BCA Bersama Perdami Gelar Operasi Katarak di Ciamis Jabar

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Oktober 2021 - 15:31 WIB

BCA Bersama Perdami Gelar Operasi Katarak di Ciamis Jabar
BCA Bersama Perdami Gelar Operasi Katarak di Ciamis Jabar

INDUSTRY.co.id - Ciamis– Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bagian dari masyarakat telah konsisten mengadakan bakti sosial operasi katarak di tanah air. Berkolaborasi dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) Pusat kali ini BCA mengadakan operasi katarak gratis di RS Dadi Keluarga Ciamis.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dihadiri oleh Kepala KCU Tasikmalaya Hendri Darmin. Hadir pula pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kab. Ciamis Dr. H. Yoyo M.M.Kes, Dr Bangkit Damayanti, SpM SPBK Perdami, dan Direktur RS. Dadi Keluarga Ciamis dr. H. Muhamad Ikbal M.M, beserta dengan segenap pengurus dari Perdami Pusat dan Perdami Jabar. Operasi katarak di RS Dadi Keluarga Ciamis ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, yakni dari tanggal 18 Oktober hingga 20 Oktober 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% dan sebanyak 81% disebabkan oleh katarak. Mencermati angka tersebut, tentunya telah menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk bersama mencegah terjadinya kebutaan akibat katarak.

“Katarak bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh, butuh pencegahan dan juga penanggulangan yang serius agar angka kebutaan di Indonesia pun tidak meningkat. BCA berkomitmen untuk membantu saudara-saudara yang menderita katarak namun terbatas biaya untuk melakukan operasi. Penyelenggaraan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian BCA bagi seluruh pasien yang mengidap katarak khususnya yang berada di Ciamis. Tahun ini kami menargetkan 150 pasien akan dioperasi katarak melalui penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini,” ungkap Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA.

Sebagai informasi, BCA telah bersinergi dengan Perdami sejak tahun 2001 dan telah berhasil melakukan operasi katarak terhadap 5.763 pasien katarak. Selain bakti sosial operasi katarak BCA juga memberikan dukungan penyediaan alat – alat operasi katarak untuk SPBK PERDAMI, dan beberapa Perdami Cabang untuk mempercepat pemberantasan buta katarak.

Operasi ini pun turut melibatkan enam dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 150 pasien. Di sisi lain, pada tahun 2019, BCA juga telah menyumbang donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat , donasi 1 buah mikroskop kepada Perdami Cabang DKI Jakarta, dan dukungan pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi kepada perwakilan Perdami Cabang Riau.

Hendri Darmin, mengungkapkan bahwa operasi katarak ini merupakan kegiatan yang mulia dan memberikan harapan bagi banyak warga Ciamis yang terhalang biaya untuk melakukan operasi. Ia pun turut berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan diberbagai wilayah lain di tanah air.

“Sebagai institusi perbankan yang turut menaruh perhatian pada ranah kesehatan, BCA tentu mendukung penuh gerakan bebas katarak bagi masyarakat di Indonesia. Kami berharap aksi ini dapat memberikan nilai positif dan mengajak seluruh lini dan masyarakat agar bahu membahu dalam membantu sesama yang membutuhkan,” tutup Inge Setiawati.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:45 WIB

Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Jakarta-Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan…