PT Inocycle Technology Group Tbk Tangkap Peluang dari Peningkatan Permintaan PET Daur Ulang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Pabrik INOV
Pabrik INOV

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  PT  Inocycle  Technology  Group  Tbk  ("INOV"),  emiten  yang  bergerak  di  bidang  daur  ulang  sampah  botol plastik (PET) menjadi  Recycled  Polyester Staple Fiber (Re-PSF), terus  menggenjot kinerja ditengah peluang  peningkatan  tren  daur  ulang  seiring  dengan  gerakan  ekonomi  sirkular  dan  ekonomi  hijau  yang terus digalakkan oleh Pemerintah.

Sejalan dengan peningkatan kesadaran  masyarakat dalam menggunakan produk hasil  daur ulang, serta didukung komitmen dari sektor  swasta  untuk  menggunakan  kemasan hasil daur ulang untuk produk mereka,  diprediksi pasar global untuk Polyester Staple Fiber  (PSF)  akan  mencapai  USD  39,3  miliarpada tahun 2025. 

 Direktur  INOV,  Victor  Choi  Kamis ( 21/10/2021) mengatakan, “Kami melihat saat ini penggunaan produk-produk hasil daur ulang sudah mulai digemari oleh  masyarakat  dan  menunjukkan  tren  yang  positif, sehingga turut mendorong kinerja  INOV. Dimana hingga kuartal kedua tahun ini, kami berhasil mencatatkan peningkatan penjualan  hingga  29,8%  secara  year  on  year. Hal  ini  didorong  oleh  peningkatan  kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi produk ramah  lingkungan,  serta  produk  INOV  yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk berbagai industri. Mulai dari industri otomotif, konstruksi, infrastruktur, pertanian, pakaian  dan peralatan rumah tangga.”

 Sejalan dengan hal tersebut, INOV terus menggenjot  kinerja  sambil  terus  menambah  pabrik-pabrik baru di beberapa kota di Indonesia. Diketahui, INOV memiliki 7 pabrik yang sudah beroperasi, dengan total kapasitas produksi mencapai 38.000 ton per tahun. 

Disamping  itu,  saat  ini  INOV  juga  tengah melanjutkan pembangunan pabrik Re-PSF baru di Medan Sumatera Utara, dengan harapan dapat meningkatkan produksi dan kinerja  INOV  ke  depan.  Sebagai  informasi, pada  tahun  2021  INOV  menargetkan  dapat  mencapai pertumbuhan penjualan sekitar 15%.

 Lebih lanjut Victor menjelaskan, seiring dengan  upaya  meningkatkan  kinerja,  INOV bersama  anak  usaha  Plasticpay  secara  aktif terus mendukung penerapan ekonomi sirkular di Indonesia.

“Melalui kolaborasi INOV dan Plasticpay,  kami  terus  memberikan  edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah dengan memanfaatkan teknologi digital.  Upaya  ini  sejalan  dengan  komitmen kami untuk meningkatkan recycle rate di Indonesia  yang  masih  rendah  yaitu  di  bawah 10%,” ujarnya.

Kehadiran Plasticpay membantu INOV dalam mengamankan  pasokan  bahan  baku  untuk  di daur ulang langsung dari penggunanya. Dalam rangka upaya mengumpulkan lebih banyak botol plastik, Plasticpay telah memasang ratusan fasilitas pengumpulan botol plastik yang  disebut  sebagai  Plasticpay  Dropbox  di sekitar area Jabodetabek. Ke depan, Plasticpay akan  terus  melanjutkan  ekspansi  memasuki kota-kota baru lainnya di Indonesia.

 “Dalam  Kuartal  IV  ini  kami  menargetkan Plasticpay dapat memasuki Kota Solo, dimana pabrik  Re-PSF  dan  fasilitas  pencucian  botol kami juga ada di kota tersebut. Sehingga dengan tersedianya Plasticpay Dropbox di Kota Solo, dapat menciptakan suatu ekosistem dimana setiap sampah botol plastik yang terkumpul dapat langsung diolah dan diproduksi oleh pabrik kami yang ada di sana. Diharapkan ekspansi Plasticpay tidak berhenti sampai  di  sana,  namun  dapat  terus  berlanjut memasuki  kota-kota  lain  di  Indonesia  agar semakin  banyak  masyarakat  yang  merasakan manfaatnya serta mendorong terciptanya ekonomi sirkular di Indonesia,” tutup Victor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…