Menikmati Minum Teh Kekinian

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:00 WIB

Menikmati Minum Teh Kekinian
Menikmati Minum Teh Kekinian

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Di tengah pandemi Covid 19 yang berkepanjangan dan mampu meluluhlantakan perekonomian keluarga, menuntut seseorang untuk menggeliat dan kreatif untuk melawan pandemi.

Salah satu dengan berani mengambil resiko dengan membuka usaha dibidang kuliner.

Walau belum ada penelitian pasti usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang bisa bertahan menghadapi pandemi.

 "Dan kebetulan pada saat yang sama, ada salah satu saudara yang berbinis di usaha home stay Pagsis Village  ingin mengembangkan dengan menambah usaha coffe shop untuk para tamu yang menginap. Jadilah Pagsis Kopienti sebagai pelengkapan dari Pagsis Village, " Ujar Adi Pamungkas, ketika ditemui di Kedia Pagsis Kopienti, Morangan, Karang Anom, Klaten Utara. Jumat (22/10/2021)

Kenapa teh? Secara umum persaingan usaha dibidang teh lebih menanjikan dibanding kopi. Kedai kedai kopi sudah ada di mana mana, dan selalu muncul yang baru.

"Usaha minuman berbasic teh belum seramai kopi. Padahal tradisi minum teh sudah ada sejak lama. Seperti tradisi minum teh poci atau teh nasgitel. Bahkan di daerah Solo minum teh menjadi minum wajib saat ada pesta pernikahan, sehingga ada racikan teh yang disebut Teh Nganten, " Jelas Adi.

Meski bisnis teh belum seramai kopi pada saatnya nanti perkembangan kedai teh akan sama banyaknya dengan kedai kopi. Nah untuk bisa bersaing pada nantinya, Pagsis Kopienti mengambil sikap untuk ambil posisi dengan membidik pangsa pasar menengah ke atas.

 "Pagsis Kopienti memang berada di sebuah desa di kota kecil , tapi justru kelemahan lokasi ini dijadikan kekuatan untuk mendatangkan penikmat teh. Karena itu menu tehnya bener bener produk teh premium bukan kemasan produksi masal. Seperti white tea, oolong tea, green tea atau pun black tea dari perkebunan perkebunan teh ternama di pulau Jawa, " Tutur Adi.

Teh teh premium tersebut disajikan ke penikmatan dengan disedu dengan cara yang benar sehingga kandungan vitamin dan mineral dalam daun daun teh itu tidak rusak atau hilang. Seperti pengaturan suhu yang sesuai karakter teh, perbandingan rasio air dan teh serta lama sedu juga yang tepat.

 "Pendeknya di Pagsis Kopienti itu nenikmati teh bukan minum teh, " Ujar Adi sambil tertawa renyah.

Teh Kekinian

Penikmat teh mungkin sering dikaitkan dengan golongan umur tertentu bukan milenial banget. Bisa jadi asumsi itu benar, tapi asumsi itu menjadi tantangan untuk mengenalkan dan mensyarakat tradisi minum teh premium di kalangan milenial.

Langkah awal yang diambil Pagsis Kopienti dengan menyajikan menu tea mocktail.

 

"Perdauan menu jus buah seperti mangga, melon, semangka,  lychee, karika dengan seduan teh hijau. Perpaduan jus buah dengan teh selain menghasilkan menu yang menyegarkan juga menghasilan perpaduan warna dalam sajiannya. "Sajian menu teh buah kami seperti  pelangi warna warni. Seperti menu Manggo Blue Ice Tea, Cantaloupe Watermelon Ice Tea atau pun Lychee Red Ice Tea," jelas Adi.

Dengan rasa yang segar dan tampilan menarik menjadi senjata untuk menbidik pasar millenial.

Selain Pagsis Kopienti juga memberi kemudahan bagi penikmatan dengan jualan secara online. Bahkan hingga akhir oktober ada diskon 30 persen.

 Mesri  Pagsis Kopienti menekan menu teh tetep tidak melupakan  menu kopi. Bahkan kopi yang dipilih kopi premium seeprti kopi ijen peaberry dari Banyuwasi dan kopi lainnya. Menu kopi nya pun disajikan secara khusus baik yang manual brew maupun dengan mesin espresso.

Mengambil posisi yang menyajikan menu premium baik teh maupun kopi dengan menggunakan alat dan mesin espresso premium jpasti membawa konsekuensi logis terhadap harga. "Mesti sajian menu kami kelas premium soal harga kami bersahabat. Antara  lim belas hingga tiga puluham ribu," Ujarnya.

Pangsar dan sasaran pembeli telah ditetapkan, usaha pun telah dijalankan  yang saat ino dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Seperti falsafah Jawa yang menjiwai bisnis Pagsis Kopienti  "teteken tekun bakale tekan" Berpegang pada ketekunan pasti akan sampai pada kesuksesan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…