Biar Makin Tumbuh, Pemimpin Perusahaan Perlu Diasah Kemampuan Leadership

Oleh : Wiyanto | Rabu, 03 November 2021 - 09:57 WIB

Atok R Aryanto, Chairman IDLC 2021
Atok R Aryanto, Chairman IDLC 2021

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Saat ini Indonesia dan dunia sedang mengalami kondisi ekonomi yang mulai bergerak membaik, walaupun tantangannya masih belum usai.

Seperti yang juga dinyatakan oleh IMF dalam World Economic Outlook (WEO) Juli 2021, yang menyatakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2022 terbilang positif di kisaran angka 4.9 persen tergantung dari bagaimana sebuah negara mampu mengelola stimulus fiskal dan vaksinasi.

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada pengantar RUU APBN 2022 pada tanggal 16 Agustus 2021 yang menyatakan, “Pertumbuhan ekonomi 2022 diperkirakan pada kisaran 5,0 persen sampai 5,5 persen. Kita akan berusaha maksimal mencapai target pertumbuhan di batas atas, yaitu 5,5 persen. Namun, tetap harus waspada, karena perkembangan Covid-19 masih sangat dinamis.”

Lantas, apa yang diperlukan agar setiap tim dan organisasi mampu untuk mewujudkan peluang pertumbuhan di situasi yang dipenuhi ketidakpastian?

Kubik meyakini bahwa pemimpin memiliki peran yang besar dalam membawa tim dan organisasinya mampu untuk mewujudkan peluang tersebut serta menjaga keberlangsungan organisasi yang keberadaanya mampu memberikan dampak positif bagi banyak pihak hingga generasi-generasi mendatang.

Seperti apa dan bagaimana mewujudkan Infinite Organizations yang dapat diimplementasikan pemimpin dalam tim dan organisasi? Mari bersama kita saling berbagi dan bertumbuh menemukan jawabannya dalam event Indonesia Leadership Conference 2021: “Leading the Way towards Infinite Organization”

Konsep IDLC 2021 berupa rangkaian sesi presentasi dan diskusi kepemimpinan selama 3 x ½ hari (Selasa – Kamis). Di setiap harinya akan ada satu tema besar yang menaungi sesi-sesi di hari tersebut.

Day 1 - Understand the Playfield. Berisi ‘Peta situasi’ 2021 & 2022, rintangan & pemulus jalan yang terkini dan berasal dari pihak yang kredibel dan pemimpin di perusahaan yang lebih mapan (established) dan perusahaan rintisan (start-up).

Day 2 - Be Inspired by other leaders. Berisi real case sharing experience dari para pemimpin di perusahaan yang lebih mapan (established) dan perusahaan rintisan (start-up) dalam memimpin tim untuk mewujudkan kondisi survive & thrive.

Day 3 - Get the Solution. Berisi rekomendasi solusi kepemimpinan untuk mewujudkan kondisi survive & thrive serta call to action.

Acara yang diadakan tanggal 7 - 9 Desember 2021, IDLC 2021 mengajak para pihak untuk bergabung bersama diantaranya para pemimpin tim dan organisasi, khususnya para pemimpin di perusahaan BUMN, Swasta Established dan Start Up. Namun selain itu kami juga membuka acara ini untuk umum, sehingga dapat diakses oleh sebanyak mungkin pemimpin dan profesional yang terdorong untuk memimpin timnya mewujudkan kondisi rebound di tahun 2021.

“Inilah ajang inspiratif leadership tahun 2021, sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, event ini berkomitmen untuk menyalurkan keseluruhan profit dari acara ini kepada program beasiswa GNOTA”, Kata Atok R. Aryanto yang sebagai Chairman IDLC di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Menyesuaikan dengan kondisi pembatasan sosial dalam rangka mencegah penyebaran pandemic Covid-19, maka bentuk kegiatan ini adalah berupa sesi-sesi online dengan menggunakan salah satu platform webinar (ruang kelas virtual) yang dapat diakses oleh peserta.

Acara ini juga akan menghadirkan puluhan pembicara dari berbagai kalangan, mulai dari praktisi, profesional, dan akademisi di level nasional maupun internasional. Info IDLC 2021 dapat Anda lihat di www.leadershipconference.id Sebagai penyelenggara event, Kubik Leadership adalah mitra bagi para SDM di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusianya, khususnya dalam bidang Kepemimpinan dan Pengembangan Diri. Kubik Leadership didirikan pada tahun 1999 dan dipercaya oleh lebih dari 150 klien termasuk perusahaan Indonesia Fortune 100 dan banyak perusahaan multinasional terkemuka lainnya.

"Kubik Leadership dikenal baik dalam kemampuannya menghasilkan dampak nyata dalam meningkatkan produktivitas karyawan melalui metodologi pelatihan yang inovatif dan pelatih yang handal," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peresmian pembukaan gerai flagship Mitsubishi Heavy Industry AC (MHIAC) di PIK 2.

Kamis, 18 Juli 2024 - 00:37 WIB

Showroom Mitsubishis Heavy Indistries AC Pertama di Indonesia Resmi Dibuka di PIK 2

PT Graha Berkat Trading meresmikan pembukaan showroom flagship Mitsubishi Heavy Industries AC pertama di Indonesia yang ada di PIK 2.

Pengembang hunian properti Synthesis Development melalui Synthesis Huis meluncurkan unit cluster Baltic.

Rabu, 17 Juli 2024 - 22:52 WIB

Synthesis Huis Luncurkan Show Unit Cluster Baltic

Synthesis Huis Peluncuran show unit cluster Baltic menjadi wajah baru di Synthesis Huis, sebagai pengalaman yang berbeda untuk para konsumennya.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:50 WIB

Tarik Potensial Investor, Kemenparekrag Dorong Terbentuknya Indeks Emiten Parekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong penguatan indeks saham di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air dengan melakukan pembentukan indeks khusus emiten…

Mobil listrik Suzuki berkonsep eVX (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:30 WIB

Perdana di Asia Tenggara, Suzuki Pamer Mobil Listrik eVX di GIIAS 2024

Suzuki Indonesia secara resmi memperkenalkan mobil listrik berkonsep eVX di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Kehadiran mobil listrik eVX di GIIAS 2024 menjadi penampilan…

Mitsubishi All New Triton & New Pajero Sport

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:10 WIB

Mitsubishi All New Triton & New Pajero Sport Resmi Meluncur GIIAS 2024

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan All New Triton dan New Pajero Sport di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.