Kabar Buruk bagi Para Spekulan Tanah! Walini Batal Jadi Stasiun Kereta Cepat, Nasibnya Bakal Kayak Jonggol

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:33 WIB

Ilustrasi, kereta cepat
Ilustrasi, kereta cepat

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Kabar PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) batal membangun stasiun di Walini, memberikan kabar buruk bagi Pemilik tanah di Walini, Bandung Barat.

Pasca rencana  pembangunan stasiun Walini digaungkan, harga tanah di sana sudah naik gila-gilaan dan sudah ditawarkan dengan berbagai macam promosi.

Namun kabar pembatalan tersebut tentu akan membuat para pemilik lahan di Walini gusar, terutama para spekulan.

Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) Panangian Simanungkalit menilai, kawasan Walini bakal bernasib sama dengan Jonggol yang juga pernah dikerubungi para spekulan.

"Itu kan spekulasi, itu risiko dari pembelinya, karena dulu juga Jonggol dibikin seperti kota baru, terus nggak jadi. Bisa bernasib sama dengan Jonggol, karena Walini ini sebagai konsep pengembangan, kalau nggak jadi entah karena over run cost atau apapun ya itu nilai propertinya akan turun," tuturnya, seperti yang dilansir industry.co.id dari detik.com.

Jonggol sendiri memang beberapa kali menarik perhatian para spekulan karena adanya beberapa rencana pengembangan. Pernah disebut menjadi ibu kota baru hingga yang terbaru adanya rencana pengembangan Jonggol menjadi kota baru.

Panangian menilai kenaikan harga yang sudah terjadi di Walini maupun Jonggol akan terus turun hingga lebih rendah dari harga awal.

"Wah lebih parah (penurunannya), karena sudah naik tinggi. Biasanya kalau spekulan begitu. Spekulan inikan bukan hanya tingkat individu, tingkat perusahaan juga banyak. Mereka mainnya bisa puluhan hektare," ucapnya.

Tidak hanya menanggung kerugian dari segi penurunan harga, menurut Panangian tanah di Walini juga akan sulit untuk dijual.

"Ya bakalan susah dijual, pertanyaannya siapa yang mau beli? Karena kalau di sana nggak ada manfaatnya ya pembeli nggak akan ada yang mau, walaupun diiming-imingi apapun," ucapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…