PT Batulicin Enam Sembilan Teken MoU dengan Air Products & Chemicals

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 November 2021 - 09:00 WIB

PT Batulicin Enam Sembilan Teken MoU dengan Air Products & Chemicals
PT Batulicin Enam Sembilan Teken MoU dengan Air Products & Chemicals

INDUSTRY.co.id - Dubai- Perusahaan besar asal Amerika yang mengelola gas dan kimia dan berpengalaman sejak 1940, telah menetapkan sikap untuk berkolaborasi dengan pemerintah maupun pihak swasta Indonesia untuk melakukan investasi dalam industri kimia dan gas. Kesepahaman yang di tandatangani di Dubai akhir pekan ini disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam lawatan ke Persatuan Emirat Arab, Ketua Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Jawa Timur, Rois Sunandar Maming sekaligus CEO PT. Batulicin Enam Sembilan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Air Products and Chemicals, Inc (APCI) di Dubai yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Kesepakatan investasi yang berjangka panjang ini berupa pendirian fasilitas gasifikasi untuk konservasi batu bara bernilai rendah menjadi produk kimia bernilai tambah tinggi seperti Dimethyl Ether (DME).

"Kita memanfaatkan kunjungan ke Dubai untuk dapat menangkap peluang pasar, mengingat perhelatan ini diikuti banyak investor dari berbagai negara. Apalagi Dubai adalah hub internasional, tersambung ke banyak negara, sehingga ini kami optimalkan untuk berpeluang mengikuti pelatihan ekspor dan business matching yang akhirnya terjadi kesepakatan (MoU) dengan mitra bisnis di luar negeri. Kami bekerja sama dengan Air Products & Chemicals "  mendorong hilirisasi sumber daya alam (SDA) dan meningkatkan substitusi impor," ujar Rois, Selasa (9/11/2021).

Hal ini, menurut Rois, merupakan sebagai bentuk penerjemahan visi besar Presiden RI termasuk dalam transformasi ekonomi dan hilirisasi industri. Dalam kesepakatan tersebut, APCI akan melakukan kerja sama dengan pengusaha nasional di beberapa lokasi, seperti Sumatera, Kalimantan, Maluku, dan Papua.

"Semoga ini menjadi pintu masuk untuk memperkuat ekspor ke berbagai negara. Kami optimistis bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi yang luar biasa," ucapnya.

Selain itu, Rois juga memasarkan berbagai produk unggulan usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) Jawa Timur di ajang pameran Dubai Expo 2020. Sejumlah produk dibawa delegasi HIPMI Jatim di antaranya minyak esensial, kopi, dan kemiri.

"Ini momentum yang luar biasa. Pengusaha muda diajak ke Dubai Expo, ajang promosi terbesar di dunia. Kita memanfaatkan kunjungan ke Dubai untuk mempromosikan UMKM Jatim. Dengan go international, tentu akan semakin meningkatkan pada pembukaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan," ungkapnya.

Air Products and Chemicals merupakan perusahaan besar di bidang pengolahan gas dan kimia asal Amerika Serikat yang telah berdiri sejak 1940. Air Products mengembangkan, membangun, memiliki, dan mengoperasikan beberapa proyek gas industri terbesar di dunia, termasuk proyek gasifikasi yang secara berkelanjutan mengubah sumber daya alam yang melimpah menjadi synthetic natural gas (syngas) untuk produksi tenaga, bahan bakar, dan bahan kimia bernilai tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:09 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine and Logistics (IML), memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 dengan…

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Wujudkan Energi Hijau, SUN Energy dan Sojitz Indonesia Kembangkan Proyek PLTS di Kawasan Industri GIIC

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38 WIB

Lapor Pak Nadiem, Ternyata Guru Honorer PPPK Tidak Semuanya Senang Lho!

Jakarta-Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…