PT Inocycle Technology Group Tbk Tangkap Peluang dari Peningkatan Permintaan PET Daur Ulang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Pabrik INOV
Pabrik INOV

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  PT  Inocycle  Technology  Group  Tbk  ("INOV"),  emiten  yang  bergerak  di  bidang  daur  ulang  sampah  botol plastik (PET) menjadi  Recycled  Polyester Staple Fiber (Re-PSF), terus  menggenjot kinerja ditengah peluang  peningkatan  tren  daur  ulang  seiring  dengan  gerakan  ekonomi  sirkular  dan  ekonomi  hijau  yang terus digalakkan oleh Pemerintah.

Sejalan dengan peningkatan kesadaran  masyarakat dalam menggunakan produk hasil  daur ulang, serta didukung komitmen dari sektor  swasta  untuk  menggunakan  kemasan hasil daur ulang untuk produk mereka,  diprediksi pasar global untuk Polyester Staple Fiber  (PSF)  akan  mencapai  USD  39,3  miliarpada tahun 2025. 

 Direktur  INOV,  Victor  Choi  Kamis ( 21/10/2021) mengatakan, “Kami melihat saat ini penggunaan produk-produk hasil daur ulang sudah mulai digemari oleh  masyarakat  dan  menunjukkan  tren  yang  positif, sehingga turut mendorong kinerja  INOV. Dimana hingga kuartal kedua tahun ini, kami berhasil mencatatkan peningkatan penjualan  hingga  29,8%  secara  year  on  year. Hal  ini  didorong  oleh  peningkatan  kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi produk ramah  lingkungan,  serta  produk  INOV  yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk berbagai industri. Mulai dari industri otomotif, konstruksi, infrastruktur, pertanian, pakaian  dan peralatan rumah tangga.”

 Sejalan dengan hal tersebut, INOV terus menggenjot  kinerja  sambil  terus  menambah  pabrik-pabrik baru di beberapa kota di Indonesia. Diketahui, INOV memiliki 7 pabrik yang sudah beroperasi, dengan total kapasitas produksi mencapai 38.000 ton per tahun. 

Disamping  itu,  saat  ini  INOV  juga  tengah melanjutkan pembangunan pabrik Re-PSF baru di Medan Sumatera Utara, dengan harapan dapat meningkatkan produksi dan kinerja  INOV  ke  depan.  Sebagai  informasi, pada  tahun  2021  INOV  menargetkan  dapat  mencapai pertumbuhan penjualan sekitar 15%.

 Lebih lanjut Victor menjelaskan, seiring dengan  upaya  meningkatkan  kinerja,  INOV bersama  anak  usaha  Plasticpay  secara  aktif terus mendukung penerapan ekonomi sirkular di Indonesia.

“Melalui kolaborasi INOV dan Plasticpay,  kami  terus  memberikan  edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah dengan memanfaatkan teknologi digital.  Upaya  ini  sejalan  dengan  komitmen kami untuk meningkatkan recycle rate di Indonesia  yang  masih  rendah  yaitu  di  bawah 10%,” ujarnya.

Kehadiran Plasticpay membantu INOV dalam mengamankan  pasokan  bahan  baku  untuk  di daur ulang langsung dari penggunanya. Dalam rangka upaya mengumpulkan lebih banyak botol plastik, Plasticpay telah memasang ratusan fasilitas pengumpulan botol plastik yang  disebut  sebagai  Plasticpay  Dropbox  di sekitar area Jabodetabek. Ke depan, Plasticpay akan  terus  melanjutkan  ekspansi  memasuki kota-kota baru lainnya di Indonesia.

 “Dalam  Kuartal  IV  ini  kami  menargetkan Plasticpay dapat memasuki Kota Solo, dimana pabrik  Re-PSF  dan  fasilitas  pencucian  botol kami juga ada di kota tersebut. Sehingga dengan tersedianya Plasticpay Dropbox di Kota Solo, dapat menciptakan suatu ekosistem dimana setiap sampah botol plastik yang terkumpul dapat langsung diolah dan diproduksi oleh pabrik kami yang ada di sana. Diharapkan ekspansi Plasticpay tidak berhenti sampai  di  sana,  namun  dapat  terus  berlanjut memasuki  kota-kota  lain  di  Indonesia  agar semakin  banyak  masyarakat  yang  merasakan manfaatnya serta mendorong terciptanya ekonomi sirkular di Indonesia,” tutup Victor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).