakni menyerap 20 tenaga kerja setiap 1 Megawatt proyek yang dikerjakan. Pencapaian Xurya ini tentu tidak terlepas dari kerjasama dengan kontraktor EPC yang membantu dalam manajemen proyek.

Philip Effendy, VP of Operations Xurya Daya Indonesia mengatakan, “Setiap proyek instalasi PLTS Atap yang Xurya kerjakan tentu saja melibatkan berbagai pihak, salah satunya kontraktor EPC atau yang biasa kami sebut ‘Green Partners’ untuk membantu dalam manajemen proyek. Saat ini kami sudah berkolaborasi dengan lebih dari 25 kontraktor EPC, baik di dalam maupun di luar Pulau Jawa dan angka ini akan terus bertambah mengingat potensi PLTS Atap di Indonesia sangat besar dan tersebar di berbagai daerah,”

Dalam praktiknya, kolaborasi antara Xurya dengan kontraktor EPC terbentuk dari berbagai jenis kerjasama proyek, diantaranya Xurya membuka peluang dalam bentuk tender untuk semua kontraktor EPC atau kontraktor EPC menawarkan proyek instalasi PLTS Atap dan Xurya yang akan membiayai proyek tersebut. Semua bentuk kolaborasi ini menganut prinsip terbuka, kompetitif dan efisien, sehingga akan memberikan benefit bagi pihak-pihak yang terlibat.

Gian Nanda Pratama, Sr. Business Development Account Manager TML Energy, sebagai salah satu kontraktor EPC yang telah berkolaborasi dengan Xurya mengatakan, “Xurya merupakan mitra jangka panjang kami dalam menyediakan berbagai proyek PLTS Atap, sehingga membantu kami dalam mempersingkat siklus penjualan. Percepatan penggunaan EBT tidak hanya tanggung jawab BUMN atau pemerintah saja, tetapi juga perlu adanya kontribusi dari pihak swasta, dan sinergi ini tidak hanya berorientasi kepada profit, tetapi juga upaya untuk mempercepat penggunaan EBT di Indonesia.”

Selain TML Energy, Xurya juga telah berkolaborasi bersama kontraktor EPC lainnya baik EPC baru ataupun yang telah mengerjakan proyek secara berulang, seperti ICA Solar, Surya Energi Indotama (SEI), LEIN Power, dan lainnya. Daftar nama kontraktor EPC ini tentu akan terus bertambah, mengingat akan semakin banyak permintaan proyek instalasi PLTS Atap dari pelaku industri maupun komersial di seluruh Indonesia.

“Kami sangat terbuka bagi kontraktor EPC yang ingin bekerjasama dengan Xurya, karena saat ini kami akan mengerjakan proyek instalasi PLTS Atap dengan total kapasitas lebih dari 300 MW hingga tiga tahun kedepan baik di dalam maupun di luar Pulau Jawa, tentu kami akan membutuhkan lebih banyak Green Partners untuk mempercepat adopsi tenaga surya di seluruh Indonesia.” Tutup Philip.

PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) merupakan startup energi terbarukan yang berbasis di Indonesia dengan visi menjadi pemimpin dalam teknologi dan solusi untuk energi bersih dan berkelanjutan. Xurya menawarkan metode TANPA INVESTASI dengan sistem sewa untuk memudahkan para pelaku industri melakukan peralihan ke energi surya dengan memberikan “one stop solution” mulai dari studi kelayakan, instalasi, operasi dan pemeliharaan (termasuk penggantian komponen).

Sampai saat ini, Xurya telah memasang, mengoperasikan dan merawat lebih dari 40 PLTS Atap yang sudah dari berbagai industri, seperti manufaktur (makanan dan minuman, FMCG, bahan bangunan, baja, tekstil dan garmen), cold storage, pusat logistik, hotel dan pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia mulai dari Palembang, Lampung, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Cikarang, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Tuban, Gresik, Surabaya, Sidoarjo dan Makassar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…